Ketahui Spesifikasi Harga Headphones Murah dan Terbaik Ini Sebelum Membelinya

Apakah Anda sedang mencari headphones atau earphones terbaik? Bagaiamana cara memilih spec(spesifikasi) headphones dan earphones yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda? Di era digital sekarang ini tersedia berbagai macam jenis headset/ headphones/ earphones seperti headphones bluethooth dan headphone yang masih menggunakan kabel. Headphone  memiliki berbagai variasi harga dari termurah hingga termahal. Memang tidak mudah untuk memilih dan membeli headphone yang pas dan cocok. Mungkin Anda suka dengan model headset yang terlihat keren tapi belum tentu specnya sama dengan kualitas tampilan fisiknya. Namun, sebaiknya Anda lebih mengutamakan hasil suara audio soundnya daripada model headphone tersebut. Jika Anda akan membeli headphone pilihlah headphone dengan suara yang jernih dan berkualitas. Merk headphone bermacam-macam yang terbaik dan banyak dicari adalah Sennheiser, Beats, Sony, Samsung, LG, dll. Yuk simak cara memilih specs (spesifikasi) jenis headphone terbaik.
harga spesifikasi headphones snnheiser beats
image by http://pcwallart.com/

1.Jenis Headphone In-ear

In-ear headphone juga disebut dengan in-ear monitor. Jenis headphone ini digunakan dengan cara memasukannya ke adalam saluran telinga. Kelebihan jenis headphone ini adalah dapat menghasilkan efek drum/bass yang berkualitas bagus . Selain itu, karena jenis headphone ini menutupi saluran telinga sehingga dapat meminimalisasi suara berisik yang menganggu di luar telinga. Ukuran headphone ini ada berbagai macam, pilihlah ukuran yang sesuai dengan telinga Anda untuk mendapatkan suara audio terbaik. Jenis headphone ini sangat portable dan simpel sehingga mudah dibawa dan digunaka kemana-mana.

2.Jenis Headphones On-Ear

Jenis headphone ini disebut juga supra-aural headphones bentuknya seperti bandana yang dipakai di kepala. Ukuran headphone ini lebih besar dibandingkan jenis in-ear hadphone. Cara menggunakan headphone ini adalah menutupi daun telinga. Jika Anda ukurannya terlalu kecil dibandingkan ukuran kepala Anda setelah memakainya dapat membuat telinga terasa panas. Pilihlah atau ukurlah headphone ini sesuai dengan ukuran kepala Anda sehingga nyaman dipakai.

3.Jenis Headphone Over-Ear

Jenis headphone ini adalah yang mempunyai ukuran paling besar sehingga seluruh bagian telinga tertutupi. Karena ukurannya yang besar suara yang dihasilkannya pun paling kuat terutama efek bassnya. Bagian atau komponen yang menghasilkan suara disebut dengan driver. Pada jenis headphone ini letak driver jaraknya jauh dari lubang telinga sehingga ada ruang yang cukup untuk menghasilkan suara yang berkualitas.

4.Driver Pada Headphone

Driver merupakan salah satu komponen yang paling penting pada headphone. Komponen ini berfungsi mengirimkan sinyal elektronik sehingga menghasilkan getaran suara. Komponennya terdiri atas magnet, koil suara dan sebuah diafragma. Cara kerjanya adalah sinyal elektronik menggetarkan diafragma sehingga menghasilkan suara yang dapat didengar oleh telinga. Ukuran headphone mengindikasikan ukuran diafragma, semakin besar diafragma maka semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan terutama efek suara bass. Pada jenis headphone over-ear driver yang digunakan umumnya berukuran 40 mm.

5.Sensivitas dan Sound Pressure Level Pada Headphones

Sensivitas dan Sound Pressure Level (SPL) merupakan salah satu istilah yang digunakan sebagai spesifikasi headphone. Dengan mengetahui spesifikasi ini kita akan tahu seberapa keras volume suara yang dihasilkannya. Sensivitas menunjukkan seberapa efisien sebuah sinyal elektrik dapat dikonversi menjadi sinyal akustik. SPL biasa diukur menggunakan satuan decibel (decibel) SPL per miliwatt. Pada umumnya headphone memiliki ukuran SPL rata-rata 85-120 dB SPL/mW. Pembagian berdasarkan kondisi lingkungan biasanya terbagi menjadi 80 dB, 105 dB, dan 130 dB. Headphone dengan spek 120 dB dapat membuat telinga terasa sakit. Spesifikasi headphone yang aman untuk kesehatan pemakaian jangka panjang adalah tidak lebih dari 85 dB.

6.Impedance Pada Headphones

Impedance adalah ukuran hambatan listrik dengan satuan Ohm. Makin tinggi impedance maka makin tinggi hambatan listriknya sehingga makin besar daya listrik yang dibutuhkan. Headphone HP android dirancang memiliki impedance yang rendah sehingga hemat daya listrik sekitar 32. Jenis High-end dan pro-quality headphone memiliki impedance yang tinggi sekitar 300 sehingga memerlukan power amplifier. Oleh sebab itu, terkadang headphone high-end atau jenis pro tidak cocok digunakan untuk smartphone.

7.Ukuran Respon Frekuensi Pada Headphones

Frequency response menunjukkan frekuensi yang dihasilkan oleh sebuah headphone. Satuan frekuensi adalah Hertz misalnya 20-20.000Hz. Angka yang kecil menunjukkan bass dan angka besar menunjukkan treble. Pada umumnya headphone memiliki ukuran frekuensi 20-20.000Hz dimana ukuran frekuensi ini pas untuk kemampuan pendengaran manusia. Ukuran frekuensi tidak menunjukkan kualitas suara yang dihasilkan. Jika Anda menginginkan suara bass yang bagus pilihlah headphone yang memiliki ukuran frekuensi kecil/rendah.

8.Total Harmonic Distortion Pada Headphone

Total Harmonic Distortion (THD) menunjukkan level distorsi yang mungkin dihasilkan ketika menggunakan headphone pada volume tinggi. Seperti yang kita tahu, suara pada headphone dihasilkan oleh getaran suara difragma pada driver. Pada volume tinggi, diafragma bisa saja tidak dapat bergetar dengan cepat sehingga menghasilkan distorsi. THD ditunjukkan dalam kuran persentase. Pada umunya hadphone memiliki THD kurang dari 1%.

9.Noise Cancellation Pada Headphone

Noise-cancelling headphone dimiliki oleh microphone dan chip elektronik. Alat ini merekam ambient noise kemudian menghasilkan gelombang suara dan memberikan feedback kepada headphone sehingga sangat cocok digunakan saat Anda naik pesawat terbang. Jika Anda naik pesawat terbang menggunakan jenis headphone ini maka suara berisik mesin pesawat dapat diminimalisir.

10.Noise Isolation Pada Headphone


Noise isolation berfungsi untuk menghalangi suara di sekitar Anda. Jenisnya beragam diantaranya over-ear, closed-back headphone, in-ear headphone. Jenis yang paling efektif meminimalisasi suara berisik adalah in-ear headphone. Bentuk noise isolation seperti earplug.

Sumber diterjemahkan dari http://www.makeuseof.com/tag/10-terms-you-should-know-to-identify-the-best-headphones/

Subscribe to receive free email updates: