Manfaat Daun Kersen untuk Kolesterol, Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat dan Cara Mengolahnya


Daun kersen lebih dikenal sebagai daun talok maupun tanaman seri. Daun ini sendiri memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun kersen terutama karena aneka kandungan alami yang ada di dalamnya dapat mencegah timbulnya penyakit serta menyehatkan tubuh. Pohon kersen sendiri relatif mudah ditemukan, bahkan pada rumput liar sekalipun. Tanaman ini bisa tumbuh di hampir segala tempat, mulai dari tepi jalan, pekarangan rumah hingga di hutan. Kebanyakan pohon kersen ditanam secara tidak sengaja dan kehadirannya seringkali diabaikan. Ini karena masyarakat belum tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam daun kersen.

Ciri-Ciri Pohon Kersen

Berikut adalah ciri-ciri dari tanaman kersen yang mungkin pernah kita lihat namun tidak diketahui namanya.
manfaat daun kersen dan cara mengolahnya


  1. Rantingnya berkarakter dan memiliki rambut halus. Kulit batangnya cenderung mudah dikelpas dan bisa dimanfaatkan sebagai kain pembalut maupun tali temali yang kokoh.
  2. Cabang rantingnya datar dan menggantung di bagian ujung. Pohon kersen dapat ditemukan tumbuh rindang serta rapat sehingga bisa dengan mudah dijangkau tangan manusia dewasa.
  3. Bunganya kecil dengan warna putih serta akan berkembang bersamaan sehingga tampak lebat.
  4. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 12 meter akan tetapi kebanyakan tanaman kersen yang ada di Indonesia tingginya hanya 4 hingga 6 meter
  5. Tidak ada musim buah di bulan tertentu, ini karena tanaman kersen bisa tumbuh serta berbuah sepanjang tahun, bahkan walaupun curah hujannya jarang atau pada musim kemarau
  6. Buahnya berbentuk kecil seperti buah buni, saat matang maka warnanya akan merah memikat dan rasanya manis
  7. Pertumbuhan tanaman ini terbilang cepat dan tidak butuh banyak air. Tanaman kersen dilengkapi akar berambut yang dapat mengikat air untuk digunakan saat musim kemarau.

Kandungan Nutrisi Daun Kersen

Berikut adalah kandungannutrisi yang ada dalam daun kersen sehingga menjadikannya memiliki segudang manfaat.
kandungan daun kersen

  1. Senyawa flavonoid serta zat flavan biflavan serta flavanone
  2. Vitamin C dalam kadar cukup tinggi sehingga bisa menjadi antioksidan aktif bagi tubuh
  3. Mengandung tanin, saponin serta zat alkaloid dalam jumlah tinggi
  4. Kaya akan zat antioksidan, zat anti kanker, anti tumor serta anti inflamasi atau anti peradangan. Terdapat pula zat septik yang kuat sehingga dapat melindungi dari luka maupun peradangan.
  5. Kaya akan kalsium, protein, zat besi, karbohidrat, lemak tak jenuh ganda, fosfor dan serat.

Manfaat Daun Kersen

Banyak manfaat daun kersen yang bisa didapatkan. Rebusan daun kersen terutama akan memberikan kita beragam manfaat berikut.
manfaat daun kersen diabetes kolesterol asam urat

  1. Meredakan nyeri sendi sebagai akibat dari peningkatan asam urat
  2. Mengobati diabetes karena bisa menyekresi hormon insulin supaya kadarnya tetap stabil
  3. Mengurangi kolesterol tinggi yang ada dalam tubuh
  4. Mengeringkan borok yang telah busuk dan bau sebagai akibat dari infeksi menahun
  5. Menyembuhkan infeksi, luka serta peradangan
  6. Memblokir aktivitas serta pergerakan sel kanker maupun tumor
  7. Memudarkan bekas luka apabila kita mengopres daun kersen yang sudah dihaluskan pada kulit yang membengkak
  8. Memperkuat otot jantung serta melancarkan pembuluh darah yang menuju ke jantung.

Cara Mengolah Daun Kersen

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kersen secara maksimal, berikut adalah cara mengolahdaun kersen.
cara mengolah rebus daun kersen

  1. Daun kersen bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus ataupun direbus kemudian disaring airnya dan diminum tanpa tambahan gula. Tujuan dari tidak ditambahkannya gula ataupun bahan lain adalah agar daun kersen bisa bekerja maksimal dalam tubuh.
  2. Luka baru, eksim, borok menahun, pendaran di luar tubuh ataupun bekas luka akan dapat dipudarkan dengan cara meremas daun kersen, menumbuk atau memblender untuk kemudian dioleskan pada bagian kulit yang sakit. Oleskan hingga tiga kali dalam sehari supaya pengobatan luka bisa semakin cepat. Pengobatan luar ini juga dapat diberikan pada anak-anak.
  3. Daun kersen yang sudah tua akan lebih direkomendasikan untuk digunakan karena pasokan nutrisi serta zat anti inflamasinya lebih tinggi. Penyembuhan luka akan berjalan secara relatif lebih cepat.

Efek Samping Daun Kersen

Di samping aneka manfaat di atas, terdapat pula efek samping dari daun kersen yang harus kita waspadai. Berikut beberapa di antaranya.
efek samping daun kersen

  1. Rebusan daun kersen mungkin akan menyebabkan alergi pada sebagian orang, terutama anak-anak, seperti gatal dan ruam kulit.
  2. Anak-anak yang mengonsumsi rebusan daun kersen rentan mengalami sakit perut sebagai akibat dari meningkatnya asam lambung. Hal ini juga bisa berlanjut pada diare.
  3. Konsumsi daun kersen berlebihan dan tak sesuai aturan ahli gizi dapat berlanjut pada gangguan fungsi ginjal. Ginjal bisa kesulitan dalam menyaring cairan tubuh serta racun karena luka serta peradangan pada organ ginjal.
  4. Penderita gangguan hati yang tengah menjalani program pemulihan maupun terapi sebaiknya tidak mengonsumsi rebusan daun kersen karena akan memperparah keadaan yang diderita.
  5. Orang dengan lambung yang sensitif bisa jadi akan mengalami mual dan muntah sebagai akibat dari meningkatnya asam lambung.
  6. Ibu hamil pada usia kehamilan muda sebaiknya tidak mengonsumsi rebusan daun kersen karena dapat mengganggu perkembangan tubuh janin serta mengakibatkan keracunan.
Itulah aneka manfaat daun kersen bagi kesehatan serta efek samping yang mungkin terjadi. Agar bisa mendapat manfaatnya secara maksimal dan terhindar dari efek samping, konsultasikan dulu konsumsi rebusan daun kersen pada dokter. Patuhi pula anjuran pemakaian agar kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi pada takaran yang tepat dan sesuai anjuran dokter akan memastikan kita mendapat semua manfaat dari daun kersen ini.