Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui


Kunir putih nama lain kunyit putih atau curcuma mangga (bahasa Latin) adalah tanaman rempah dan obat herbal tradisional (jamu) yang sudah lama dikenal oleh orang Indonesia karena berbagai macam khasiat yang dikandungnya. Manfaat kunir putih ini sangatlah beragam, mulai dari kecantikan, kesehatan, kesuburan, obat maag, anti kanker bahkan hingga untuk mengobati penyakit kronis lainnya.
Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

Budidaya kunir putih sudah banyak dilakukan di Indonesia sebagai bahan baku obat herbal atau jamu tradisional. Namun ingat, berbeda dengan kunir kuning yang dapat digunakan sebagai bumbu masak, kunir putih hanya digunakan sebagai obat saja. Apa kandungan kunir putih sehingga dapat digunakan sebagai obat?

Kandungan Kunir Putih

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

Kunir putih mengandung apa? Ini adalah pertanyaan yang sering diungkapkan terkait manfaat dan khasiat kunir putih. Berdasarkan banyak penelitian, ternyata kunir putih mengandung zat yang sangat baik bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Kunir putih mengandung zat RIP (Ribozom Inacting Protein) yaitu sebuah zat anti kanker yang ampuh mencegah, merontokkan, memblokir dan juga menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel di sekitarnya.
Zat Curcumin (Anti Inflamasi) adalah suatu zat yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan.
Zat Anti Lipid Peroksida adalah suatu zat yang dapat mengobati darah tinggi, asam urat, diabetes dan jantung koroner.
Flavonoid Saponin adalah suatu zat yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunomodulator).
Selain itu kunir putih juga mengandung anti oksidan yang dapat melindungi penyusun gen.
Itulah beberapa kandungan kunir putih yang bermanfaat untuk kesehatan. Lalu apa sajakah manfaat kunir putih ini selain untuk kesehatan? Mari kita simak penjelasan singkat tentang manfaat kunir putih yang jarang orang ketahui.

Manfaat Kunir Putih

Baik di Pulau Jawa maupun di berbagai daerah di Indonesia, kunir putih sering digunakan sebagai obat herbal atau jamu tradisional yang bermanfaat untuk menurunkan demam. Cara mengatasi keracunan juga bias menggunakan kunir putih. Selain itu juga ada yang memanfaatkan kunir putih ini sebagai obat untuk mengatasi batuk darah.
Manfaat kunir putih bagi wanita yaitu dapat membantu berbagai masalah kewanitaan seperti melancarkan haid, kesuburan, dan keputihan. Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah manfaat yang lain kunir putih:

1. Melembabkan Kulit yang Kering

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

Kunir putih merupakan pelembab kulit alami karena mengandung antiseptik dan antioksidan. Kunir putih memberikan nutrisi pada kulit yang kering agar lebih lembab tanpa menggunakan pelembab. Ramuan kunir putih dengan madu sangat baik digunakan sebagai pelembab alami karena madu sangat baik mengikat air.

2. Zat Anti Radang

Manfaat kunir putih untuk kesehatan adalah sebagai zat anti inflamasi atau anti radang. Kunir putih merupakan zat antibiotik alami. Zat anti bakteri yang terkandung di dalam kunir putih ini bermanfaat mempercepat proses penyembuhan luka dan infeksi. Sehingga luka Anda akan cepat mengering dan sembuh seperti tanpa ada bekas sama sekali.

3. Penyembuh Luka Bakar dan Eksim

Kunir putih selain bermanfaat menyembuhkaan luka dan radang. Eksim dan luka bakar juga bisa diobati dengan membuat ramuan campuran kunir putih dan madu. Campuran keduanya dapat digunakan sebagai obat luar (oles) maupun obat dalam.

4. Obat Awet Muda

Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah, Kesuburan Pria yang Jarang Diketahui

Siapa sih yang tidak ingin wajahnya tetap awet muda dan anti menua? Anti aging alami tanpa bahan kimia dapat menggunakan kunir putih. Ramuan kunir putih dengan madu ternyata mengandung zat yang terbukti dapat mengurangi dan mencegah proses penuaan dini.

5. Penyegar Kulit

Ramuan kunir putih, madu dan lemon sangat baik untuk menyegarkan kulit. Cara membuat ramuan kunir putih tersebut dengan cara diminum setiap hari secara rutin. Inysa Allah, Anda akan merasakaan sendiri khasiat kunir putih setelah rutin meminumnya.

6. Mengobati Maag

Mengkonsumsi ramuan kunir putih sangat baik bagi Anda yang menderita maag atau penyakit lambung. Untuk mengurangi gejala penyakit maag, sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi minuman atau makanan yang diolah dengan menggunakan kunir putih.

7. Menambah Nafsu Makan

Sama halnya dengan temulawak, kunir putih bermanfaat meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentu sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet menambah berat badan. Selain itu, kunir putih juga tentunya berguna untuk anak yang susah makan.

8. Mencegah Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang dikhawatirkan oleh kaum wanita selain kanker serviks adalah kanker payudara. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, Anda dapat membuat ramuan kunir putih. Caranya dengan mengkombinasikan kunir putih dan keladi putih dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong. Setelah itu, rebuslah dengan air sebanyak 4 gelas. Setelah mendidih minumlah ramuan tersebut.

9. Mengobati Keputihan

Kunir putih bermanfaat untuk mengobati keputihan. Caranya dengan mengiris tipis-tipis kunir putih, kemudian merebusnya hingga mendidih. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas atau sampai hangat. Setelah itu, air rebusan tersebut digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Lakukanlah dua kali sehari pada pagi dan sore hingga keputihan benar-benar sembuh.
Ramuan kunir putih lainnya adalah dengan mencampur 10 lembar daun sirih, 1 jari temulawak dan 1 ruas kunir. Kemudian cucilah semua bahan tersebut dan potong-potong kecil. Setelah itu rebuslah denga menambahkan air sebanyak 1 liter selama kurang lebih 15 menit. Saat masih hangat, gunakan untuk mencuci organ kewanitaan Anda. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dua kali sehari.

10. Mengobati Masuk Angin

Kunir putih bermanfaat mengobati gejala masuk angina. Ramuannya adalah ambil 200 gram kunir putih, kemudian dicuci hingga bersih, kupas dan parut. Hasil parutan kunir putih tersebut diperas dan air perasannya kemudian direbus. Air rebusan inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin. Dapat pula ditambahkan madu agar manis.

11. Untuk Obat Luar

Kunir putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat luar. Caranya, parut kunir putih lalu campur dengan asam kawak atau dapat pula dicampur dengan minyak kelapa. Kemudian balurkanlah pada bagian yang sakit. Cara ini dapat digunakan untuk luka lebam, bangkak, dan juga bisul.

12. Mengobati Diare

Selain dengan oralit untuk mengatasi diare atau mencret, Anda dapat mencoba untuk mengobatinya dengan memanfaatkan kunir putih ini.

13. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kunir putih memiliki kandungan alami yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Cara membuat ramuannya sangat mudah, kunir bisa diparut halus, diperas sarinya dan diminum langsung.

14. Mengobati Kista

Kunir putih juga bermanfaat sebagai bahan ramuan untuk mengobati penyakit kista. Caranya, campurkan 10 gram kunir putih kering, temu putih, tapak liman kering, dan pegagalan kering dengan 30 gram cakar ayam segar. Rebus dengan air 1 liter hingga tersisa setengahnya kemudian dinginkan. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Cara Mengolah Kunir Putih

Cara Mengolah Kunir Putih

Selain untuk berbagai macam pengobatan luar, kegun kunir putih juga dapat dijadikan sebagai bahan minuman kesehatan yang baik dikonsumsi sehari-hari. Minuman jamu kunir putih pun rasanya sangat enak tergantung cara Anda membuatnya. Berikut adalah beberapa resep minuman kesehatan dari kunir putih:
Ramuan 1:
Campurkan 20 gram kunir putih (dipotong-potong), 10 gram sambiloto kering, 15 gram kulit delima kering dicuci, kemudian direbus sampai airnya tersisa 300 cc. Saringlah air rebusan kunir tersebut dan minum dua kali sehari secara teratur. Bisa juga menambahkan gula aren atau madu untuk pemanis jika Anda tidak suka rasanya.
Ramuan 2:
Cuci bersih 2 ruas kunir putih, 1 genggam daun beluntas, dan 1 buah asam. Potong kecil-kecil kunir, rebus dan tambahkan 1 potong gula kelapa/aren. Masak sampai mendidih dengan air sebanyak 1 liter. Kemudian setelah dingin saring dan minum 1 gelas sehari, lakukan 10 hari berturut-turut.
Ramuan 3:
Cara Mengolah Kunir Putih

Sediakan 1 ruas jari kunir putih yang sudah tua, air asam, dan gula jawa. Kunir dikupas, lalu diparut. Tuangkan air asam dan larutan gula jawa secukupnya dan aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain yang bersih. Air perasannya diminum 2 kali sehari dengan dosis 1/4 gelas sekali minum.

Sekian ulasan tentang berbagai macam manfaat dan kegunaan kunir putih yang beraneka ragam. Selain dapat dijadikan sebagai obat tradisional, kunir putih juga dapat digunakan sebagai kosmetik  kecantikan. Selain manfaat kunir putih seperti di atas sebenarnya masih banyak manfaat lainnya. Di lain kesempatan kita akan membahas tentang manfaat kunyit putih untuk kanker, khasiat kunyit putih untuk wajah, manfaat kunir putih untuk kesehatan dan kecantikan, 30 manfaat kunyit putih, cara mengolah kunyit putih, manfaat kunyit putih untuk kesuburan, efek samping kunyit putih, manfaat kunyit putih untuk pria. Semoga bahasan kali ini bermanfaat dan jangan lupa baca terus ulasan artikel kesehatan dari kami.