8 Jenis Minuman Bermanfaat Menurunkan Berat Badan Cepat dan Alami


Jika Anda memilik berat badan berlebih (obesitas) dan ingin mengubah pola kebiasaan hidup sehat, jenis minuman tertentu dapat memnabtu menurunkan berat badan Anda secara efektif. Minuman seperti green tea (teh hijau), kopi, dan minuman berprotein tinggi dapat bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuhm menahan rasa lapar, menimbulkan efek kenyang sehingga dapat menurunkan berat badan Anda. Berikut ini adalah 8 jenis minuman yang dapat Anda jadikan menu diet menurunkan berat badan.
1.Green Tea
teh hijau green tea diet menurunkan berat badan

Green Tea sering dihubungkan dengan kesehatan dan kebaikan. Tidak hanya bermanfaat sebagai antioksidan, green tea juga sangat efektif menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan minum green tea dapat dapat menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak. Dari 14 penelitian menunjukkan seseorang yang minum green tea selama 12 minggu rata-rata berat badan turun 0,2 s.d 3,5kg dibandingkan orang yang tidak minum green tea. Mengapa bisa begitu? Karena green tea mengandung banyak catechins, antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme. Teh Matcha adalah jenis teh hijau yang memiliki kandungan catechin tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan serang wanita yang mengkonsumsi 3gr matcha perhari pembakaran lemaknya lebih baik dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi matcha. Selain itu, grean tea juga mengandung kafein yang dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme. Bahkan, seseorang yang minum green tea dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker dan diabetes.
2.Kopi
kopi menurunkan berat badan

Kopi biasanya diminum kebanyakan orang karena dapat memperbaiki mood. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang berfungsi sebagai zat stimultan dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan dari 33 orang kelebihan badan yang minum kopi yang mengandung 6mg kafein dapat menurunkan kalori. Asupan kafein juga dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.
3. Teh Hitam
black tea teh hitam menurunkan berat badan

Teh hitam adalah jenis  teh yang memiliki aroma lebih kuat dan warna lebih pekat dibanding jenis teh lainnya. Teh hitam mengandung polifenol yaitu termasuk golongan flavonoid yang berfungsi sebagfai antioksidan yang dapat menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan pada teh hitam (black tea) dapat memecah lemak dan bermanfaat untuk bakteri baik di pencernaan.
4.Air Putih
minum air putih cukup menurunkan berat badan

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Minum air putih juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian menganjurkan Anda sebaiknya minum air putih sebelum makan. Dari 48 orang obesitas yang meminum air putih 500ml sebelum makan lebih efektif 44% menurunkan berat badan daripada orang yang tidak minum sebelum makan.
5.Cuka Apel
cuka apel diet menurunkan berat badan

Cuka apel mengandun asam asetik yang dapat menstimulasi penurunan berat badan karena  dapat menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, dan membakar lemak. Namun, Anda perlu perhatikan bahwa minuman asam dapat merusak gigi. Sebaiknya Anda berkumur dengan air putih setelah minum cuka apel agar gigi tidak rusak.
6.Minuman Jahe
minuman jahe menurunkan berat badan

Minuman jahe sangat digemari oleh masyarakat karena dapat menghangatkan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan tikus yang mengkonsumsi supplemen diet mengandung 5% jahe sekana 4 minggu sangat efektif menurunkan berat badan. Selain itu juga tingkat HDL kolesterol baik meningkat. Penelitian yang dilakukan pada 10 orang obesitas yang minum 2gr serbuk jahe hangat saat sarapan dapat memberikan efek kenyang yanglama dan menurunkan lapar.
7.Minuman Berprotein Tinggi
minuman protein tinggi menurunkan berat badan

Minuman berprotein tinggi dapat menurunkan rasa lapar dan membuat perut kenyang lebih lama. Ada banyak minuman high-protein yang dijual di pasaran. Sebuah penelitian, 90 orang obesitas yang mengkonsumsi 56gr protein selama 23 minggu dapat menurunkan berat badan 2,3kg.
8.Jus Sayuran
jus sayur menurunkan berat badan

Jika jus buah dapat meningkatkan berat badan, maka jus sayuran dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian seseorang yang mengkonsumsi 16ons jus sayuran rendah sodium sangat efektif menurunkan berat badan.
Kesimpulannya jenis minuman tertentu seperti teh hijau, kopi, dan jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme, menurunkan rasa lapar, dan memberikan efek kenyang yang lama sehingga dapat menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi dan mengandung gula.