Manfaat Daun Suji untuk Paru Paru, Kecantikan, Ambeien, Manakanan dan Efek Sampingnya


Nama lain daun suji adalah Dracaena angustifolia biasa digunakan banyak orang sebagai pewarna makanan, karena warna hijau yang dimiliki pada daunnya. Karena manfaat daun suji yang banyak bagi bahan makanan, maka banyak pula yang masih bingung dan susah membedakan antara daun suji dan daun pandan. Memang jika dilihat dari asal-usul keturunan, maka dapat ditarik kesimpulan kalau daun suji memang merupakan keturunan daun pandan. Namun, ada beberapa hal yang bisa membedakan antara daun suji dan daun pandan, salah satunya adalah aromanya. Aroma yang dikeluarkan dari daun suji ini terbukti lebih harum dari daun pandan, selain itu daunnya nampak lebih kecil dari daun pandan yang biasanya berdaun lebar dan panjang.
Penggunaan daun suji memang sangat berguna jika digunakan dalam bahan makanan, selain menambah harum tentunya akan menambah cita rasa dan hasrat untuk makan menjadi lebih. Namun pada jaman sekarang, kebanyakan orang malah lebih menyukai penggunaan bahan sintetis buatan pabrik untuk menjadikan warna hijau makanan kita. Dengan alasan praktis dan mudah, kebanyakan orang merasa malas untuk menumbuk, dan memeras daun suji. Juga tidak banyak orang tahu bahwa daun suji juga mempunyai khasiat lainnya selain bahan makanan, yaitu untuk pengobatan. Mula-mula mari kita lihat kandungan apa saja yang ada di dalam daun suji tersebut, bagaimana bisa sampai bermanfaat untuk kesehatan dan bahkan pengobatan.
manfaat daun suji dan efek sampingnya

Kandungan Daun Suji

Banyak sekali manfaat yang dikandung pada daun suji, namun tak banyak yang tahu jika manfaat ini termasuk manfaat dalam bidang kesehatan. Berikut kandungan yang dimiliki pada daun suji,

1. Tanin

Daun suji mengandung tanin yang merupakan senyawa fenol. Tanin ini merupakan senyawa semacam fenol yang cepat larut dalam air, dapat mengikat logam berat, dan bersifat anti jamur. Tanin ini berfungsi sebagai antiseptik yang berguna untuk menyembuhkan bagian yang luka. Selain itu, tanin juga berfungsi untuk menetralkan keracunan alkaloid yang larut dalam tubuh.

2. Saponin

perbedaan daun suji dan pandan

Saponin merupakan senyawa dalam glikosida yang jika dikocok dengan air akan membentuk busa dan bertahan dalam waktu lama. Saponin diberi nama "sapo" karena namanya yang mirip sabun "soap". Saponin biasanya terasa licin dan berlendir malah berasa pahit jika dirasakan. Ada dua macam saponin, saponin yang termasuk daun suji adalah saponin steroid yang berfungsi untuk anti jamur, dan pengobatan lainnya.

3. Polifenol

Polifenol merupakan senyawa yang sudah dikenal dalam dunia kesehatan mempunyai antioksidan yang tinggi. Flavonoid yang termasuk ke dalam polifenol ini merupakan senyawa pembawa warna hijau bagi tanaman. Polifenol dapat menyeimbangkan tubuh dan mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

4. Alkaloid

Senyawa ini biasanya terdapat pada tumbuhan hijau dan termasuk senyawa basa. Manfaat alkaloid ini sudah banyak dikenal, diantaranya sebagai antioksidan, antibiotik, antisedatif, analgesik, antimalaria, antihipertensi, dll

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

efek samping daun suji

Berdasarkan kandungan yang dimiliki pada daun suji, dapat diambil kesimpulan dari beberapa manfaat yang dapat digunakan sebagai pengobatan untuk masyarakat.

1. Batuk

Mulai dari batuk ringan, batuk berdahak sampai batuk berdarah dapat menggunakan daun suji ini untuk meredakan bahkan jika rutin meminumnya dapat menyembuhkan. Batuk yang disebabkan oleh bakteri ini akan diatasi oleh daun suji karena mengandung alkaloid yang dapat berfungsi untuk meredakan infeksi dalam tenggorokan. Cara pakainya yaitu dengan menumbuk daun suji sebanyak 15 lembar daun hingga halus, kemudian dilarutkan dalam air dan sarinya diminum. Anda harus rutin meminumnya, pagi dan malam harii.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Karena daun suji mempunyai kandungan saponin dalam daunnya, maka kolestrol jahat akan dapat terikat dalam darah. Seperti busa pada sabun yang dapat mengikat kotoran dan lemak, maka dalam tubuh juga berfungsi demikian. Cara pakai untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan menumbuk daun suji sebanyak 5 lembar, kemudian direbus dengan dua gelas air dan sisakan sedikit seengahnya, lalu minum secara rutin tiga kali sehari.

3. Penawar racun

Kandungan alkaloid yang terdapat pada dauj suji dapat digunakan untuk menetralisir bakteri-bakteri yang terdapat dalam tubuh. Cara pakainya yaitu dengan merebus daun suji dan 20 gram akar dari daun suji dengan dua gelas air, jadikan menjadi satu gelas dan minum sehari sekali.

4. Mengatasi kencing bernanah

Penyakit ini sangat menyakitkan, karena setiap urin yang keluar akan bercampur dengan nanah. Zat alami saponin dalam daun suji memiliki zat antiseptik sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan dan membunuh bakteri dalam tubuh. Cara pakainya adalah dengan menumbuk 10 lembar daun suji sampai halus, kemudian dicampur satu setengah liter air, direbus dan disisakan setengahnya dan diminum sebanyak dua kali sehari dengan masing-masing dua gelas setiap sekali minum.

5. Menangkal radikal bebas

Senyawa flavonoid yang terkandung pada dun suji dapat digunakan untuk menghalau radikal bebas yang ada di sekitar kita, sehingga adanya kanker dapat dihindari. Cara pakainya adalah dengan merebus daun suji dengan setengah liter air kemudian dicampur dengan madu.

6. Mengobati disentri

Adanya zat saponin dalam daun suji dapat digunakan untuk membunuh bakteri sehingga dapat mengobati disentri. Cara pakainya adalah dengan cara merebus tiga lembar daun suji dengan dua gelas air putih dan sisakan air rebusan setengahnya. Kemudian saring, dan minum dua kali sehari pagi malam minum saat dingin.
cara mengolah daun suji

Begitu banyak manfaat daun suji yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih bijak dalam menggunakannya yaitu dengan mengikuti dosis yang disarankan untuk mengobati penyakit tertentu sehingga efeksamping dari pengobatan dapat dihindari. Selain itu, usahakan untuk mencuci bersih daun suji agar steril dari sebelum digunakan. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.