Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan, Mata, Kulit, Diet, Mandi dan Efek Sampingnya


Penikmat jamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman Secang. Sejak dulu, kayu Secang sudah dipercaya secara turun-temurun sebagai minuman kesehatan, karena salah satu manfaat kayu Secang bisa untuk pengobatan terhadap beberapa penyakit. Biasanya Secang diminum bersama campuran rempah lainnya yang biasa digunakan untuk membuat jamu atau diminum bersama campuran minuman hangat lainnya, misalnya susu atau teh.
Secang dalam bahasan latin dikenal dengan sebutan Caesalpinia Sapan L. yang termasuk perdu anggota suku polong-polongan yang dimanfaatkan kulit kayunya. Secang tumbuh di tempat terbuka dengan ketinggian 1000 mdpl atau di sekitaran daerah pegunungan yang berbatu dan tidak terlalu dingin. Secang termasuk tumbuhan liar dan terkadang juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman pekarangan atau tanaman pembatas kebun.
Pohon Secang bisa dikategorikan tanaman kecil, karena tingginya hanya kisaran 5 – 10 meter saja. Batangnya berwarna hijau kecokelatan dan cabangnya memiliki duri tempel yang bentuknya bengkok dan tersebar. Daunnya menyirip ganda dengan panjang 25 – 40 cm dan jumlah anak daunnya mencapai 1- - 20 pasang yang letaknya berhadapan. Secang memiliki bunga yang merupakan bunga majemuk, keluar dari ujung tangkai dengan panjang 10 – 40 cm. Ada mahkota berbentuk tabung, dan warnanya kuning.
manfaat kayu secang untuk mata kesehatan diet

Dari tanaman Secang ini yang dimanfaatkan adalah kulit kayunya yang mengandung bahan-bahan aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Bahan-bahan yang terkandung di dalam kayu Secang tersebut ada Tanin, Resin, Asam Galat, Minyak Atsiri Brasilin, Oscimene, hingga D-Alfa-Phellandrene. Sementara daunnya, mengandung minyak atsiri yang tidak berwarna dan memiliki wangi yang soft. Dari sekian banyak kandungan yang terdapat dalam kayu Secang, tentu ada banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini akan kami informasikan untuk Anda.

7 Manfaat Kayu Secang untk Kesehatan dan Pengobatan

Kayu Secang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Berikut ini kami akan berikan 7 manfaatnya yang paling utama. Jika Anda meramunya dengan benar, maka kelima manfaat utama ini bisa bukan tidak mungkin akan terus Anda rasakan. Simak yang berikut.

Antibakteri atau Antibiotik alami

Seperti yang sudah disebutkan, Kayu Secang mengandung Flavonoid tinggi yang dapat berfungsi sebagai antibiotik alami. Antibiotik inilah yang mampu melawan bakteri yang akan hinggap di tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh terserang suatu penyakit tertentu. Karenanya, konsumsilah kayu Secang secara rutin, tetapi jangan terlalu sering dan beri jarak. Anda bisa mencampurkannya dengan segelas teh hangat.

Antitumor dan pencegah masuknya radikal bebas

Salah satu manfat kayu Secang yang sudah banyak diteliti adalah kayu Secang bisa dimanfaatkan sebagai antitumor. Beberapa percobaan dalam penelitian mengungkapkan, air dari batang Kayu Secang yang ditambahkan dengan 50% etanol dapat menghambat perkembangan sel tumor. Selain tumor, kayu Secang juga bisa menangkal radikal bebas penyebab timbulnya penyakit kanker.

Mengobati Maag

manfaat kayu secang untuk diet

Senyawa antibakteri yang terdapat pada kayu Secang nyatanya juga dapat mengatasi Maag. Selain itu, juga bisa membantu membunuh virus Helicobacter Pylori yang menjadi penyebab utama gangguan saluran pencernaan. Cara pakainya, siapkan 5 gram kayu Secang kering, lalu potong kecil-kecil. Kemudian, rebus potongan tersebut ke dalam 2 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Saring dan minum air rebusan ini selagi hangat.

Menyembuhkan diare

Diare berkepanjangan tentu akan membuat tubuh terasa semakin lemas, karenanya harus segera dihentikan agar tidak menimbulkan dehidrasi pada penderitanya. Caranya, rebus 5 gram kayu Secang dalam 2 gelas air. Rebus selama kurang lebih 15 menit, kemudian saring dan minum air rebusan pada pagi dan sore hari selama masa diare belum tuntas.

Menghentikan pendarahan

Pendarahan yang tak kunjung henti tentuakan membahayakan. Namun, hal ini bisa segera diatasi dengan meminum air rebusan kayu Secang. Kandungan Flavonoid dan minyak atsiri pada kayu Secang telah terbukti mampu menghentikan pendarahan, bahkan pendarahan hebat sekalipun. Cara pakainya adalah dengan merendam kayu Secang, kemudian menyiramkan air rendamannya pada bagian yang mengalami pendarahan.

Menghentikan BAB berdarah

Untuk mengatur pendarahan, memang merupakan keutamaan manfaat dari kayu Secang. BAB berdarah adalah salah satu jenis pendarahan yang disebabkan oleh bakteri yang bisa dihentikan dengan memanfaatkan kandungan baik dari kayu Secang. Langkah mengatasinya yang pertama adalah dengan menyiapkan kira-kira 1 jari kayu Secang, kemudian dibersihkan, dan dipotong kecil-kecil. Setelahnya, rebus potongan kayu Secang dengan 3 gelas air bersih hingga air rebusannya tersisa setengah. Kira-kira 15 – 20 menit waktu merebusnya. Kemudian, saring dan campurkan dengan madu asli secukupnya dan konsumsilah minuman kesehatan ini 3 kali sehari.

Mengatasi radang selaput lendir pada mata

manfaat kayu secang untuk mata

Konjungtivitis atau peradangan pada selaput lendir mata merupakan penyakit endemis yang bisa diatasi dengan meminum rebusan kayu Secang. Caranya, bersihkan 2 jari kayu Secang dan potong kecil-kecil. Kemudian, rebus potongan kayu Secang dengan 3 gelas air bersih, hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, disaring. Airnya digunakan untuk merimbang dan mengompres mata yang sakit.
manfaat kayu secang untuk mandi

Sesungguhnya masih ada banyak manfaat kayu Secang yang baik untuk kesehatan dan pengobatan. Namun, tentu saja untuk merasakan manfaatnya secara maksimal, Anda harus menerapkan aturan pakai yang wajar dan sesuai agar tidak menimbulkan efek samping. Namun, sejauh ini memang belum pernah diketahui apa efek samping dari meminum air rebusan kayu Secang. Mungkin saja memang sebetulnya konsumsi kayu Secang tidak menimbulkan efek samping apapun.