Lari vs Jalan Kaki, Sepeda, Berenang, Sepeda Statis dan Angkat Berat Manakah Paling Baik Membakar Kalori?


Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Ada berbagai cara untuk mendapatkan badan ideal dan proporsional seperti mengatur pola makan agar asupan kalori tidak berlebih. Selain itu, berbagai jenis olahraga baik kardio maupun fitness di gym juga dapat menjaga berat badan Anda ideal.  Bagi Anda yang sedang melakukan diet dan berusaha menurunkan berat badan tentu akan sangat  bingung menentukan olahraga mana yang paling efektif dan efisien membakar lemak dan kalori. Manakah yang paling banyak membakar kalori? Apakah lari, jalan kaki, berenang atau angkat berat olahraga yang paling baik?

Lari vs Jalan Kaki
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Sekilas, Anda akan berpikir bahwa berlari vs berjalan akan lebih banyak membakar kalori. Berlari memang membakar lebih banyak kalori, tetapi hanya sedikit saja. Berlari 1 mil (1,6 km) akan membakar sekitar 112 kalori, sementara berjalan satu mil (1,6 km) akan membakar total 89 kalori. Jumlah itu cukup sedikit bukan?
Namun, ada faktor lain yang perlu diperhitungkan yaitu berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga. Bagimana berlari vs berjalan. Berjalan selama satu menit akan membakar kurang dari 5 kalori. Tapi berlari selama satu menit akan membakar kalori lebih dari 11 kalori.
Jika Anda hanya punya 10 menit untuk berolahraga, lakukanlah sprint atau hiit cardio. Anda akan membakar lebih dari 110 kalori, dibandingkan dengan 47 kalori yang Anda bakar dengan berjalan selama waktu yang sama.
Berjalan memang memiliki kelebihannya. Jalan kaki sangat bagus untuk mereka yang memiliki masalah pada lutut dan punggung. Jalan kaki juga lebih banyak menggerakan bagian tubuh. Saat berlari, pelari hanya menggerakan lengan sedikit saja, sedangkan saat berjalan kaki akan cenderung menggerakkan tubuh bagian atas lebih banyak.

Lari vs Bersepeda
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Mari kita lihat berlari vs bersepeda. Sekali lagi, bersepeda memiliki kelebihan karena tumpuan lebih mudah yaitu di lutut dan kadang-kadang di punggung. Kedua latihan ini akan membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan pernapasan Anda. Selain itu, Anda akan membentuk otot-otot yang bagus di bagian kaki Anda.

Tapi bagaimana dengan kalori? Tidak peduli seberapa cepat Anda berlari, Anda akan selalu membakar 112 kalori per mil dengan berlari. Bersepeda berbeda. Hambatan angin dan kecepatan akan memengaruhi jumlah kalori yang akan Anda bakar. Seorang pengendara sepeda dengan kecepatan 10 mil per jam akan membakar total 26 kalori per mil. Kecepatan 15-mph akan membakar 31 kalori. Dan ultra-cepat 30 mil per jam akan membakar 59 kalori per jam.

Itu berarti bahwa seorang pengendara sepeda yang mengayuh sepanjang 30 mil per jam (48 km/jam) perlu melakukan perjalanan 1,9 kali jarak pelari untuk membakar jumlah kalori yang sama.

Faktor lain terhadap jumlah kalori yang dibakar anatara berlari vs bersepeda adalah bahwa pelari akan menopang berat badan mereka sendiri dan menggunakan otot-otot kaki untuk mendorong mereka maju. Sedangkan bersepeda, pengendara sepeda menggunakan alat (sepeda) untuk melakukan hal ini.

Lari vs Berenang
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Bagaimana berlari vs berenang? Manakah yang paling banyak membakar kalori? Pertama-tama, kita perlu mengetahui keunggulan berenang. Berenang adalah olahara yang luar biasa. Diantara semua olahraga, renang sangat kecil resiko cideranya. Berenang sangat bagus untuk semua orang dari profesional maupun pemula. Berenang menggerakan seluruh bagian tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Jika Anda khawatir terhadap kesehatan sendi Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda apakah berenang baik untuk olahraga Anda. Sekarang, bagaimana dengan kalori? Anda sudah tahu bahwa berlari akan membakar 11,6 kalori per menit. Berenang, secepat apapun akan membakar 550 kalori per jam.

Lari vs Angkat Beban
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Anda pernah angkat beban di tempat fitness atau gym? Banyak perdebatan berapa banyak kalori yang terbakar antara lari dengan angkat beban. Anda telah mendengarkan ratusan pendapat berbeda, jadi mana yang benar? Mari kita selesaikan perdebatan antara lari vs angkat beban.
Berlari, seperti yang Anda ketahui, membakar 700 kalori per jam. Seseorang yang memiliki berat 80 kg akan membakar hanya 281 kalori per jam sambil mengangkat beban. Sudah jelas kan berlari lebih banyak membakar kalori dibandingkan angkat beban.
Namun, keunggulan angkat beban dibandingkan lari adalah angkat beban lebih baik menambah massa otot ke tubuh Anda. Dan massa otot tanpa lemak lebih efektif membakar kalori di tubuh Anda sepanjang hari. Jadi, Anda akan membakar lebih banyak kalori setelah satu jam selesai angkat beban sehingga memiliki efek jangka panjang yang lebih cepat.
Angkat berat juga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda, sehingga angkat beban lebih baik untuk menurunkan berat badan. Namun, sebaiknya lari vs angkat beban tidak harus menjadi perdebatan. Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan lebih baik jika mengkombinasikan kegiatan tersebut.

Lari vs Sepeda Statis
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan kegiatan olahraga seperti berlari di luar ruangan. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, menyediakan alat treadmill dan sepeda statis akan sangat membantu. Namun, pernyataannya manakah yang paling banyak membakar kalori antara treadmill dan sepeda statis? Sepeda statis akan membakar kalori sekitar 3,3 kalori per menit. Sepeda statis baru akan membakar kalori setelah 5 menit berjalan. Treadmill akan terbakar lebih lebih sedikit dibanding berlari di luar ruangan yaitu kurang dari 680 kalori per jam.
 lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis

Sekarang Anda sudah tahu mana kalori yang paling banyak terbakar lari vs jalan kaki vs berenang vs angkat berat vs sepeda statis. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan dan kondisi Anda tentunya.