Prelo: Aplikasi Jual Barang Bekas Berkualitas

Preloved adalah sebuah kosakata bahasa Inggris yang berarti barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan atau istilanya lainnya adalah secondhand. Preloved merupakan istilah yang lebih halus daripada kata barang second, apalagi barang bekas. 

Bagi orang-orang pada umumnya, standar barang preloved berbeda-beda. Ada yang menganggap bahwa barang preloved adalah barang yang masih layak digunakan, kondisinya tidak harus bersih. Ada juga yang beranggapan bahwa barang preloved itu harus yang bermerk. Padahal, definisi preloved itu sendiri sangatlah luas dan barang yang dimaksud tidak harus barang yang bermerk. Semakin berkembangnya tren online shopping, bisnis menjual barang preloved menjadi semakin booming dan berkembang. Orang-orang lebih memilih menjual barang-barang bekasnya melalui media online, karena bisa menjangkau pasar di seluruh Indonesia. Hal ini karena didukung dengan akses terhadap media sosial dan smartphone yang mudah dan cepat. Terlebih lagi industri e-commere di Indonesia diproyeksikan akan menjadi terbesar di Asia Tenggara dengan prediksi nilai mencapai Rp 1.7320 triliun (130 miliar dollar AS) pada tahun 2020. Untuk mencapai angka tersebut, industri e-commerce di tanah air terlebih dahulu perlu mendapatkan kepercayaan konsumen dan meyakinkan mereka bahwa belanja online merupakan kegiatan yang aman, praktis, dan bebas dari barang bajakan. 


KETAKUTAN SAYA MEMBELI BARANG BEKAS SECARA ONLINE

Saya termasuk orang yang tidak berani membeli barang second secara online di media sosial, kecuali memang kenal dekat dengan penjualnya. Pasalnya ada beberapa teman yang pernah kecewa saat membeli barang second karena kondisi barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi. Sehingga, teman yang berpengalaman pun menyarankan untuk COD jika ingin membeli barang second agar bisa mengecek kualitas barang apa benar sesuai dengan deskripsi. Mungkin tidak hanya saya yang merasa ketakuan dibohongi oleh penjual saat akan membeli barang second secara online.

Meski saya takut belanja barang preloved secara online, saya memiliki keinginan untuk menjual barang preloved secara online agar barang yang sudah tidak terpakai bisa diadopsi dan bermanfaat untuk orang lain. Karena alasan ketakutan saya untuk membeli barang second secara online yang mungkin juga dirasakan oleh orang lain, akhirnya saya pun memilah-milah marketplace yang cocok sebagai tempat saya berjualan baju preloved serta buku second agar calon customer saya merasa aman dan ada jaminan saat ingin membeli barang-barang second yang saya jual. Masalah saya pun kini terpecahkan saat saya mengtahui sebuah aplikasi yang bernama Prelo. Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, sehingga saya bisa bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman.


HANYA BARANG BEKAS ASLI YANG DIJUAL DI PRELO, NO KW

Prelo merupakan marketplace online untuk barang preloved (bekas) yang berkualitas dan asli alias ‘no KW’ di Indonesia. Prelo sendiri diambil dari kata preloved, karena Prelo merupakan layanan e-niaga yang melayani jual beli barang bekas. Perusahaan ini menyediakan lingkungan belanja online yang aman, tempat konsumen bisa membeli barang bekas yang autentik dengan tenang. Prelo melawan pembajakan dengan mengkurasi semua barang yang dijual melalui platform. Prelo memiliki tim internal dan algoritma khusus yang mampu mengidentifikasi produk yang mencurigakan dengan membandingkannya dengan produk lain berdasarkan deskripsi, merk, model, dan berbagai atribut lainnya. Prelo juga aktif dalam berbagai komunitas produk, agar setiap anggota semakin jeli menyaring produk yang asli dari barang palsu.

Saat ini pun Prelo telah memiliki puluhan ribu pengguna aktif setiap bulannya dan memiliki 200.000 produk yang tersedia dalam platform. Prelo menyediakan berbagai macam produk untuk pecinta barang-barang second berkualitas. Produk-produk tersebut terbagi dalam 9 kategori, antara lain :
FASHION WANITA
Beragam produk fashion wanita preloved mulai dari pakaian, sepatu, sandal, tas, dompet, dan aksesoris wanita dengan brand mulai dari kelas low end hingga high end.

FASHION PRIA
Produk fashion pria preloved mulai dari pakaian, sepatu, sandal, tas, dompet, dan aksesoris wanita dengan brand mulai dari kelas low end hingga  high end bisa ditemukan di prelo.
BEAUTY
Bagi yang ingin tampil cantik, prelo menawarkan berbagai macam produk perawatan tubuh, wajah, dan perwatan kecantikan dari berbagai merk ternama yang pastinya original.

BOOK
Baragam buku preloved dari berbagai genre tersedia di prelo, mulai dari fiksi, non fiksi, komik, akademis, majalah, buku anak, dan lainnya.

GADGET
Koleksi gadget di Prelo terdiri dari ponsel, laptop, tablet, aksesoris gadget, dan lainnya.



HOBBY
Bagi yang memiliki hobi olahraga, fotografi, games, otomotif, dan lainnya, di Prelo tersedia juga berbagai barang terkait hobi tersebut bagi para penggunanya.

ANTIQUE
Ragam koleksi bernilai seni atau barang-barang langka juga bisa ditemukan di Prelo, seperti batu giok, pajangan keramik, dan lainnya.



BABY and KID
Ragam produk dan kebutuhan si buah hati tersedia lengkap di Prelo, mulai dari baju bayi, baju anak, peralatan bayi, dan lain sebagainya.


HOME and LIVING
Di online shopping Prelo, beragam kebutuhan rumah dan elektronik tersedia dengan berbagai pilihan menarik.



KENAPA SAYA MEMILIH PRELO?

Prelo merupakan perusahaan start up asal Bandung yang didukung oleh Rebright Partners. Sejak peluncurannya pada bulan November 2015, Plero telah memfasilitasi transaksi senilai lebih dari 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp13 miliar. Prelo memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW. 

Pertanyaanya kenapa saya dan puluhan ribu orang di Indonesia menyukai belanja barang bekas online melalui Prelo? Banyak alasan kenapa saya dan puluhan ribu orang lainnya memilih Prelo. Ini alasannya:
Autensitas
Prelo menghargai dan melindungi hak kekayaan intelektual. Oleh karena itu, Prelo menjamin barang bekas yang dijual di Prelo adalah barang autentik. Tim internal dan algoritma khusus dari Prelo mampu mengidentifikasi produk yang mencurigakan dengan membandingkannya dengan produk lain dalam domain publik berdasarkan deskripsi, merk, model, dan berbagai atribut lainnya.

 
Aman
Prelo menjamin keamanan transaksi bagi penggunanya. Prelo akan mengembalikan uang pembeli 100% jika barang yang diterima tidak original dan tidak sesuai degan deskripsi. Selain itu, Prelo pun menggunakan rekening bersama, sehingga Prelo akan meneruskan pembayaran ke penjual setelah pembeli menerima barang.

Layanan Cepat
Performa aplikasi Prelo sangat mudah dan cepat sehingga memanjakan penggunanya dalam berjualan maupun mencari barang bekas berkualitas. Selain itu, ada notifikasi via email apabila ada yang tertarik dengan barang yang kita jual.

Sosial
Prelo memiliki fitur chat dan tawar, sehingga pembeli dan penjual bisa berinteraksi dan juga bisa melakukan penawaran.

Green Money
Model bisnis Prelo menjunjung ekonomi hijau karena Prelo memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk menemukan orang yang akan mengadopsi barang prelovednya. Sehingga barang bekas tersebut tidak menjadi sampah, tetap menjadi barang yang bermanfaat bagi orang lain. Bersama Prelo, kamu turut serta melakukan kampanye 3R (Reduce, Reuse, Recycle) demi mengurangi kerusakan bumi.



Badge and Achievement
Prelo memberikan tanda dan reward berupa poin bagi pengguna Prelo yang melaporkan barang bermasalah (seperti ada kemungkina barang tidak autentik), bagi seller yang tidak pernah meng-upload barang KW, bagi 10 besar seller yang menjual barang terbanyak setiap bulannya, dan pengguna yang aktif di Prelo. Poin tersebut dapat digunakan untuk meng-up barang secara gratis. Sehingga barang jualan bisa terus bearada di posisi atas.


Editor's Pick
Dengan adanya edoitor's pick, daftar barang terbaik akan muncul di halaman utama Prelo, sehingga mempermudah pengguna yang ingin mencari barang dan sekaligus menguntungkan bagi seller yang barangnya bisa berada dalam jajaran editor's pick.

SISTEM PEMBAYARAN ESCROW SYSTEM



Sistem pembayaran ini memberikan jaminan rasa aman baik bagi buyer maupun seller.

  1. Buyer melakukan transaksi di Prelo.
  2. Prelo akan memberikan notifikasi kepada seller atas transaksi yang terjadi.
  3. Setelah ada pemberitahuan dari Prelo penjual mengirimkan barang kepada buyer.
  4. Setelah menerima barang, buyer melakukan konfirmasi.
  5. Setelah menerima konfirmasi, Prelo melakukan pencaiaran dana kepada seller.


Cara Belanja di Prelo

Melakukan transaksi atau belanja di Prelo sangatlah mudah. Secara garis besar hanya melalui 4 (empat) tahap, yaitu LOGIN/DAFTAR, PILIH PRODUK (BELANJA), PILIH METODE PEMBAYARAN, VERIFIKASI PEMBAYARAN. Jika diilustrasikan seperti ini:

DAFTAR DAN LOGIN

1. Daftar
Klik "Register" pada halaman prelo.co.id. Kita juga bisa mendaftar menggunakan facebook

2. Login
Ada dua cara untuk login, yaitu menggunakan email dan facebook.

BELANJA

1. Cari Produk
Cari produk yang kita inginkan di Prelo yang tersusun dalam 9 kategori.

2. Klik BELI SEKARANG"
Klik beli sekarang jika ingin langsung membeli. Jika ingin bertanya dengan seller, bisa klik "CHAT".

3. Periksa alamat dan total bayar
Periksa kembali alamat btujuan dan total bayar. Jika memiliki kode voucher, bisa dimasukkan pada tahap ini. Selain itu, pilih metode pembayaran yang diinginkan, bisa dengan transfer bank, kartu kredit, atau pun melalui Indomaret. Selain itu, kita juga bisa memilih ekpedisi yang diinginkan jika seller memberikan  beberapa opsi ekspedisi.


4. Verifikasi Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran melalui motode pembayaran yag dipilih, tim Prelo akan melakukan verifikasi pembayaran.

Asiknya Menggunakan Aplikasi Prelo

Aplikasi Prelo memiliki kinerja yang sangat baik. Hal ini bisa dilihat pada rating yang didapat aplikasi Plero di play store yaitu sebesar 4,3 dengan jumlah ratusan ribu yang telah mendownload Prelo. Ini dia tampilan Prelo untuk mobile version.

Tampilan layar home pada aplikasi Prelo

Fitur chatting pada aplikasi Prelo

Masukkan kode referral "prelovedbyevil5OS8k" untuk mendapatkan bonus referral


Kampanye 3R bersama Prelo

Bersama Prelo kamu bisa membuat online shop second yang setiap harinya dapat dilihat oleh ribuan pembeli. Tumpukan barang preloved pun dapat disulap kembali menjadi uang. Mungkin di luar sana banyak orang yang ingin memiliki barang second milik kamu. Sayang jika kalau barang-barang sudah tidak terpakai tersebut menjadi rusak seiring berjalannya waktu. Bukan hanya itu, bersama Prelo kamu juga bisa membeli barang-barang branded berkualitas yang dipatok dengan harga murah, karena dijual bekas. Bukan hanya kamu yang senang ketika menjual dan membeli barang bekas, tapi bumi juga senang, karena kamu turut serta melakukan kampanye 3R (Reduce, Reuse, Recycle) demi mengurangi kerusakan bumi. Masih ragu untuk bergabung dengan Prelo?



Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: