Inilah 11 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur dan Pagi Hari

Siapa yang tidak suka dengan pisang? Salah satu buah yang paling bermanfaat bagi tubuh dan mudah tumbuh hampir di seluruh Indonesia.  Tahukah Anda bahwa pisang mengandung nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan dapat dijadikan menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.  Makan buah pisang sangat baik pria maupun wanita apalagi bagi wanita hamil. Selain kandungan gizinya yang tinggi, pisang dapat dijadikan makanan olahan yang bervariasi seperti keripik pisang, kue cake, kue bolu pisang, dll. Ingin tahu apa saja kandungan dan manfaat pisang? Simak 11 manfaat makan pisang bagi kesehatan tubuh dari hasil penelitian berikut ini.
manfaat makan pisang sebelum tidur dan pagi hari
image by https://i.ytimg.com/vi/EhZIQ7xc6vY/maxresdefault.jpg

1.Pisang Mengandung Banyak Kandungan Nutrisi dan Gizi yang Penting Bagi Tubuh
Pisang adalah salah satu buah paling banyak manfaatnya. Daun pisang bermanfaat dapat dijadikan bungkus makanan seperti lontong. Pohon pisang bermanfaat dapat dijadikan menu masakan.  Ada berbagai jenis pisang yang tumbuh di Indonesia seperti pisang ambon, pisang kepok, pisang raja, pisang batu, pisang cavendish, pisang emas, dll. Tahukah Anda apa yang terkandung pada buah pisang? Buah pisang selain mengandung banyak serat juga sangat baik sebagai antioksidan.  Dalam 118 gram buah pisang mengandung :
  • Potassium 9%
  • Vitamin B6 33%
  • Vitamin C 11%
  • Magnesium 8%
  • Tembaga 10%
  • Mangan 14%
  • Carbohidrat 24 gram
  • Serat 3,1 gram
  • Protein 1,3 gram
  • Lemak 0,4 gram

Makan satu buah pisang mengandung 105 kalori. Pisang banyak mengadnung air dan karbohidrat. Selain itu, pisang mengandung protein dan lemak tetapi dalam kandungan sangat rendah. Pada buah pisang mentah mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk tepung. Jika pisang matang kandungan tepung tersebut berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa).
2.Pisang Mengandung Nutrisi yang Meningkatkan Kadar Gula dalam Darah Secara Normal
Pisang mengandung banyak serat yang disebut pectin. Kandungan pectin dan tepung pisang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, pisang matang sangat baik saat berolaharga sepeda karena dapat mengembalikan tenaga.
3. Pisang Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat pada pisang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pectin bermanfaat untuk mencegah kanker usus.
4. Pisang Bermanfaat Menurunkan Berat Badan
Walaupun belum ada penelitian tentang efek mengkonsumi pisang terhadap penurunan berat badan, kandungan nutrisi pada pisang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana serat pada buah-buahan yang lainnya, serat buah pisang bermanfaat menurunkan berat badan. Selain itu, makan buah pisang dapat mengurangi rasa lapar sehingga keinginan untuk ngemil juga berkurang.
5.Pisang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
Potassium adalah salah satu mineral esensial yang bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat mengontrol  tekanan darah. Walaupun sangat penting, kebanyakan orang tidak menyadari betapa bermanfaatnya potassium. Potassium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seseorang yang tercukupi kebutuhan potassiumnya akan lebih terjaga dari serangan jantung.
6.Pisang Mengandung Anti Oksidan yang Sangat Baik
Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber antioksidan tidak terkecuali pisang. Antioksidan pada pisang mengandung dopamine dan catechin. Makan buah pisang bermanfaat untuk mencegah serangan jantung. Dopamin pada buah pisang dapat menurunkan bad mood.
7.Pisang Dapat Menghilangkan Rasa Lapar
Kandungan tepung pada pisang mentah dapat mengenyangkan. Oleh sebab itu, jangan ragu makan pisang sebagai makanan penahan rasa lapar.
8.Pisang Mentah Meningkatkan Kadar Insulin
Gangguan pada insulin merupakan penyebab penyakit diabetes mellitus. Kandungan tepung pada pisang mentah dapat meningkatkan kadar insulin.
9.Pisang Bermanfaat untuk Kesehatan Ginjal
Potassium selain bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah juga berguna untuk kesehatan fungsi ginjal. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 2-3 buah pisang dalam seminggu lebih kecil resikonya terkena penyakit ginjal.
10.Pisang Merupakan Makanan yang Baik Saat Berolahraga
Banyak atlit/olahragawan yang mengkonsumsi pisang sebagai salah satu makanan favoritnya karena pisang banyak mengandung mineral dan mudah untuk dicerna. Mengkonsumsi pisang dapat mencegah cidera yang diakibatkan oleh kram otot saat berolahraga. Selain itu, kalori pada pisang dapat mengembalikan energi dalam tubuh.
11.Pisang Sangat Baik untuk Diet
Pisang dapat mudah ditemukan hampir di semua tempat baik dalam bentuk buah maupun dalam bentuk makanan olahan. Pisang merupakan buah yang bebas dari pestisida karena kulitnya yang tebal. Oleh sebab itu, pisang dapat dijadikan menu makanan diet sehat Anda. Anda dapat menentukan waktu yang baik makan pisang sebelum tidur maupun pagi hari(sebelum sarapan).

Diterjemahkan dari https://authoritynutrition.com/11-proven-benefits-of-bananas/

Subscribe to receive free email updates: