Manfaat Kegunaan Neurobion Pink, Dosis dan Efek Sampingnya


Neurobion adalah multivitamin yang dijual bebas dan dapat dengan mudah ditemukan di apotek. Neurobion biasa digunakan oleh mereka yang membutuhkan tambahan asupan B kompleks. B kompleks sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan sel saraf tepi. Ciri bahwa seseorang butuh mengkonsumsi neurobion sebagai pemenuh kebutuhan vitamin B kompleks adalah sering merasa kebas dan kesemutan. Kebas dan kesemutan memang menjadi tanda bahwa kesehatan sel saraf tepi mulai menurun.
Vitamin B kompleks yang terkandung dalam Neurobion adalah vitamin B1, B6 dan B12. Masing masing vitamin tersebut memiliki khasiat yang berbeda beda bagi tubuh manusia. Asupan 3 vitamin tersebut mesti seimbang akan kesehatan saraf tepi senantiasa terpelihara. Berikut adalah rinciannya:
Vitamin B1      : Vitamin B1 dikenal juga dengan nama Tiamin. Vitamin ini berperan penting sebagai koenzim dalam proses dekarboksilasi asam alfa keto. Selain itu Tiamin juga berfungsi melancarkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh.
Vitamin B6      : Vitamin B6 dikenal juga dengan nama Pridoksin. Peran utama Pridoksin di dalam tubuh manusia adalah untuk memperlancar proses metabolisme protein dan asam empedu.
Vitamin B12    : Vitamin B12 dikenal juga dengan nama Kobalamin. B12 atau Kobalamin bertanggungjawab dalam pemeliharaan kekokohan sel saraf di dalam tubuh manusia. Secara alami Kobalamin banyak ditemukan dalam makanan yang terbuat dari kedelai.
manfaat neurobion dan efek sampingnya

Kegunaan dan Manfaat Neurobion

Neurobion yang dijual di apotek terdiri dari 2 jenis, yakni tablet putih dan tablet pink. Kedua jenis tersebut hanya berbeda dalam dosis. Neurobion putih mengandung 100 mg vitamin B1, 200 mg vitamin B6 dan 200 mcg vitamin B12. Sementara Neurobion pink, atau dikenal juga sebagai Neurobion Forte mengandung 100 mg vitamin B1, 200 mg vitamin B6 dan 2000 mcg vitamin B12.
Pemilihan Neurobion putih atau pink tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan vitamin B tubuh. Namun secara umum manfaat neurobion adalah sebagai berikut:

Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi diakinbatkan oleh kakunya saraf saraf di sekitar persendian. Selain itu bisa juga diakibatkan produksi pelumas sendi yang sudah berkurang jumlahnya, sehingga gesekan ketika bergerak menimbulkan rasa sakit. Kegunaan neurobion untuk meredakan nyeri sendi sangat nyata terasa karena vitamin B yang terkandung di dalamnya akan bekerja cepat mengendurkan saraf saraf yang tegang serta merangsang produksi pelumas sendi.

Mencegah Penyakit Beri Beri

manfaat neurobion pink.JPG

Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit beri beri. Penyakit beri beri ditandai dengan pembengkakan di sekitar persendian, terutama kaki. Jika sudah bengkak, maka akan timbul rasa nyeri dan kesulitan bergerak yang tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari hari. Penyakit ini timbul ketika tubuh kekurangan vitamin B1. Kandungan B1 dalam Neurobion tentu dapat menangkal terjadinya penyakit ini pada tubuh kita.

Mengurangi Intensitas Kesemutan

Kesemutan atau sensasi kebas pada bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala yang menandakan kurangnya asupan vitamin B bagi tubuh. Kesemutan tentu saja menimbulkan efek tidak nyaman, apalagi jika terjadi dengan intensitas yang sering. Mengkonsumsi Neurobion secara teratur dapat mengurangi intensitas terjadinya kesemutan tersebut.

Mencegah Terjadinya Kram Otot

Kram otot dapat muncul sewaktu waktu dan menimbulkan rasa nyeri. Hal ini tentunya cukup berbahaya, apalagi jika kram datang ketika kita tengah berkendara atau melakukan aktivitas aktivitas beresiko lainnya. Oleh karena itu kram otot sangat perlu untuk dicegah.
Kram otot dapat terjadi apabila tubuh kekurangan vitamin B. Konsumsi Neurobion yang memiliki kandungan B kompleks secara rutin dapat membantu terjadinya kram otot.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tahukah anda bahwa kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik? Kondisi tersebut tepatnya akan terjadi ketika tubuh kekuranga Vitamin B1. Salah satu fungsi vital B1 memang untuk memastikan kulit ternutrisi dengan baik sehingga tak terasa kering dan bersisik. Oleh karena itu menjaga asupan vitamin B1 sangat bermanfaat, tak hanya bagi kesehatan bagian dalam tubuh, tetapi juga bagi kesehatan kulit.
Secara alami vitamin B1 dapat ditemukan pada biji bijian, kentang dan ati. Jika merasa kekurangan asupan makanan tersebut, konsumsi Neurobion sangat bermanfaat untuk memastikan tubuh anda tetap mendapatkan asupan vitamin B sebanyak yang dibutuhkan.

Dosis dan Efek Samping Neurobion

efek samping neurobion.JPG

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ketika memilih jenis Neurobion yang akan dikonsumsi anda perlu mencari tahu kebutuhan vitamin B tubuh anda. Sederhananya, jika gangguan kram dan kesemutan yang terasa tak terlalu buruk maka cukuplah untuk mengkonsumsi tablet putih. Jika tingkat keparahannya terasa sangat mengganggu anda dapat mencoba mengkonsumsi tablet pink
Sementara terkait masalah dosis, sebagai multivitamin Neurobion hanya disarankan dikonsumsi sekali dalam sehari. Namun konsumsi sangobion tetap perlu diimbangi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk memastikan tubuh mendapat semua nutrisi yang diperlukan.
Konsumsi Neurobion tentu saja tak terhindari dari efek samping. Efek samping neurobion antara lain:
·         Pusing
·         Mual
·         Muntah
·         Munculnya ruam kemerahan pada kulit
·         Merasa cepat lelah
·         Air seni berwarna pekat (oranye)
·         Kulit mata rasa
Konsumsi Neurobion pada ibu hamil dapat dikatakan aman selama mengikuti saran dokter. Sementara pada ibu menyusui konsumsi vitamin B kompleks ini tidak dianjurkan karena dapat menghambat produksi ASI. Sebagai pengganti, ibu menyusui perlu mendapat asupan vitamin B kompleks dari makanan yang menjadi sumber alami vitamin tersebut. Hindari penggunaan jangka panjang karena dikhawatirkan menimbulkan kerusakan hati.