Panduan Memilih Laptop yang Bagus Sesuai Kebutuhan dan Harga Terjangkau

Sekarang memang banyak model laptop yang keluar dengan versi terbaru. Jika Anda pergi ke pameran komputer akan sangat banyak variasi dan jenis laptop dengan berbagai harga dari termurah hingga termahal. Terkadang akan membuat Anda bingung untuk membelinya. Salah satu pertimbangan untuk membeli laptop terbaik adalah sesuaikan dengan rencana kebutuhan Anda. Ketika Anda telah menentukan kebutuhan Anda sebelum membeli Anda akan mudah untuk memutuskan laptop mana yang akan Anda beli. Inilah 5 pertimbangan untuk membeli laptop terbaik.
panduan membeli laptop sesuai kebutuhan
image by http://www.asus.com

Ukuran Laptop

Dalam dunia komputer, ukuran merupakan salah satu hal yang penting. Ukuran sebuah laptop sangat berpengaruh terhadap portabilitas dan ukuran layar monitor. Jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi dan hanya menggunakan laptop tidak berlama-lama sebaiknya belilah laptop dengan ukuran yang ringan. Namun, jika Anda sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama misalkan untuk desain grafis sebaiknya belilah laptop dengan ukuran display LCD yang lebar.

Hardrive Laptop

Berbicara tentang ukuran laptop, bagaimana dengan kapasitas hard drive? Salah satu cara untuk dapat menentukan kapasitas hard drive adalah dengan bertanya apakah ini menjadi komputer utama atau hanya komputer subtitusi saja? Selain itu, apakah Anda juga sering menyimpan file dengan kapasitas besar seperti musik atau video di komputer Anda. Jika ya, maka sebaiknya Anda membeli laptop dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Memory RAM

Salah satu pertimbangan membeli laptop atau komputer adalah RAM-nya. Jika Anda hanya menggunakan laptop hanya untuk pekerjaan ringan misalkan menulis dokumen, membuat presentasi, atau pengolahan data spreadsheet, komputer dengan RAM kapasitas kecil bisa Anda gunakan. Namun jika Anda ingin menggunakan laptop untuk desain grafis, bermain game, atau edit video sebaiknya Anda membeli laptop atau komputer dengan kapasitas RAM besar.

Network Connections

Di era sekarang ini komputer atau laptop dilengkapi dengan network connector untuk dapat terhubung dengan internet maupun jaringan LAN komputer lainnya. Telitilah saat membeli pastikan port penghubung networknya berfungsi dengan baik.

Harga Laptop


Jika Anda akan membeli laptop salah satu pertimbangan paling penting adalah berapa uang yang Anda habiskan untuk membeli harga sebuah laptop. Dahulu harga laptop sangat mahal dan tidak ada variasi harga. Namun, sekarang Anda dapat memilih laptop dengan berbagai variasi harga dari yang termurah hingga termahal sesuai dengan kebutuhan Anda. Harga laptop juga dapat turun ketika sudah keluar model atau versi terbaru. 

Merk Laptop

Di Indonesia banyak merk laptop yang ada di pasaran. Merk laptop terbaik biasanya diklasifikasikan antara pro (professional) laptop sedangkan laptop dengan spek biasa diklasifikasikan dengan entry level. Anda bisa memilih Thosiba, Samsung, Macintosh, Lenovo, Asus, Acer, Fuji, Dell.

Subscribe to receive free email updates: