Manfaat Sayur Okra untuk Pria Wanita, Cara Konsumsi, dan Efek Sampingnya


Okra sering pula disebut sebagai lady finger atau jari wanita. Ia termasuk jenis tanaman berbunga abadi dari genus hibiscus dan keluarga Malvaceae atau kapas-kapasan. Tanaman yang menghasilkan serat ini sudah banyak dibudidayakan terutama di daerah dengan iklim hangat dan tropis seperti Indonesia. Asalnya sendiri dari Afrika dan sudah banyak ditemukan di negara-negara lain seperti Jepang, Filipina, Sri Lanka, Saudi Arabia hingga Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri tanaman ini masih kurang dikenal walau manfaat sayur okra terbilang sangat banyak bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi sayur okra, lengkap dengan kandungan, anjuran pemakaian hingga efek sampingnya.
manfaat okra cara konsumsi efek samping

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Okra termasuk dalam jenis sayuran yang kalorinya rendah. Tiap 100 gram okra mengandung 30 kalori saja. Tanaman ini juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol. Sebaliknya, okra kaya akan serat, vitamin hingga mineral. Okra juga sering direkomendasikan ahli gizi sebagai makanan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol serta program diet.

2. Membantu Mencegah Sembelit

Okra juga termasuk dalam jenis polong-polongan yang kaya akan lendir sehingga mmebantu peristaltik kelancaran makanan melalui usus. Kondisi sembelit akan dibantu untuk dilancarkan atau diredakan.

3. Membantu Melindungi Paru-paru

Ada banyak kandungan nutrisi yang ada dalam sayur okra. Tidak heran jika salah satu manfaat sayur okra ialah antioksidan berkat adanya senyawa flavonoid serta beta karoten, lutein dan xanthin yang akan melindungi paru-paru.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Vitamin A dalam okra sangatlah baik dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga turut dibutuhkan dalam menjaga selaput lendir yang menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Mencegah Kanker Rongga Mulut

Antioksidan dalam okra merupakan senyawa yang bisa membantu pencegahan kanker dalam rongga mulut.

6. Mengurangi Resiko Cacat Janin

manfaat okra cara konsumsi efek samping

Okra segar merupakan sumber folat yang cukup. 100 gram okra segar memiliki kandungan hingga 22 persen RDA. Konsumsi makanan yang kaya akan folat ini terutama untuk wanita hamil akan bisa menurunkan resiko cacat tabung syaraf janin saat masih berada dalam kandungan.

7. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi okra akan membantu tubuh dalam mengembangkan sistem kekebalan akan infeksi, melindungi tubuh dari radikal bebas serta mengurani batuk. Dalam okra terdapat kandungan vitamin C hingga 30 persen yang akan memenuhi rekomendasi harian bagi tubuh. Manfaat zat besi dalam okra turut membantu pengaturan molekul hemoglobin. Sel-sel darah merah akan bertanggungjawab dalam mendistribusikan oksiden dari paru-paru menuju seluruh tubuh. Zat besi juga memiliki peran dalam metabolisme energi, sintesis DNA hingga sistem kekebalan tubuh.

8. Memperkuat Tulang dan Gigi

Okra banyak mengandung vitamin K yang juga adalah co-faktor enzim pembekuan darah serta dibutuhkan dalam memperkuat tulang. Okra juga merupakan penghasil kalsium yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang serta gigi.

9. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Okra kaya akan vitamin B kompleks, thiamin serta asam pantotenat. Vitamin B kompleks sendiri sangatlah diperlukan dalam tiap fungsi butuh manusia. Kinerja vitamin B kompleks ini akan saling berkaitan satu sama lain. Kekurangan satu saja jenis vitamin B kompleks akan menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh, termasuk di antaranya adalah sistem syaraf yang kurang sehat, kekurangan energi, pencernaan buruk hingga kadar kolesterol tidak sehat. Pastikan asupan vitamin B kompleks ini dipenuhi dalam menu makanan sehari-hari.

10. Membantu Metabolisme Energi

cara konsumsi okra

Mangaan serta magnesium dalam sayur okra akan menjadi co-faktor ragam jenis enzim yang ada dalam tubuh. Magnesium akan menjadi katalisator aneka reaksi biologi dalam tubuh. Mangaan berfungsi untuk sintetis ureum, mencegah peroksidasi lemak serta pembentukan jaringan ikat. Keduanya sangat penting terutama dalam proses pengontrolan metabolisme.

11. Menurunkan Kolesterol

Manfat sayur okra berikutnya adalah menurunkan kolesterol, sebagaimana tercantum dalam jurnal kesehatan dan biologi dari Amerika. Ekstrak okra diklaim bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

12. Membantu Proses Pencernaan

Okra ialah sumber serat yang sangat baik sehingga bisa membantu meringankan pencernaan serta meningkatkan kadar gula darah.

Cara Konsumsi Okra

Cara pakai/aturan pakai okra agar kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari konsumsinya adalah sebagai berikut:
Cuci bersih okra terlebih dahulu secara menyeluruh dalam air dingin. Ini karena beberapa varietas okra mungkin mengalami semprotan pestisida serta insektisida. Pembersihan dilakukan agar dapat menghilangkan kotoran, insektisida residual maupun tanah yang menempel.
Potong ujung batang atas menggunakan pisau lalu iris sesuai selera.
Cara pengolahan okra bisa dengan diiris atau dicincang kemudian direbus maupun digoreng dalam minyak panas. Okra juga bisa dikombinasikan bersama sayuran lain, daging maupun nasi.
Di Pulau Karibia, okra biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan sup atapun diolah bersama ikan. Sementara di Mesir, okra akand ilah bersama daging sapi maupun domba.
Okra bisa juga dibuat sebagai bahan acar atau diawetkan seperti sayuran. Daun okra dapat pula dimasak maupun dimakan mentah sebagai salad.
efek samping okra

Di samping aneka manfaat sayur okra yang disebutkan di atas, ternyata ada pula efek samping yang bisa dialami oleh kita. Kandungan oksalat dalam okra terbilang tinggi sehingga bisa mengakibatkan batu empedu serta kondisi ginjal memburuk. Sebaiknya penggunaan okra sebagai obat tradisional tidak terlalu berlebihan. Cara memasak okra juga sebaiknya tidak digoreng agar manfaatnya bagi kesehatan tidak berkurang atau justru membahayakan.