Tabel Ukuran Ban Sepeda Anak, MTB, Road Bike, Downhill, Touring yang Cocok


Apakah Anda sedang  ingin membeli ban sepeda terbaik dan cocok ukurannya? Untuk mendapatkan ukuran ban sepeda yang sesuai dengan velg atau rims sepeda kita harus mengetahui dan lihat ukuran roda sepeda. Ada banyak jual ban sepeda baik online maupun di bengkel.  Jenis dan merknya pun bermacam-macam seperti maxxiss, deli tire, swallow, schwalbe, panaracer, bontrager, kenda, dll. Setiap merk memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tentu ban dengan harga murah beda kualitasnya dengan ban harga mahal. Berdasarkan penggunaannya ban sepeda ada jenis ban aspal dan offroad. Untuk mengetahui ukuran ban sepeda, kita bisa melihat tabel ukuran ban sepeda.

ukuran ban sepeda mtb road bike anak

Mengetahui Ukuran Ban Sepeda

Cara mengetahui ukuran ban sepeda biasanya ada pada tulisan keterangan ukuran. Tulisan ukuran ban sepeda ini biasanya tertulis di samping yang disebut ISO size. Nomor ISO ini terdiri atas dua angka yaitu ukuran diameter velg (rims) dan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter. Sebelum era globalisasi setiap negara memiliki penomoran ukuran sendiri-sendiri. Prancis misalnya menandai ukuran ban sepeda balap dengan 700C maksudnya diameter ban sepeda 700mm. Sebenarnya ada ukuran lainnya seperti ban 700A, 700B, 700C, huruf di belakangnya menunjukkan lebar ban. Ban 700C lebih kecil lebarnya dibandingkan ban 700A.

Membaca Standar Ukuran Ban Sepeda ISO

ukuran ban sepeda mtb road bike anak

ukuran ban sepeda mtb road bike anak

ukuran ban sepeda mtb road bike anak

ISO(International Standar Organization) mengadopsi ETRTO (Europead Tire and Rim Technical Organization) yang mendesain ukuran velg (rims) secara konsisten. Ukuran ban dalam ISO terdiri atas dua bagian yaitu ukuran diameter dan lebar ban. Misalnya ISO size 25-622 maksudnya lebar ban 25mm dan diameternya 622mm. Ukuran ISO ini sama dengan ukuran ban road bike (sepeda balap) 700C x 25.

Ukuran Ban Berbagai Jenis Sepeda

Ada 5 standar ukuran ban sepeda modern yang biasa digunakan pada sepeda:
Ukuran ban 26” (ISO size 559) biasa digunakan untuk ban sepeda MTB modern.
Ukuran ban 27” (ISO size 630) biasa digunakan untuk ban sepeda road bike (balap) jadul classic.
Ukuran ban 27.5” (ISO size 584) sama dengan diameter 650B biasa dipakai oleh sepeda MTB.
Ukuran ban 29” (ISO size 622) sebenarnya diameternya sama dengan diameter velg (rims) 700C, tetapi tidak cocok untuk velg (rims) 700C road bike karena terlalu lebar. Size 29’ers sangat populer untuk sepeda MTB.
Ukuran ban 650B (ISO size 584) biasa dipakai jenis sepeda randonneur dan beberapa jenis sepeda Specialized.
Ukuran ban 650C (ISO size 571) biasa untuk sepeda yang lebih kecil dari road bike dan sepeda triathlon.
Ukuran ban 700C (ISO size 622) biasa digunakan pada sepeda road bike modern.
Ukuran ban 16” (ISO size 305) biasanya dipakai pada sepeda folding bike (seli) dan sepeda anak-anak balita.
Ukuran ban 20” (ISO size 406) biasa dipakai pada sepeda folding bike dan BMX.
Ukuran ban 24” (ISO size 507) biasa dipakai pada sepeda MTB anak.
tabel ukuran ban sepeda anak mtb road bike downhill
tabel ukuran ban sepeda anak mtb road bike downhill

Lebar Ban Sepeda

ukuran lebar ban sepeda

Bagaimana memilih ukuran lebar ban sepeda? Lebar ban sepeda ada bermacam-macam sesuai medan yang dilalui oleh sepeda. Jalur sepeda offroad misalnya cocok menggunakan ban yang lebar dengan pola kembang yang tebal agar tidak licin. Sepeda jalur aspal misalnya roadbike cocok menggunakan ban lebar kecil. Kelemahan ban halus (slicky tire) pada medan aspal adalah jika hujan beresiko terpeleset dan air mudah terciprat ke jersey. Namun, keunggulan ban tipis adalah ringan dan cocok untuk ngebut/ngeloop kecepatan tinggi. Sepeda road bike memiliki lebar ban 23-25mm, sepeda city bike/ touring cocok dengan ukuran lebar ban 32-38mm. Sepeda cross-country, trail bikes, downhill cocok dengan lebar ban 2.0 – 2.4 inchi. Untuk sepeda santai rekreasi cocok menggunakan ban lebar 23 mm atau 25mm. Lebar ban sepeda 25mm sangat cocok untuk sepeda touring long distance karena lebih nyaman dan cocok untuk segala medan. Jika Anda ingin mencari ban sepeda anti bocor bisa menggunakan Schwalbe antipuncture marathon touring plus.

Semua artikel terkait SEPEDA: