10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui


Kacang hijau (Vigna radiata) adalah kacang yang berwarna hijau termasuk famili legume. Kacang hijau sudah ditanam oleh manusia sejak dahulu sebagai tanaman pertanian. Kacang hijau berasal dari India kemudian menyebar ke Cina hingga Asia Tenggara. Rasanya sangat enak sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Kacang hijau biasanya dapat kita masak sebagai bubur kacang hijau dan beberapa dijadikan kecambah atau campuran masakan. Tahukah Anda, ternyata kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Berikut ini 10 manfaat makan kacang hijau.
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui

1.    Kacang Hijau Mengandung Nutrisi/Gizi yang Menyehatkan
Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral. Satu cangkir kacang hijau yang direbus (7 ons atau 202gr) mengandung:
kandungan gizi nutrisi kacang hijau

Kalori 212
Lemak 0,8gram
Protein 14,2gram
Karbohidrat 38,7 gram
Serat 15,4 gram
Folate (B9) 80% dari kebutuhan harian
Mangan 30% dari kebutuhan harian
Magnesium 24% dari kebutuhan harian
Vitamin B1 22% dari kebutuhan harian
Fosfor 20% dari kebutuhan harian
Zat besi 16% dari kebutuhan harian
Tembaga 16% dari kebutuhan harian
Potassium 15% dari kebutuhan harian
Zinc 11% dari kebutuhan harian
Vitamin B2, B3, B5, B6 dan Selenium
Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein terbaik karena mengandung asam amino esensial seperti phenylalanine, leucine, isoleucine, valine, lysine, arginine, dll. Asam amino adalah zat yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh tetapi diperoleh dari makanan. Tahukah Anda bahwa kecambah kacang hijau memiliki kandungan asam amino yang lebih banyak, memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, dan anti oksidan yang bagus.
2.    Anti Oksidan yang Sangat Baik untuk Mengatasi Penyakit Kronis
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan diantaranya asam phenolic, flavonoid, caffeic, cinnamic,dll.  Antioksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Dalam jumlah besar, radikal bebas dapat berinteraksi dengan sel sehingga dapat mengakibatkan inflamasi, penyakit jantung, kankerm dan penyakit lainnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan yang ada di kacang hijau dapat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru dan perut. Tahukah Anda bahwa kecambah lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan kacang hijau yang masih dalam bentuk biji.
3.    Kacang Hijau Mengandung Antioksidan Pencegah Serangan Jantung
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui

Di beberapa negara Asia, kacang hijau dimasak sebagai sup dan dipercaya sebagai zat anti-inflamasi. Selain itu, kacang hijau dipercaya dapat mencegah dari serangan jantung dan demam tinggi. Kacang hijau juga mengandung antioksidan vitexin dan insovitexin. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kacang hijau dapat melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas.
4.    Kacang Hijau Bermanfaat Menurunkan LDL Jahat dan Kadar Kolesterol
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui

Tahukah Anda bahwa kadar koleterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Kabar baiknya, penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol. Dari 26 penelitian menemukan bahwa makan 130 gram/hari kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol.
5.    Kacang Hijau Dapat Menurunkan Tekanan Darah
 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Menyusui

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyakit yang beresiko mengakibatkan penyakit jantung. Tahukah Anda bahwa kacang hijau dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kacang hijau banyak mengandung potassium, magnesium, dan serat.
6.    Kacang Hijau Bagus untuk Kesehatan Pencernaan

Kacang hijau mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi, dalam 1 cangkir kacang hijau mengandung 15,4 gram serat. Jenis serat yang terkandung di dalam kacang hijau adalah zat pectin yang berfungsi untuk mempercepat proses pencernaan makanan di dalam usus. Selain itu, serat pada kacang hijau sangat baik untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus sehingga meningkatkan daya imun dan mencegah kanker usus.
7.    Kacang Hijau dapat Menurunkan Kadar Gula Darah
Kadar gula darah yang tinggi dapat berbahaya pada tubuh dan dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Kacang hijau dapat menjaga kadar gula dalam tubuh karena mengandung serat tinggi dan protein yang memperlambat proses pelepasan gula dalam darah.
8.    Kacang Hijau Bermanfaat Menurunkan Berat Badan
Kacang hijau mengandung serat dan protein tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Selain itu, kacang hijau juga dapat merelease hormones yang membantu tubuh agar tetap merasa kenyang.
9.    Kacang Hijau Mengandung Folate yang Baik untuk Ibu Hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung folate. Asam folate bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ibu hamil yang kekurangan asam folate dapat beresiko terhadap kandungan. Satu cangkir kacang hijau rebus (202 gram) menyediakan 80% asam folate harian yang dibutuhkan tubuh. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi kecambah mentah karena dimungkinkan mengandung bakteri jahat.
10. Kacang Hijau Praktis dan Mudah Dimasak
Kacang Hijau memiliki rasa yang sangat lezat dan mudah dimasak. Kacang hijau biasanya dimasak sebagai sup, bubur, dan salad. Selain itu, kacang hijau dapat dijadikan campuran berbagai masakan. Bagaimana, Anda tertarik bukan untuk menjadikan kacang hijau sebagai menu diet makanan sehat Anda?