Manfaat Folavit 400 mg untuk Ibu Hamil dan Program Hamil

Ibu yang sedang hamil memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih daripada biasanya. Kondisi janin yang juga perlu nutrisi untuk perkembangannya membuat ibu hamil biasanya menambah asupan gizi tambahan bila perlu, salah satunya adalah tambahan asal folat. Folavit merupakan suplemen berisi asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaat folavit ini bisa dirasakan tidak hanya oleh wanita yang sedang mengandung, tetapi juga para wanita yang sedang menjalani program hamil. Kandungan dari Folavit ini merupakan asam folat dengan dosis 400 mcg yang aman untuk dikonsumsi.
Sebelum membahas lebih jauh tentang folavit dan manfaatnya untuk tubuh, kenali dulu kandungan utama yang ada dalam suplemen ini. Asam folat merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil karena bisa mendukung kehamilan agar berjalan sehat dengan janin yang berkembang sempurna. Jika ibu mengkonsumsi asam folat secara cukup semasa hamil maka risiko cacat pada bayi yang nantinya dilahirkan bisa dibantu ditekan. Kandungan juga akan lebih kuat dengan konsumsi asam folat yang cukup. Berbicara lebih spesifik lagi, kali ini suda ada suplemen berisi asam folat dengan kadar yang dibutuhkan tubuh yang praktis untuk dikonsumsi seperti Folavit. Folavit ini diramu dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh baik sedang hamil maupun tidak hamil.
Manfaat Folavit 400 mg untuk Ibu Hamil

Manfaat Folavit bagi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari konsumsi Folavit baik untuk ibu hamil maupun Anda yang sedang berencana untuk hamil:

Mengurangi gangguan fisik selama menstruasi

Sebuah hal yang normal pada wanita jika selama menstruasi tubuh jadi lebih mudah lelah, cepat mengantuk, pegal-pegal dan lainnya. Jika Anda adalah orang yang sibuk dan dinamis maka gejala menstruasi tadi bisa dirasa cukup mengganggu aktivitas. Masalah ini bisa diatasi dengan konsumsi Folavit yang membuat aliran darah semakin lancar sehingga tubuh terasa lebih segar.

Meningkatkan kesuburan dan potensi untuk hamil

manfaat folavit program hamil

Sulit hamil bisa juga diatasi dengan konsumsi asam folat. Mengkonsumsi asam folat bisa membuat wanita lebih subur sehingga kesempatan untuk hamil pun meningkat. Tapi perlu diingat bahwa konsumsi asam folat saja tidak cukup, Anda tetap harus mengimbangi dengan asupan yang bergizi.

Merangsang pembentukan sel darah merah

Konsumsi Folavit bisa membantu mencegah tubuh terkena anemia yang merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Konsumsi folavit bisa memicu produksi sel darah merah sehingga jumlahnya di tubuh senantiasa tercukupi. Sel darah merah yang tercukupi juga membuat tubuh lebih segar karena suplai oksigen ke berbagai organ tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Mencegah bayi lahir cacat

Pada ibu hamil, konsumsi folavit bisa menurunkan risiko kecacatan pada bayi. Asam folat dalam folavit dapat menyempurnakan perkembangan organ tubuh janin mulai dari sumsum tulang belakang hingga otak yang berpengaruh pada kecerdasan bayi nantinya.

Membuat kinerja otak jadi lebih baik

Kerja otak yang terganggu juga bisa mempengaruhi produktivitas seseorang. Konsumsi asam folat di dalam Folavit bisa membantu meningkatkan kinerja otak sehingga lebih mudah dalam berpikir dan berkonsentrasi serta tidak mudah pikun meskipun usia sudah semakin beranjak.
Baca juga:


Berperan dalam pembentuka ndan pembaruan sel tubuh

Asam folat juga memiliki peran dalam pembentukan DNA sehingga konsumsi asam folat juga berpengaruh terhadap pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh. Jaringan yang selalu dala kondisi baru tentu akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan ringan.

Menyuburkan rambut

Anda yang mengalami masalah rambut rontok bisa mencoba konsumsi Folavit. Asam folat diketahui bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok dengan membuat rambut baru tumbuh dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Efek Samping Folavit

harga folavit

Konsumsi suplemen berisi asam folat ini memang sangat dianjurkan bagi wanita hamil dan yang sedang mempersiapkan untuk hamil. Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa efek samping Folavit yang mungkin dirasakan,diantaranya:

Reaksi alergi

Bagi sebagian orang yang punya alergi terhadap salah satu atau beberapa komponen yagn ada di dalam Folavit mungkin akan merasakan beberapa gejala umum. Gejala alergi yang sering ditemui ini bisa berupa gatal pada kulit, tekanan darah rendah, mual, muntah, sesak napas,muncul kemerahan di kulit hingga biduran. Jika reaksi ini Anda alami sebaiknya segera hentikan konsumsi suplemen asam folat dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Reaksi pada sistem saraf

Sistem saraf juga bisa terpengaruh dengan penggunaan suplemen yang satu ini. Selain bisa membuat kerja otak lebih baik, Folavit ternyata bisa menimbulkan gangguan konsentasi, kecemasan bahkan hingga depresi. Efek samping ini bisa dirasakan oleh orang dengan kondisi tertentu.

Gangguan sistem pencernaan

efek samping folavit

Pada sistem pencernaan, konsumsi Folavit memiliki kemungkinan menyebabkan perut terasa mual, kembung sampai rasa nyeri pada perut.
Dosis Folavit yang dibutuhkan oleh orang dalam kondisi biasa dan wanita hamil tentunya berbeda. Orang yang tidak sedang hamil dan mengalami defisiensi asam folat perlu mengkonsumsi suplemen tambahan Folavit ini dengan dosis antara 400 sampai dengan 800mgc per harinya. Sementara itu cara konsumsi Folavit bagi para wanita yang dalam program hamil, sedang mengandung ataupun menyusui membutuhkan dosis yang lebih tinggi hingga 800 mcg per hari. Dosis ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang dan perlu dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter yang kompeten. Dapatkan manfaat folavit  dengan mengkonsumsinya rutin sesuai anjuran. Cukupi kebutuhan asam folat untuk kesehatan dan kandungan yang semakin baik dan sempurna.