Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi dan Tips Perawatannya

Kapan gigi bayi tumbuh? Gigi pada bayi akan tumbuh dengan waktu yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya pertumbuhan gigi bayi mulai usia antara 4 bulan hingga 6 bulan. Namun, bunda jangan khawatir jika pertumbuhan gigi bayinya terlambat karena terkadang pula ada yang lebih dari itu bahkan kurang. Prediksi pertumbuhan gigi bayi tidak dapat ditebak oleh siapa pun. Meski demikian, ada beberapa tanda-tanda yang dapat menunjukkan kapan gigi bayi mulai tumbuh. Jenis dan juga tingkat dari pertanda bahwa gigi bayi akan tumbuh cukup beragam pada bayi satu dengan bayi lainnya. Bagi beberapa bayi, pertumbuhan gigi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang teramat sehingga ia akan banyak menangis karena pertumbuhan gigi tersebut. Sedangkan bayi yang lain mungkin saja akan melewati masa pertumbuhan gigi dengan cukup cepat, bahkan tanpa adanya terlalu banyak keluhan dan kendala.
tanda pertumbuhan gigi bayi dan perawatan gigi bayi
image by https://etp-blog.s3.amazonaws.com

Tanda dan Gejala Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Berikut ini adalah 10 tanda atau gejala akan dimulainya pertumbuhan gigi pada bayi. Namun, tanda-tanda ini bukan berarti semua bayi akan mengalaminya. Seperti disebutkan di atas, kadang ada bayi yang mengalami beberapa tanda di bawah ini, ada juga yang sebagian kecil atau bahkan tidak mengalami tanda-tanda sama sekali
Bayi mengeluaran air liur. Ayah dan Bunda perlu tahu bahwa pertumbuhan gigi pada bayi dapat merangsang pengeluaran air liur. Pada umumnya peristiwa ini terjadi pada bayi yang berusia 10 minggu hingga 3 atau 4 bulan.
Ruam pada dagu atau wajah.  Bayi yang sedang mengalami masa pertumbuhan gigi, air liur yang banyak dikeluarkan terkadang akan menyebabkan ruam pada dagu dan wajah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membersihkan liur pada wajah bayi dengan tisu ata kain.
Batuk. Bayi sering tersedak atau batuk tetapi berbeda dengan gejala batuk flu. Hal ini diakibatkan air liur yang banyak pada mulut bayi menganggu tenggorokannya.  
Bayi Sering Menggigit. Gigi bayi yang akan tumbuh menyebabkan gusi terasa gatal atau tidak nyaman sehingga terkadang bayi suka menggigit.
Rasa sakit. Terkadang pada beberapa bayi akan merasakan sakit karena gusi terjadi peradangan. Namun, rasa sakit ini tidak akan lama setelah proses peradangan gusi sembuh.
Rewel. Rasa sakit yang ditimbulkan karena proses pertumbuhan gigi pada bayi akan menyebabkan bayi sering rewel.
Menolak untuk makan. Ketidaknyamaan pada mulut bayi saat proses pertumbuhan giginya terkadang juga dapat mengakibatkan bayi menolak untuk makan atau minum ASI.
Demam rendah. Peradangan pada gusi juga terkadang akan menyebabkan demam rendah pada bayi.
Lemah. Pertumbuhan gigi terkadang menyebabkan bayi susah tidur pada siang atau malam hari. Anda dapat menenangkannya agar si buah hati Anda dapat tidur nyenyak.
Tarikan telinga; gosokan pipi. Ketidaknyamanan saat proses pertumbuhan gigi pada bayi terkadang akan membuat bayi kesal sehingga ia sering menarik-narik telinga atau menggosok-gosokan pipinya.

Tips Perawatan Gigi Bayi

Saat gigi bayi mulai tumbuh ada beberapa mainan untuk mengatasi ketidaknyamanannya. Salah satu mainan yang cocok untuk merangsang tumbuh gigi bayi adalah Teether. Mainan ini Terbuat dari plastic atau karet dengan aneka bentuk, yang di dalamnya terdapat air. Biasanya mainan ini berbentuk tipis, sehingga mempermudah bayi ketika memegang, memasukkannya dalam mulut, serta menggigitnya.
Ketika akan tumbuh gigi, biasanya gusi bayi membengkak. Hal ini menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Bahkan, terkadang bayi akan mengalami demam. Namun jngan khawatir, berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika gigi pertama bayi Anda muncul:
  • Berikan benda yang dingin, seperti teething ring.
  • Sedia obat-obatan seperti asetaminofen (paracetamol) untuk jaga-jaga jika seandainya anak mengalami panas tinggi.
  • Bersihkan tangan Anda kemudian pijatlah gusi yang memerah karena akan tumbuh gigi.
Kalkulator Kehamilan masa subur berat badan ideal


Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: