Manfaat Daun Kenikir untuk Kecantikan, Ibu Hamil, Menyusui, Asam Urat Kolesterol dan Efek Sampingnya


Kesehatan merupakan hal vital bagi seorang manusia, karena dengan kesehatan inilah manusia bisa tetap produktif dan menjalan kegiatan sehari-hari mereka. Namun lagi dan lagi, kesehatan masih saja menjadi hal yang sering disepelekan meskipun imbasnya sangat besar. Pola hidup dan pola makan yang sangat tidak teratur mempengaruhi tingkat kesehatan dan berimbas pada berkurangnya tingkat produktivitas kita. Dalam hal penanganan turunnya tingkat kesehatan (sakit) banyak cara yang bisa ditempuh, selain bisa memulai untuk memperbaiki pola hidup (termasuk pola makan dan tidur) untuk sakit yang tidak parah dan terlalu butuh penanganan medis segera, bisa juga dengan pengobatan baik pengobatan tradisional maupun medis.
Pengobatan medis dan penggunaan zat-zat kimia atau obat-obatan memang lebih cepat dalam proses penyembuhan maupun lebih baik efeknya sebagai usaha prefentif, tetapi efek samping dalam jangka panjang menjadi momok sendiri bagi kebanyakan orang. Sehingga “back to nature” menjadi solusi pengobatan yang tepat untuk kebanyakan orang. Pengobatan secara tradisional yang menggunakan bahan-bahan herbal memang lebih baik karena tidak memiliki efek samping baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang pemakaian. Banyak masyarakat yang mulai menanam apotek hidup dengan tujuan untuk mempermudah saat sewaktu-waktu membutuhkannya. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat adalah daun kenikir. Apa saja manfaat daun kenikir untuk kecantikan dan kesehatan?
manfaat bahaya daun kenikir

Apa saja sih bahan yang terkandung dalam daun kenikir?

Kenikir atau ulam raja yang memiliki nama latin Cosmos caudatus Kunth merupakan tanaman yang oleh masyarakat sehari-hari biasa dikonsumsi sebagai sayuran atau sebagai tanaman obat. Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang memili tinggi 75-100 cm serta memiliki bau yang khas. Batangnya membujur dan memiliki banyak ruas serta cabang. Daunnya majemuk, ujungnya runcing dan memiliki panjang 15-25 cm. Bunganya majemuk berwarna merah dengan 8 mahkota dan panjang 1 cm. Sedangkan bijinya keras dan memiliki bentuk jarum. Daun kenikir mengandung flavonoid polifenol, tokoferol, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin, saponin, dan minyak atsiri. Sedangkan akarnya mengandung koniferil alkohol dan hidroksieugenol.Dengan kandungan yang ada didalam tanaman kenikir ini dapat digunakan sebagai:

Obat kanker

manfaat daun kenikir hamil menyusui

Penelitian menunjukkan bahwa daun kenikir ini memiliki senyawa bersifat antioksidan (yakni glikosida kuersetin dan flavonoid) yang cukup tinggi yakni dengan IC50 sebesar 70 mg/L. Antioksidan sendiri dapat memacu laju proses apoptosis dimana pemacuan proses ini adalah salah satu cara penghambatan karsinogenesis. Aktivitas ini bisa dikembangkan sebagai antikanker.

Obat maag

Kandungan tokoferol, hidroksieugenol, dan polifenol mampu menetralkan asam lambung dan mampu memperkuat otot sphincter lambung.

Obat Lemah jantung

Flavonoid dapat memperlancar aliran darah, memperkuat pembuluh darah serta otot jantung.

Obat pembengkakan payudara

Sebagian ibu menyusui, terkadang ASI keluar terus menerus dan menyebabkan pembengkakan pada payudara. Pembengkakan ini bisa diredakan dengan bantuan senyawa terpenoid serta anti inflamasi yang dimiliki daun kenikir.

Obat gondokan

Pembengkakan kelenjar tiroid ini bisa diatasi dengan senyawa polifenol dan tokoferol yang terkandung didalam daun kenikir, senyawa tersebut mampu mengurangi dan meredakan peradangan yang ditimbulkan.

Obat cuci darah

manfaat daun kenikir diabetes

Meningkatkan imunitas (sistem kekebalan tubuh)
Kenikir yang juga mengandung vitamin A,C, E, dan senyawa protein untuk memperbaiki imun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan juga pembentukan fagosit.

Menguatkan tulang

Kandungan mineral didalam tanaman ini bisa menjadi suplemen untuk kebutuhan tulang sehingga bisa berpengaruh terhadap mempertahankan kekuatan tulang.

Penambah nafsu makan

Daun kenikir mengandung senyawa kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak, juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan orang pasca operasi atau perawatan tertentu sehingga mampu memulihkan stamina dan kekuatannya.

Mengatasi bau mulut

Senyawa koniferil alkohol berfungsi untuk membunuh bakteri maupun kuman yang terbawa bersama makanan. Senyawa ini akan aktif membersihkan mulut dan air liur dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Mendetoksifikasi racun dalam darah

Kandungan flavonoid, antioksidan, dan vitamin E bisa menetralisir racun berbahaya didalam darah.

Cara Mengolah Daun Kenikir

manfaat daun kenikir kecantikan

Cara mengkonsumsi daun kenikir cukup mudah yakni dengan cara dikonsumsi langsung sebagai lalapan, direbus dan dikonsumsi airnya, dikukus, dijadikan makanan (seperti karedok dan urap), bisa juga dibuat sebagai jus. Untuk keperluan tertentu seperti mengobati gondokan dan pembengkakan pada payudara (pengobatan luar), daun kenikir bisa ditumbuh atau dibakar untuk mengeluarkan kandungan didalamnya lalu dioleskan/dibubuhkan pada  tempat sakitnya untuk meredakan pembengkakan yang terjadi. Untuk mengurangi bau mulut, daun kenikir in bisa digunakan sebagai obat kumur atau cukup dikunyah dalam beberapa waktu lalu berkumur.

Apakah daun kenikir memiliki efek samping?

bahaya daun kenikir

Dalam beberapa kasus muncul efek samping daun kenikir seperti reaksi alergi seperti gatal, ruam dan mata berair. Sehingga, profesional medis kurang menyarankan suplemen herbal daun kenikir karena kurangnya pengawasan dalam penggunaanya serta tidak ada jumlah pasti keamanan dosis dalam mengkonsumsinya. Meskipun reaksi alergi ini jarang terjadi, namun reaksi alergi (anaphylaxis) bisa saja terjadi. Gejala yang akan muncul pada reaksi alergi selain gatal-gatal dan ruam, akan mungkin terjadi nyeri dada, kesulitan bernapas, dan pembengkakan wajah.
Penggunaan daun kenikir yang tepat dapat membantu dalam berbagai pengobatan yang disebutkan diatas, namun karena belum ada dosis yang dianjurkan oleh lembaga profesional medis, sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daun kenikir ini karena ditakutkan akan muncul gejala-gejala atau reaksi alergi yang nantinya justru akan membahayakan pengkonsumsinya. Karena pada dasarnya semua bahan akan baik jika tepat dan tidak berlebihan dalam pemakaiannya.