Prive Uri Cran, Cara Mengatasi Anyang-Anyangan dengan Ekstrak Cranberry


Anyang-anyangan adalah gejala saat buang air kecil terasa sakit dan hanya keluar sedikit, serta diiringi dengan rasa ingin buang air kecil terus menerus. Mungkin hampir setiap orang pernah mengalaminya dan bahkan ada yang mengalaminya berulang kali. Saya ingin menyampaikan beberapa informasi. Apa yang teman-teman pikirkan setelah membaca informasi di bawah ini:
  1. Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. 
  2. Wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan.
  3. Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. 
  4. Kebanyakan wanita juga berisiko mengidap anyang-anyangan berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.
  5. Pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.
  6. Berdasarkan uji klinis, jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Kesimpulannya : Anyang-anyangan tidak boleh disepelekan dan anyang-anyangan dapat dicegah! 

Membahas anyang-anyangan, sangat erat kaitannya dengan kesehatan organ intim. Saluran kemih pada wanita yang terletak dengan anus menjadikan wanita lebih rentan terkena anyang-anyang dibandingkan pria. Terlebih lagi jika membilas dengan cara yang salah, yaitu dari belakang ke depan. Hal tersebut mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian bisa menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal.

Selain sakit buang air kecil, terkena anyang-anyangan pun membuat rasa tidak nyaman saat beraktifitas. Saya beberapa kali sempat mengalami yang namanya anyang-anyangan. Ketika anyang-anyangan menyerang, cara mengatasi anyang-anyangan versi saya adalah dengan memperbanyak minum. Jika terasa nyeri pada perut bagian bawah, biasanya saya tempelkan botol berisi air hangat pada perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri. Setelah itu saya berusaha untuk tidur dan berharap setelah bangun dari tidur, anyang-anyangan sudah menghilang. Beberapa kali berhasil, tapi terkadang anyang-anyang belum juga menghilang ketika bangun dari tidur.

Jika anyang-anyangan terjadi pada saat jam kerja di kantor, konsentrasi kerja menjadi buyar. Yang bisa saya lakukan adalah dengan banyak minum air putih. Tetapi hal tersebut tidak serta merta mampu menghilangkan anyang-anyangan dengan segera. Saya pun terpaksa harus menderita menahan anyang-anyangan sambil bekerja. Ternyata untuk mengatasi anyang-anyangan tidak cukup hanya minum air putih.

Saat saya memasuki kehamilan yang pertama, tidak sengaja saya membaca informasi kalau anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan apabila ISK terjadi pada ibu hamil maka bisa membahayakan janin. Sejak saat itu, saya pun mencari informasi penyebab anyang-anyangan dan ISK agar tidak terjadi sepanjang masa kehamilan saya.

PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN (INFEKSI SALURAN KEMIH)

1. Bakteri E.coli
Sekitar 80-85% dari kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.coli yang masuk ke dalam saluran kemih. 

2. Kurangnya menjaga kebersihan organ intim
Anyang-anyangan sering timbul karena kelalaian menjaga kebersihan organ intim. Terutama pada wanita, sering kali bakteri pada anus dan vagina wanita akan mengontaminasi saluran kemih, sehingga mudah terjadi infeksi saluran kemih.

3. Dehidrasi

Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka produksi urin yang dihasilkan sedikit. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah seperti itu, anyang-anyangan pun bisa menyerang.
4. Kehamilan

Penyebab anyang-anyangan pada ibu hamil adalah kandungan yang menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus. Jika ibu hamil malas berkemih dan sering menahan untuk berkemih, maka peluang terkena anyang-anyangan menjadi semakin besar.
5. Toilet yang kotor
Toilet yang kotor, terutama toilet duduk, dan juga air toilet yang tidak bersih bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terinfeksi bakteri E.Coli.

Karena saya pernah mengalami anyang-anyangan berulang, saya pun mencari tahu bagimana cara pencegahannya agar anyang-anyangan tidak datang kembali. Berikut cara mengatasi anyang-anyangan agar tidak datang kembali :
  1. Hindari minuman yang berisiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih, seperti minuman keras/alkohol dan minuman berkafein.
  2. Konsumsi cukup air mineral untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urin.
  3. Menjaga kebersihan organ intim salah satunya dengan memastikan bahwa air yang digunakan untuk membersihkan organ intim adalah air bersih. Jika di toilet umum, gunakan air yang keluar dari keran, bukan air yang tertampung pada bak atau ember.
  4. Membilas dengan benar setelah buang air kecil atau besar, yaitu basuh dari depan ke belakang agar kuman dan bakteri tidak masuk ke dalam saluran kemih.
  5. Jangan menahan buang air kecil karena menahan buang air kecil bisa membuat bakteri E.Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni semakin banyak.
  6. Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat karena celana dalam yang ketat bisa meningkatkan peluang bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  7. Rajin mengkonsumsi buah/ekstrak buah cranberry yang kaya akan Proanthocyanidins untuk mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih.

CRANBERRY, SI MUNGIL YANG KAYA MANFAAT

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang berwarna warna merah tua dan konon sudah diketahui memiliki banyak khasiat sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno. Berdasarkan penelitian, cranberry mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, cranberry juga kaya akan serat, mineral, senyawa flavonoid, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah kanker. Antioksidan lain yang terkandung dalam cranberry dan juga bermanfaat dalam pencegahan infeksi saluran kemih adalah Proanthocyanidins. Manfaat buah cranberry yang perlu diketahui :
  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih : Tingginya kadar Proanthocyanidins yang terdapat pada cranberry, menurut American Journal of Obstetrics and Gynecology, membuat cranberry dapat mencegah perlengketan bakteri E-Colli pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama urin. Selain itu, Proanthocyanidins juga memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.
  2. Mencegah Kanker : Tidak hanya mengatasi ISK, kandungan fitonutrien dalam buah cranberry juga dapat dimanfaatkan sebagai anti-kanker. Hal ini diperkuat pernyataan Dr. Manoj K, Ahuja dari Sukdha Hospital, bahwa telah ada penelitian yang menunjukkan manfaat cranberry untuk memperlambat perkembangan tumor, terutama pada organ prostat, hati, payudara, ovarium dan usus besar.
  3. Menurunkan Berat Badan : Buah cranberry memiliki efek pengemulsi lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, selain berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat. Kandungan serat yang cukup tinggi juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah tergoda untuk mengudap jajanan tinggi kalori dan gula.

NAMUN, MENCARI CRANBERRY TIDAKLAH SEMUDAH ITU


1. Cranberry sulit dicari dipasaran.
2. Rasa agak pahit dan asam.
3. Tidak praktis karena harus di jus terlebih dahulu.
4. Harga buah cranberry cukup mahal.



KESIMPULAN

Anyang-anyangan merupakan gejala dari infeksi saluran kemih yang bisa dicegah, namun tidak boleh disepelekan karena bisa membahayakan jika tidak segera diatasi. Selain menjaga kebersihan organ intim dan memperbanyak minum, mengonsumsi buah cranberry juga diperlukan untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan berulang. . Say good bye to anyang-anyangan.






Sumber : http://uricran.co.id/

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: