10 Manfaat Minum Susu Bagi Tubuh Sebelum Tidur dan Pagi Hari

Manfaat minum susu untuk kesehatan tubuh banyak sekali. Susu sudah lama diminum sebagai minuman untuk menjagakesehatan tubuh. Tahukah Anda ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari kebiasaan minum susu secara teratur terutama sebelum tidur dan saat pagi hari. Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, riboflavin, fosfor, vitamin A, Vitamin B12, kalium, magnesium, dan seng. Kandungan nutrisi dan zat-zat pada susu sangat dibutuhkan oleh organ tubuh manusia terutama tulang.

Manfaat susu bagi tubuh antara lain mencegah osteoporosis, menguatkan tulang, menetralisir racun, membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, mengurangi stress, dll. Susu adalah zat cair yang mempunyai warna putih kental yang berasal dari susu sapi, susu kambing, susu kuda, dan hewan mamalia lainnya. Kandungan vitamin dan protein pada susu sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga fungsi organ tubuh dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Susu sangat baik bagi anak-anak karena mengandung kalsium dan asam amino yang penting untuk orang yang sedang dalam masa pertumbuhan. Cara penyajiannya pun beranekaragam ada yang disajikan sebagai susu murni (fresh milk) dan dikombinasikan dengan cokelat atau perasa buah. Susu juga dapat digunakan untuk menambah campuran pada resep masakan seperti kue. Hasil olahan susu dapat dibuat yoghurt, keju, susu pasteurisasi, susu kental manis, susu bubuk, susu UHT, dan susu Skim. Hampir semua orang menyukai susu mungkin termasuk Anda sehingga dibeberapa tempat ada café yang khusus menyajikan susu sebagai menu utamanya. Berikut ini manfaat minum susu bagi tubuh.
manfaat minum susu bagi tubuh
image by http://s.hswstatic.com/gif/human-milk-crop.jpg
1.Menetralisir Racun
Susu bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh. Racun ini berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebenarnya makanan yang kita makan banyak mengandung zat-zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan dalam jangka waktu yang lama. Dengan minum susu maka racun-racun tersebut dapat diatasi misalnya membersihkan paru-paru. Selain dari makanan, racun tersebut berasal dari polusi udara yang terserap oleh tubuh melalui kulit dan paru-paru.

2.Menguatkan Tulang dan Gigi
Umur manusia semakin lama pasti akan semakin menua. Semakin bertambahnya umur maka kinerja organ tubuh akan berkurang. Salah satu organ tubuh tersebut adalah tulang. Tulang adalah salah satu organ tubuh yang cepat rapuh bahkan pada usia 30’an beberapa orang mengalami osteoporosis. Tentu Anda tidak ingin tulang Anda cepat rapuh bukan? Salah satu cara untuk mencegah kerapuhan tulang adalah dengan minum susu secara teratur. Kandungan kalsium di dalam susu inilah yang membantu tulang agar tetap kuat sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Tahukah Anda dengan minum secangkir yoghurt dapat memberikan asupan 1/3 kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

3.Membantu Pertumbuhan Anak
Pada anak-anak, kalsium yang terkandung di dalam susu sangat membantu untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Pada anak-anak yang kekurangan kalsium maka pertumbuhannya akan terhambat misalnya tinggi badan tidak proporsional. Anak-anak yang rajin minum susu pertumbuhan badannya akan baik terutama terlihat dari tinggi badan.

4.Memberikan Energi Pada Tubuh
Susu mengandung kalori yang cukup sehingga dengan minum susu dapat memberikan energi pada tubuh. Minum susu pada pag hari dapat menambah semangat dan meningkatkan kinerja aktifitas dalam bekerja. Selain itu, minum susu juga bermanfaat bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Dengan minum susu saat menstruasi tubuh yang lemas dan mudah lelah dapat kembali bugar dan bersemangat.

5.Manfaat Susu untuk Kecantikan
Susu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit terutama kulit kering. Susu bermanfaat untuk menghaluskankulit. Asam laktat pada susu membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga menjadikan kulit cerah merona. Anti oksidan pada susu membantu mengurangi radikal bebas sehingga dapat meningkatkan metabolisme sel. Sehingga bagi Anda wanita tidak perlu repot-repot membeli produk anti aging, cukup minum susu secara teratur cukup menjadikan Anda awet muda.





6.Menjaga dan Memperbaiki Tekanan Darah
Berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan di Spanyol terhadap lebih dari 5.000 orang dewasa. Orang yang secara teratur mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya terkena hipertensi dibandingkan orang yang jarang minum susu.

7.Meningkatkan dan Menjaga Kesuburan
Apakah Anda sedang melakukan program untuk mendapatkan keturunan? Jika Ya, sebaiknya Anda menambahkan susu ke daftar menu makanan Anda. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di universitas Harvard dilaporkan bahwa wanita yang rajin mengkonsumsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita gangguan kesuburan dan masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu.

8.Menurunkan Berat Badan
Banyak penelitian bahwa minum susu dapat membantu mengurangi dan menurunkan berat badan. Orang yang mengkonsumsi susu secara teratur setiap hari berat badannya lebih cepat turun dibandingakn orang yang jarang minum susu. Mengapa bisa terjadi? Karena dengan minum susu makan akan menjadikan orang kenyang sehingga kebiasaan ngemil makanan ringan seperti snack, kue, dan camilan lainnya akan hilang.  Kalori yang tergandung dalam segelas susu setara dengan setengah kalori dalam 1 menu makan kita.

9.Mengurangi Stress dan Depresi
Susu dapat mengatasi stress dan depresi. Kandungan protein dan kasein hidrolisat (lactium) pada susu dapat mengurangi tekanan darah dan hormon yang menyebabkan ketegangan dalam tubuh. Dengan minum susu dapat mengendurkan otot tubuh yang tegang, Vitamin D yang terkandung pada susu dapat membantu meningkatkan produksi hormone serotonim yang berfungsi sebagai good mood dan memperbaiki kualitas tidur.

10.Menjaga dan Membentuk Otot Tubuh
Susu mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otot tubuh. Banyak atlit yang mengkonsumsi susu untuk meningkatkan berat masa otot tubuhnya. Satu gelas susu mengandung 8,1 mg protein. Bagi Anda sedang menjalankan program pembentukan tubuh seperti atlet binaraga tidak ada salahnya mengkonsumsi susu secara teratur.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andromo.dev615525.app658840

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: