Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan, Kesuburan, Diet, Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Banyak dari kita yang belum tahu tentang manfaat buah kesemek untuk kecantikan, diet, kesuburan, ibu hamil, maupun kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah ini memiliki warna oranye kecokelatan dengan nama ilmiahnya yaitu Diospyros kaki. Kesemek terbilang populer serta banyak dibudidayakan di Jepang. Buah in bisa dinikmati baik dalam kondisi kering, segar maupun dimasak. Agar bisa mendapatkan rasa yang manis serta lembut, tunggulah sampai buahnya benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Kandungan kesemek di antaranya adalah fosfor, kalsium, vitamin A serta C. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi buah kesemek.
manfaat buah kesemek diet kesuburan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lemak total dalam buah kesemek hanya 0.19 gram sehingga nyaris tidak ada kandungan lemak di dalamnya. Buah kesemek terutama memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan sehingga dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang tidak akan menggemukkan.

2. Sumber Phytochemicals

Buah kesemek juga dapat mencegah peradangan atau inflamasi dan infeksi yang berbahaya. Hal ini karena ada banyak phytochemicals di dalam buah kesemek yang bisa digunakan sebagai anti inflamasi serta anti infektif yang bagus.

3. Anti Haemorrhoid

manfaat buah kesemek efek sampingnya

Sifat anti hemoragik juga termasuk dalam manfaat buah kesemek. Ini artinya, kesemek akan dapat mengatasi wasir atau ambeien secara alami. Buah kesemek juga telah digunakan sejak dulu untuk mengendalikan pendarahan serta luka.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Makanan yang kaya akan serat tentunya baik bagi pencernaan. Hal itu pula yang terjadi pada buah kesemek di mana serat yang terkandung di dalamnya sebesar 3.6 gram. Konsumsi buah kesemek secara teratur akan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam kesemek juga terkandung tanin yang dapat mengatasi diare. Buah ini sangatlah baik dalam mengatasi masalah terkait sistem pencernaan.

5. Baik Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes umumnya akan cepat merasa lapar. Buah kesemek dapat dijadikan kudapan mengingat salah satu manfaatnya adalah menunda rasa lapar. Ini karena kesemek kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

6. Bagus Bagi Penderita Hipertensi

Sodium yang tinggi dalam makanan akan bisa memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sementara buah kesemek hanya mengandung 1 mg sodium saja sehingga terbilang baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

7. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

manfaat buah kesemek kesuburan

Vitamin C dalam buah kesemek terbilang banyak yaitu mencapai 7.5 mg. Konsumsi kesemek secara teratur akan dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga bisa menjadi perisai untuk infeksi paru-paru, flu hingga asma.

8. Membantu Melawan Kanker

Antioksidan yang tinggi dalam buah kesemek akan menjadikannya dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel serta memicu penyakit kanker. Buah ini juga kaya akan vitamin A sehingga bisa melawan kanker.

9. Meningkatkan Serta Memperbaiki Penglihatan

Manfaat lain dari buah kesemek ialah meningkatkan dan juga memperbaiki penglihatan. Ini karena dalam buah kesemek terkandung vitamin A yang cukup banyak yaitu 81 IU per 100 gramnya. Kita yang memiliki masalah pada penglihatan bisa mengonsumsi buah kesemek supaya terhindar dari masalah tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Penderita anemia dapat pula merasakan manfaat buah kesemek. Di antaranya adalah meningkatkan produksi sel darah merah karena ada kandungan tembaga yang dapat menyerap zat besi secara lebih baik. Pada gilirannya, buah kesemek akan bisa membantu produksi sel darah merah.

11. Obat Alami Cegukan

Cegukan ialah kontraksi yang tak sengaja terjadi pada diafragma yang bisa muncul secara tiba-tiba. Buah kesemek termasuk salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi cegukan.

12. Menjaga Fungsi Hati

efek samping kesemek

Kesemek terbukti kaya akan antioksidan serta dapat menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Antioksidan ini juga dapat mengurangi efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel. Konsumsi buah kesemek akan dapat menjaga serta menyehatkan organ hati.

13. Mengurangi Retensi Air

Salah satu efek samping kesemek ialah diuretik sehingga dapat digunakan untuk menghentikan retensi air serta meningkatkan jumlah urin. Kandungan kalium dalam kesemek juga akan memastikan bahwa tidak ada mineral penting hilang ketika buang air kecil.

14. Meningkatkan Energi dan Stamina

Konsumsi segelas jus buah kesemek akan bermanfaat dalam meningkatkan energi serta stamina dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk menghindari rasa lelah serta stress.

15. Mencegah Penyakit Menular

Buah kesemek ialah sumber antioksidan, fitokimia, polifenol serta katekin. Zat-zat ini terbukti sebagai zat anti inflamasi sehingga akan bisa mencegah penyakit menular.
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menikmati buah kesemek. Salah satu cara pakai/aturanpakai buah kesemek adalah dengan dijadikan jus. Berikut langkah-langkah pembuatannya:
  1. Ambil 2 hingga 3 buah kesemek segar, cuci bersih di bawah air mengalir
  2. Gunakan tisu atau handuk bersih guna mengeringkannya dengan cara ditepuk perlahan
  3. Potong menjadi dua menggunakan pisau dan buang bijinya menggunakan sendok kecil.
  4. Jika perlu, kupas kulitnya sebelum dipotong dan dibuat jus.
  5. Letakkan potongan kesemek dalam blender, tambahkan setengah gelas air dan blender hingga mengental
  6. Segelas jus kesemek segar siap dinikmati
Itulah ragam manfaat buah kesemek, kandungan, efek samping hingga cara membuat jus. Buah ini ternyata memiliki sangat banyak manfaat yang bisa jadi tidak semua dari kita mengetahuinya. Kita juga bisa mengonsumsinya langsung tanpa dijus terlebih dahulu, dengan catatan buah sudah matang sehingga rasanya manis serta lembut.