20 Cara Efektif Cepat Menghilangkan Perut Buncit Pria dan Wanita Secara Alami


20 Cara Efektif Cepat Menghilangkan Perut Buncit Pria dan Wanita Secara Alami. Lemak perut atau perut buncit sangat tidak nyaman dan membuat baju terasa sempit. Selain itu, lemak perut juga dapat berbahaya bagi tubuh. Jenis lemak ini dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung dan penyakit lainnya. Beberapa organisasi kesehatan menggunakan BMI (Body Mass Index) untuk mengklasifikasikan berat badan dan memprediksi resiko penyakit metabolisme. Mengecilkan perut buncit (lemak perut) bisa jadi sangat sulit dilakukan. Namun, Anda tidak usah khawatir. Salah satu cara efektif untuk menghilangkan perut buncit adalah Anda harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Berikut ini adalah 20 tips cara efektif menghilangkan perut buncit berdasarkan penelitian.
cara menurunkan berat badan secara alami efektif

1.Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat
Jenis serat yang dimaksud adalah soluble fiber yang menyerap air dan bentuknya seperti jel berfungsi memperlambat proses pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa jenis serat ini membuat perut terasa kenyang sehingga menurunkan rasa lapar. Oleh sebab itu, asupan kalori dari makanan akan berkurang. Makanan yang mengandung soluble fiber antara lain oat meal, alpukat, kubis, brokoli, dll.
2.Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans
Trans fat atau lemak jahat dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Mereka ditemukan dalam beberapa margarin dan menyebar dan juga sering ditambahkan ke makanan kemasan. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin dan peningkatan lemak perut dalam penelitian observasional dan hewan (7, 8, 9).
Sebuah studi 6 tahun menemukan bahwa monyet yang mengonsumsi makanan tinggi lemak trans-lemak mendapatkan 33% lebih banyak lemak perut daripada mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal (10).
Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial.
3. Jangan Minum Alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol juga dapat membuat Anda mendapatkan lemak perut.
Studi observasional menghubungkan konsumsi alkohol berat dengan peningkatan risiko obesitas sentral - yaitu, penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang (11, 12).
4. Makan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengontrol berat badan. Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Protein juga meningkatkan laju metabolisme Anda dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan (13, 14, 15).
Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang mengonsumsi makanan rendah protein (16, 17, 18). Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik di setiap makanan, seperti daging, ikan, telur, susu, protein whey atau kacang.
5.Kurangi Tingkat Stress
Stres dapat membuat Anda mendapatkan lemak perut karena memicu kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, juga dikenal sebagai hormon stres. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut (19, 20). Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung menghasilkan lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan kortisol lebih lanjut menambah lemak di sekitar tengah (21). Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan kegiatan yang menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.
6.Jangan Makan Makanan yang Mengandung Banyak Gula
Gula mengandung fruktosa yang menyebabkan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi berlebihan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit hati berlemak (22, 23, 24).
Studi observasional menunjukkan hubungan antara asupan gula tinggi dan peningkatan lemak perut (25, 26). Sangat penting untuk menyadari bahwa gula rafinasi dapat menyebabkan lemak perut. Bahkan gula yang lebih sehat, seperti madu asli juga harus digunakan secukupnya.
7.Lakukan Olahraga Aerobic atau Cardio
Latihan aerobik (kardio) adalah cara efektif untuk menjaga kesehatan dan membakar kalori. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga kardio merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Satu studi menemukan bahwa wanita pascamenopause kehilangan lebih banyak lemak dari semua area ketika mereka melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu, dibandingkan dengan mereka yang berolahraga 150 menit per minggu (30).
8.Kurangi Makanan Berkarbohidrat Terutama Makanan Olahan
Mengurangi asupan karbohidrat dapat sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Diet dengan kurang dari 50 gram karbohidrat per hari sangat efektif menghilangkan lemak perut pada orang yang obesitas.
Anda tidak harus mengikuti diet rendah karbohidrat yang ketat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat makanan olahan dengan karbohidrat tepung yang belum diolah dapat meningkatkan kesehatan metabolik dan mengurangi lemak perut (34, 35).
Dalam Studi Jantung di Framingham, orang-orang dengan konsumsi biji-bijian 17% lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kelebihan lemak perut daripada mereka yang mengonsumsi makanan biji-bijian olahan.
9.Mengganti Minyak Goreng dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa adalah salah satu lemak sehat yang bisa Anda makan. Studi menunjukkan bahwa lemak dalam minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi jumlah lemak yang Anda simpan sebagai respons terhadap asupan kalori yang tinggi. Dalam sebuah penelitian, pria gemuk yang mengonsumsi minyak kelapa setiap hari selama 12 minggu kehilangan rata-rata 1,1 inci (2,86 cm) dari pinggang mereka tanpa secara sengaja mengubah diet atau rutinitas latihan mereka. Untuk meningkatkan kehilangan lemak perut, sebaiknya mengambil sekitar 2 sendok makan (30 ml) minyak kelapa per hari..
10.Olahraga Angkat Berat
Angkat berat atau latihan kekuatan, penting untuk menjaga dan mengingkatkan massa otot. Berdasarkan penelitian pada orang dengan pra-diabetes, diabetes tipe 2 dan penyakit hati berlemak, angkat berat juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan lemak perut (41, 42).
Bahkan, satu studi pada remaja yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa kombinasi latihan angkat berat dan latihan aerobik menyebabkan penurunan terbesar dalam lemak visceral. Jika Anda memutuskan untuk mulai mengangkat beban, ada baiknya untuk mendapatkan saran dari pelatih pribadi bersertifikat.
11.Hindari Minuman Manis
Minuman yang mengandung gula mengandung fruktosa cair, yang dapat membuat Anda mendapatkan lemak perut. Studi menunjukkan bahwa minuman bergula menyebabkan peningkatan lemak di hati. Sebuah studi menemukan peningkatan lemak perut yang signifikan pada orang yang mengonsumsi minuman tinggi fruktosa selama 10 minggu. Minuman manis tampaknya lebih buruk daripada makanan tinggi gula. Karena otak Anda tidak memproses kalori cair dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh makanan padat, Anda cenderung akan mengkonsumsi terlalu banyak kalori di kemudian hari dan menyimpannya sebagai lemak. Untuk menghilangkan lemak perut, lebih baik hindari minuman manis seperti soda, punch dan teh manis, serta pencampur alkohol yang mengandung gula.
12. Istirahat dan Tidur yang Cukup
Tidur sangat penting untuk kesehatan Anda, termasuk menjaga berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak mendapatkan cukup tidur cenderung bertambah berat badannya karena lemak perut.
Sebuah studi 16 tahun dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari lima jam per malam berat badan lebih signifikan bertambah dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam atau lebih per malam. Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea, di mana pernapasan berhenti sebentar-sebentar di malam hari, juga telah dikaitkan dengan kelebihan lemak visceral. Selain tidur tujuh jam per malam, pastikan Anda juga mendapatkan tidur yang cukup berkualitas. Jika Anda mengalami sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, hubungi dokter dan segera diobati.
13.Ukur Asupan Makanan dan Olahraga
Banyak hal yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan lemak perut. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. Sebaiknya Anda mengukur kebutuhan kalori harian Anda.
14.Makan Minyak Ikan Semnggu Sekali
Minyak ikan banyak mengandung protein berkualitas dan lemak omega-3 yang bermanfaat untuk melindungi Anda dari penyakit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa lemak omega-3 ini juga dapat membantu mengurangi lemak visceral. Studi pada orang dewasa dan anak-anak dengan penyakit hati berlemak menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat secara signifikan mengurangi lemak hati dan perut. Usahakan 2-3 porsi ikan berlemak per minggu. Ikan yang bagus antara lain salmon, herring, sarden, mackerel dan ikan teri.
15.Jangan Minum Jus Buah
Meskipun jus buah menyediakan vitamin dan mineral, tapi mengandung gula yang tinggi. Minum dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko peningkatan lemak perut. Satu porsi 8-ons (240-ml) jus apel tanpa pemanis mengandung 24 gram gula, setengahnya adalah fruktosa. Untuk membantu mengurangi kelebihan lemak perut, ganti jus buah dengan air, es teh tanpa pemanis atau air soda dengan irisan lemon atau jeruk nipis.
16.Tambahkan Cuka Apel sebagai Menu Diet
Minum cuka sari apel memiliki manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar gula darah. Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah terbukti mengurangi penyimpanan lemak perut. Dalam penelitian 12 minggu, pada pria obesitas, mereka yang mengambil 1 sendok makan (15 ml) cuka sari apel per hari kehilangan setengah inci (1,4 cm) lemak perut dari pinggang mereka. Mengkonsumsi 1-2 sendok makan (15–30 ml) cuka sari apel per hari adalah aman bagi kebanyakan orang dan dapat menghilangkan lemak perut. Namun, sebaiknya melarutkannya dengan air, karena cuka murni dapat mengikis email gigi Anda.
17.Makan Suplemen atau Makanan yang Mengandung Probiotik
Probiotik adalah bakteri yang ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan usus yang bermanfaat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Para peneliti telah menemukan bahwa berbagai jenis bakteri berperan dalam menjaga berat badan dan dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut.
18.Lakukan Puasa Intemittent
Puasa intermiten menjadi sangat populer untuk menurunkan berat badan. Ini adalah pola makan yang berjeda di antara periode makan dan periode berpuasa. Satu metode populeradalah puasa 24 jam dalam satu atau dua kali seminggu. Metode lainnya adalah puasa setiap hari selama 16 jam dan makan semua makanan Anda dalam jeda waktu 8 jam. Dalam ulasan studi tentang puasa intermiten dan puasa bergantian, orang mengalami penurunan 4-7% lemak perut dalam waktu 6-24 minggu.
19.Minum Green Tea
Teh hijau adalah minuman yang sangat sehat. Green tea mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG), keduanya bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. EGCG adalah katekin, yang menurut beberapa penelitian efektif untuk menghilangkan lemak perut. Efeknya dapat diperkuat dengan konsumsi teh hijau dikombinasikan dengan olahraga.
20.Kombinasikan Tips Diatas
Hanya melakukan salah satu item di daftar tips ini tidak akan memiliki efek besar. Jika Anda menginginkan hasil yang baik, Anda perlu menggabungkan berbagai metode yang terbukti efektif. Yang paling penting adalah pola makan sehat dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, mengubah gaya hidup Anda untuk jangka panjang adalah kunci untuk menghilangkan lemak perut dan menjaganya agar tetap stabil. Ketika Anda memiliki kebiasaan sehat dan makan makanan sehat (real foods), berat badan turun merupakan bonus.

Itulah tips 20 Cara Efektif Cepat Menghilangkan Perut Buncit Pria dan Wanita Secara Alami