Manfaat Ikan Patin Bagi Ibu Hamil, Menyusui, Anak-Anak, dan Balita


Ikan Patin adalah ikan yang hidup di air tawar. Ikan Patin mirip ikan lele yang mempunyai kumis karena masih berkerabat. Nama lain ikan patin adalah ikan Pangasius nasutus (Bahasa Latin). Selain di Indonesia, Ikan ini juga berasal dari Vietnam. Perbedaan ikan patin di Indonesia denga Vietnam adalah ikan patin Vietnam warnanya lebih putih dan besar. 

Ikan patin sifatnya sangat unik karena termasuk hewan omnivora yaitu pemakan segalanya baik predator maupun tumbuhan. Ikan ini selain makan daging-dagingan, juga makan tumbuhan. Oleh sebab itu, budidaya ikan patin sangatlah mudah dan relatif murah. Cara budidaya ikan patin modern selain budidaya ikan patin di kolam tanah, ikan patin juga dapat dibudidaya di kolam terpal. Yang perlu Anda ketahui bahwa habitat asli ikan ini biasa hidup di sungai dan muara besar.  Untuk mendapatkan Ikan Patin biasanya nelayan mencari di sepanjang sungai karena ikan ini memiliki kebiasaan bersembunyi dan membuat lubang-lubang di tepi dinding sungai. Selain jenis ikan patin untuk konsumsi, ada juga ikan patin hias. Dibandingkan jenis ikan lainnya, ikan patin sangat aktif di malam hari seperti ikan Lele.
manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Hampir seluruh bagian tubuh dari kepala hingga ekor, ikan Patin dapat dimanfaatkan. Daging ikan patin dapat dibuat menjadi fillet ikan untuk Sashimi. Kepalanya juga dapat dimasak menjadi bistik yang sangat lezat dan disukai banyak orang. Selain itu, kulit ikan patin biasa diolah menjadi kerupuk yang sangat gurih. Anda dapat membuat resep masakan ikan patin sesuai selera Anda seperti ikan patin goreng, ikan patin bumbu kuning, ikan patin bakar, sup ikan patin, dan ikan patin manis pedas. Sedangkan bagian jeroan ikan patin juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat tepung pellet pakan ikan.

Manfaat Ikan, Kandungan Gizi Ikan, Khasiat, Keistimewaan Ikan Patin

Ikan patin mengandung gizi dan nutrisi yang banyak terutama proteinnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, ikan patin sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak, ibu hamil menyusui, balita . Walaupun mengandung kolesterol, tapi kadarnya rendah. Oleh sebab itu, ikan patin aman dikonsumsi oleh penderita penyakit kolesterol sekalipun. Berikut kami sajikan fakta tentang manfaat Ikan Patin untuk kesehatan:
18 Manfaat dan Khasiat Ikan Patin untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Kalori yang Membuat Tubuh Kuat dan Tidak Lemas

manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Kalori merupakan kandungan energi dalam makanan yang dibutuhkan seseorang untuk beraktivitas sehari-hari dan untuk proses metabolisme tubuhnya. Kalori berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia seperti nasi mengandung kalori sebanyak 300-an Kilokalori. Kalori selain berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, kalori juga didapatkan dari makanan yang mengandung protein, seperti ikan. Manfaat Ikan patin sebagai sumber kalori yang akan membuat tubuh menjadi kuat, tidak mudah lemas, dan senantiasa segar-bugar.

2. Sebagai Sumber Protein yang Bagus untuk Pertumbuhan dan Pembentukan Otot

manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Protein pada ikan dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan otot. Mengapa? Sebab, protein mengandung atom utama penyusun tubuh manusia yaitu asam amino. Dalam dunia kedokteran dikenal ada 2 jenis asam amino, yaitu asam amino esensial dan non-esensial. Ikan Patin mengandung asam esensial yang amat langka dan bagus seperti Omega 3 dan Omega 6. Sehingga tidak heran jika ikan Patin sangat bermanfaat untuk pembentukan dan pertumbuhan otot secara maksimal. Perkembangan otot yang baik akan membuat seseorang memiliki tubuh yang ideal.

3. Mengandung Kalsium yang Bagus Untuk Mencegah Penyakit Arthtitis

manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Arthtritis merupakan penyakit peradangan pada persendian. Penyebab penyakit arthritis karena sering mengkonsumsi makanan yang tidak baik sehingga sendi-sendinya mengalami pengapuran dan terakumulasi oleh asam lemak LDL. Penyakit ini biasa dikenal sebagai penyakit asam urat yang biasa diderita oleh orang yang lanjut usia. Ikan patin sangat baik untuk mencegah penyakit ini karena kandungan kalsiumnya.

4. Kandungan Lemak Tak Jenuhnya Mampu Mengatasi Penyakit Kolesterol

manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Kolesterol adalah penyakit jaman now karena penderitanya mayoritas orang-orang modern. Orang yang memiliki gaya hidup tidak baik terutama yang suka mengkonsumsi junkfood rentan beresiko menderita penyakit ini. Banyak makanan yang sering kita konsumsi yang sebenarnya dapat memicu penyakit kolesterol dalam darah, misalnya makanan goreng-gorengan karena mengandung lemak jenuh yang berbahaya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena karena Ikan Patin dapat mencegah penyakit kolesterol.

5. Ikan Patin Melancarkan Peredaran Darah

manfaat ikan patin kesehatan ibu hamil menyusui anak balita

Darah manusia memiliki fungsi vital dalam menjaga kesehatan manusia. Oleh sebab itu, peredaran darah harus lancar. Peredaran darah yang tidak lancar dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Pembuluh darah merupakan saluran peredaran darah bentuknya seperti terowongan. Pembuluh darah ini rentan mengalami kalsifikasi (pengapuran dindingnya) disebabkan oleh lemak dan zat bahaya lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi ikan patin dapat berkhasiat melancarkan peredaran darah.

7. Ikan Patin Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Seseorang yang menderita penyakit ini harus selalu melakukan medical checkup dan minum obat tertentu. Jika seseorang menjalani operasi pembedahan jantung untuk memperbaiki katup jantung yang rusak, ia akan seumur hidup berada dalam bayang-bayang kontrol kesehatan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ikan patin dapat mencegah penyakit ini.

8. Ikan Patin Mencegah Penyakit Periodontal

Apa penyakit periodontal? Penyakit periodantal adalah penyakit yang menyerang gigi dan gusi. Gejala penyakit ini salah satunya gigi goyang karena kerusakan jaringan penyangga gigi. Penyebab penyakit periodontal biasanya karena gingivitis sehingga berakibat gusi turun. Kekurangan kalsium dan fosfor juga dapat beresiko jaringan penyangga gigi rusak. Penyakit periodontal ini dapat berakibat fatal seperti tanggalnya gigi atau gigi ompong. Ikan patin mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

9. Membuat Kulit Jadi Halus

Ikan patin mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan kulit sehaingga kulit terlihat putih dan halus. Selain itu, vitamin D juga merangsang keluarnya hormon serotonin, yang bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang sehingga merasa senang dan tidak stres. Hati yang senang dan tidak stres bermanfaat bagi kulit menjadi halus dan bersinar.

10. Mengatasi Stres

Siapa saja dapat terkena stress. Tahukah Anda dengan mengkonsumsi ikan Patin dapat mencegah stress? Mengapa? karena ikan Patin dapat merangsang sistem saraf pusat agar tetap tenang dan santai menjalani hidup.
Bagaimana banyak bukan manfaat ikan patin untuk kesehatan? Ups, ternyata masih ada manfaat ikan patin lainnya lho. Berikut 8 khasiat dan manfaat ikan patin Lainnya:
11. Anti Kanker
12. Melejitkan Kadar Hemoglobin
13. Menurunkan Kadar Trigliserida
14. Anti Stres
15. Anti Depresi
16. Menurunkan Berat Badan
17. Mencegah Stroke
18. Membangun Imun

Jangan ragu lagi mengkonsumsi ikan patin karena ikan ini sangat baik untuk kesehatan. Namun, pastikan ikan patin yang Anda beli ikan patin yang masih segar sehingga layak dikonsumsi. Ciri-ciri ikan patin yang segar adalah warna insangnya merah. Jika Anda gatal-gatal mungkin dampak negatif ikan patin karena terkena alergi. Ayo beli ikan patin, harga ikan patin terjangkau dan murah. Dimana saja kita dapat menemukan pedagang yang jual ikan patin dari pasar tradisional sampai supermarket. Semoga artikel ini bermanfaat.