Manfaat Air Tajin untuk Wajah, Lambung, Kesuburan, Payudara, Ibu Hamil dan Bayi


Air tajin atau air rebusan beras di Indonesia identik dengan minuman bagi kaum dengan kemampuan ekonomi yang kurang memadai. Pada zaman dahulu, bahkan hingga sekarang, konon minuman ini menjadi pengganti susu bagi para bayi ketika orangtua mereka tak memiliki uang untuk membeli susu. Cerita tersebut mungkin benar adanya, namun rasanya kurang tepat jika kita membayangkan anak anak yang mengkonsumsi air tajin sebagai pengganti susu akan kekurangan gizi.
Meski didapat dari cara yang sederhana, air tajin ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks. Hal tersebut menyebabkan manfaat air tajin tak bisa dipandang sebelah mata. Tak hanya bagi ibu hamil, bayi dan anak anak, air tajin juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan tentunya memberikan manfaat yang tak kalah banyaknya seperti untuk lambung, wajah, payudara, kesuburan, sperma.
Manfaat Air Tajin untuk Lambung, Kesuburan, Payudara, Ibu Hamil dan Bayi

Manfaat Air Tajin

Hingga saat ini ada 2 pendapat mengenai pembuatan air tajin. Ada yang menyebutkan bahwa air tajin adalah air cucian beras. Air cucian pertama beras disaring dan dapat langsung diminum untuk merasakan manfaatnya. Namun ada pula yang berpendapat bahwa air tajin adalah air yang diperoleh dari rebusan beras. Ketika beras yang direbus sudah mencapai kondisi setengah matang, airnya diambil untuk kemudian didinginkan sebelum dapat diminum.
Terlepas dari perdebatan mengenai cara pembuatan air tajin yang benar, ada baiknya kita bahas mengenai manfaat air tajin terlebih dahulu. Manfaat mengkonsumsi air tajin antara lain ialah:

Sumber Energi

Sebagaimana beras, air tajin kaya akan kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada air tajin membuatnya dapat dijadikan sumber energi, meskipun tentu saja bukan sumber energi utama. Dengan rutin mengkonsumsi air tajin anda tak perlu lagi mengkonsumsi minuman penambah stamina. Mengkonsumsi air tajin sebagai tambahan energi jelas lebih aman karena tak banyak mengandung zat kimia yang akan menimbulkan efek tak baik bagi tubuh dalam jangka panjang.
Baca juga:


Meredakan Sakit Maag dan Sembelit

manfaat air tajin untuk lambung

Salah satu kandungan air tajin yang kaya akan manfaat adalah elektrolit. Elektrolit telah lama dikenal ampuh mengatasi diare. Kandungan aelektrolit dalam air tajin bahkan disebut sebut lebih tinggi dari campuran gula dan garam sehingga lebih ampuh pula dalam meredakan diare.
Selain diare, air tajin juga sangat baik dikonsumsi untuk meredakan sakit maag dan sembelit. Air cucian beras ini memiliki kemampuan untuk menetralisir asam lambung. Seperti diketahui, asam lambung merupakan pemicu utama dari mag dan sembelit. Jika asam lambung sudah bisa dinetralkan, maka masalah seperti maag dan sembelitpun akan dapat diatasi.

Mencegah Kanker

Kanker tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Pasalnya pengobatan penyakit ini dikenal sulit dan memiliki resiko kematian yang cukup tinggi. Ternyata, ada cara mudah yang dapat rutin dilakukan untuk mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Sari beras dikenal mampu menangkal tumbuhnya sel kanker tersebut. Sumber sari beras yang paling mudah didapat adalah air tajin.
Selain dapat mencegah munculnya penyakit kanker, mengkonsumsi air tajin secara rutin juga bisa menghindarkan tubuh dari penyakit penyakit lainnya. pasalnya air ini dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Mencegah Pikun dan Alzheimer

Pikun dan alzheimer dikenal sebagai penyakit yang banyak menyerang orang tua. Namun studi menunjukkan bahwa semakin tahu rata rata usia penderita pikun dan alzheimer semakin menurun. Artinya semakin banyak orang orang berusia produktif yang terserang pikun dan alzheimer. Penyebab pikun dan alzheimer di antaranya adalah gangguan pada saraf otak serta menurunnya kemampuan otak untuk mengakses memori.
Penyakit pikun dan alzheimer memang tak memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Namun penyakit ini akan mengganggu kehidupan sosial serta membuat kita berjarak dari orang orang tersayang sehingga sangat perlu untuk dihindari. Rutin mengkonsumsi air tajin dapat meminimalisir kemungkinan kita mengidap kedua penyakit tersebut. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam air tajin akan membuat otak mendapat asupan yang cukup guna dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Merawat Kelembutan Kulit Wajah

manfaat air tajin untuk wajah

Air tajin ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kali ini penggunaannya bukan dengan cara dikonsumsi, melainkan dijadikan masker. Air tajin dikenal kaya akan antioksidan yang baik bagi kesehatan dan keremajaan kulit. Jenis air tajin yang biasa dijadikan masker adalah air tajin yang berasal dari beras merah, penggunaannya juga biasa dibarengi dengan beberapa tetes madu murni.

Efek Samping Air Tajin

Sebagaimana makanan dan minuman dan lainnya, konsumsi air tajin dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Pertama tama perlu dipahami bahwa air tajin mengandung kalori, protein, enzim, lemak, antioksidan, vitamin E dan vitamin B1 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun selain zat zat tersebut, air tajin juga mengandung karbohidrat dengan jumlah yang cukup tinggi. Jumlah karbohidrat yang tinggi akan membuat anak anak dan orang dewasa rentan terkena obesitas apabila mengkonsumsi air tajin secara berlebihan.

Cara Membuat Air Tajin

cara membuat air tajin

Membuat air tajin tidaklah sulit. Anda dapat membuatnya menggunakan beras putih maupun beras merah, tergantung selera dan kebutuhan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras. Cukup 1 kali bilas saja agar tak terlalu banyak saripati yang terbuang. Setelah itu, rebus beras hingga setengah matang. Jika sudah setengah matang, kecilkan api dan mulailah sisihkan cairan putih yang ada di bagian atas beras ke dalam botol atau gelas. Tunggu hingga dingin dan air tajinpun dapat langsung dikonsumsi.