Inilah 10 Manfaat Makan Telur Rebus dan Goreng Bagi Kesehatan Setiap Hari

Telur adalah salah satu makanan terbaik, bergizi, dan menyehatkan. Manfaat makan telur sangat banyak karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak cara menyajikan telur, Anda bisa memilih telur goreng, telur rebus, telur setengah matang, telur mata sapi, telur asin atau telur mentah untuk jamu. Jenis telur juga bermacam-macam seperti telur bebek, telur ayam petelur, telur ayam kampung, telur puyuh masing-masing jenis telur memiliki tekstur dan rasa khasnya masing-masing. Mau tahu manfaat makan telur yuk simak.
 
manfaat makan telur rebus goreng setiap hari
image by http://www.dailymail.co.uk/
1.Telur Banyak Mengandung Nutrisi yang Penting
Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi di dunia ini. Mengapa? Karena telur mengandung berbagai zat nutrisi yang digunakan oleh calon anak ayam untuk pertumbuhannya saat masih berada di dalam cangkang telur. Satu butir telur mengandung Vitamin A, Folate, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin B2, Fosfor, dan Selenium. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, Kalsium, dan seng. Makan satu butir telur maka kebutuhan kalori Anda tercukupi 77 Kal, protein 6 gram, dan lemak 5 gram. Telur juga diperkaya dengan Omega-3 lho. Nah, betapa banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam satu butir telur kan?

2.Walaupun Telur Mengandung Kolesterol Tingg Tapi Tidak Apa. Asalkan………
Telur banyak mengandungkolesterol. Tahukah Anda bahwa satu butir telur mengandung 212 mg kolesterol dan tubuh membutuhkan 300 mg kolesterol per harinya. Namun, jangan disangka bahwa kolesterol tidak baik bagi tubuh selama kadarnya tidak berlebihan jadi tidak apa-apa kan makan telur. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi telur hanya 30% saja yang LDL kolesterolnya menjadi naik dan mayoritas 70% kolesterolnya normal-normal saja. Oiya, bagi Anda yang menderita kelainan genetik hiperkolesterolemia atau mempunyai gen tipe ApoE4 sebaiknya mengurangi konsumsi telur atau menghindarinya.

3.Telur Mengandul HDL Jenis Kolesterol Baik
Telur mengandung jenis kolesterol baik atau disebut juga HDL (High Density Lipoprotein). Orang yang mempunyai HDL tinggi biasanya jarang terkena resiko penyakit jantung, stroke, dan jenis penyakit lainnya. Dengan makan telur sangat baik untuk dapat meningkatkan HDL Anda. Berdasarkan penelitian makan telur 2 kali per hari selama seminggu dapat meningkatkan HDL hingga 10 %.

4.Telur Mengandung Zat Kolin (Choline) Nutrisi yang Sangat Penting
Kolin (Choline) merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Choline termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Fungsinya adalah untuk membangun membran sel dan memproduksi sinyal molekul di otak serta fungsi lainnya. Telur adalah sumber choline yang sangat baik. Satu butir telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi penting ini.




Kolin berperan dalam pembentukan membran sel untuk penyampaian sinyal di dalam sistem saraf dan transmisi saraf kolinergis. Kolin juga memegang peranan dalam berbagai sistem kognisi di dalam otak. Kolin adalah prekursor kimia yang dibutuhkan untuk pembentukan neurotransmitter acetylcholine yang telah terbukti oleh penelitian membantu dalam perkembangan memori dan kecerdasan. Kolin juga merupakan komponen kunci dari asetilkolin, yang menjadi sarana pengiriman pesan antara saraf dan otak.Steven Zeisel, MD, PhD menjelaskan bahwa kolin sangat penting selama perkembangan janin, terutama masa perkembangan otak, karena ia dapat mempengaruhi tabung penutup saraf, memori seumur hidup, dan fungsi pembelajaran.Menurut Caudill Marie Md, Phd, tubuh manusia memproduksi Kolin dalam jumlah sedikit. Namun, sebagian besar kebutuhannya harus dipenuhi dari luar. Kolin termasuk zat esensial bagi tubuh. Zat gizi esensial adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh tetapi tubuh tidak dapat mensintesisnya atau tidak dapat dibuat dalam jumlah cukup sehingga harus diperoleh dari makanan. Bukti zat gizi adalah esensial biasanya terlihat penyakit karena defisiensi jika zat gizi tersebut tidak ada dalam makanan. Kekurangan Kolin selama masa kehamilan dapat memberikan dampak negatif bagi pembangunan daerah otak janin, terutama yang terkait dengan memori dan pembelajaran.

5.Telur Mengubah LDL Kolesterol yang Mencegah Resiko Penyakit Jantung
Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat. Namun, tidak semua orang tahu bahwa ada beberapa jenis LDL berdasarkan ukurannya yaitu LDL berukuran kecil dan LDL berukuran besar. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki LDL berukuran kecil lebih beresiko terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang mempunyai tipe LDL berukuran besar. Walaupun telur meningkatkan kadar LDL kolesterol pada beberapa orang, berdasarkan penelitian perubahan LDL tersebut adalah perubahan LDL tipe kecil menjadi LDL tipe besar yang berarti baik untuk kesehatan.

6.Telur Mengandung Zat Antioksidan berupa Lutein dan Zeaxanthin yang Baik untuk Mata
Semakin bertambahnya usia maka semakin berkurang kemampuan fungsi pengelihatan Anda. Ada beberapa nutrisi yang dapat membantu mencegah gangguan pengelihatan pada mata. Dua nutrisi tersebut adalah Lutein dan Zeaxanthin, zat tersebut adalah zat antioksidan yang sangat powerfull untuk mengutakan retina mata. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung 2 nutrisi tersebut dapat mengurangi resiko terkena katarak dan penyakit mata makular degenerasi. Tahukah Anda bahwa kuning telur merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung Lutein dan Zeaxanthin. Mengkonsumsi 1,3 kuning telur per hari dapat meningkatkan Lutein 28-50% dan Zeaxanthin 114-142 % dalam tubuh. Telur juga banyak mengandung vitamin A yang tinggi. Jika Anda kekurangan vitamin A maka pengelihatan Anda akan terganggu.

7.Jenis Telur Ada yang Mengandu Omega-3 Tinggi
Kadar kandungan nutrisi pada telur memang berbeda-beda tergantung makanan ternak yang diberikan kepada ayam petelur. Pada beberapa peternakan ayam petelur diberikan pakan ternak yang diperkaya dengan Omega-3 sehingga telur yang dihasilkan juga banyak mengandung omega-3 yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi omega-3 dapat mengurangi trigliserol dalam darah. Hasil penelitian menunjukkan mengkonsumsi telur yang kaya omega-3 5 kali dalam seminggu dapat mengurangi trigliserol hingga 16-18%.

8.Telur Mengandung Protein dan Asam Amino Esensial




Protein merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk memperbaiki sel yang rusak. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik, dalam satu butir telur mengandung 6 gram protein. Telur juga mengandung asam amino esensial sehingga tubuh kita dapat langsung memanfaatkannya. Terpenuhinya protein dalam kandungan makanan dapat meningkatkan masa otot, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan tulang.

9.Telur Tidak Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung Karena…………
Dahulu memang banyak mitos yang salah tentang efek buruk makan telur. Salah satunya konon telur dapat menyebabkan kolesterol dan tidak baik untuk jantung. Di era modern sekarang ini banyak penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya makan telur dengan penyakit jantung atau stroke. Namun, bagi orang yang menderita diabetes, penelitian menunjukkan bahwa resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi bagi penderita diabetes yang mengkonsumsi telur.

10.Telur Merupakan Makanan yang Mengenyangkan Sehingga Dapat Menurunkan Konsumsi Makanan Berkalori

Telur merupakan makanan yang mempunyai indeks satiety yang tinggi artinya termasuk dalam makanan yang mempunyai efek mengenyangkan. Jadi bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan, telur sangat baik menjadi daftar menu diet Anda karena dengan makan telur Anda menjadi kenyang sehingga mengurangi mengemil makanan. Pada sebuah penelitian terhadap 30 wanita yang mempunyai berat badan berlebih, mengkonsumsi telur saat sarapan dapat membuat kenyang sehingga dapat mengurangi takaran menu nasi atau jenis makanan berkalori lainnya.

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: