Mengenal Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap Beserta Gambarnya

Di era modern seperti ini siapa sih tidak mengenal komputer atau biasa disebut PC (Personal Computer)? Tapi Tahukah Anda komponen komputer dan fungsinya? Komponen dasar komputer pada desktop, laptop, dan netbook sama. Komponen komputer terdiri atas processor, RAM, Optical Drive, Wireless Network Card, Network Card, OS (Operating System), Hard Drive, dan Video Card. Komponen komputer dibagi juga menjadi hardware dan software. Yuk kita simak komponen komputer dan fungsinya.
gambar komponen komputer dan fungsinya lengkap
image by http://jetking.com/

Processor Komputer

Alat ini adalah otaknya komputer. Processor disebut juga dengan CPU. Processor memiliki beberapa jenis dan kapasitas. Kecepatan processor diukur dalam satuan gigahertz atau GHZ. Semakin besar GHZ maka semakin cepat komputer dalam bekerja membuka software aplikasi.
gambar processor i3 i5 i7 dan fungsinya
Image by http://www.intel.com/

Salah satu jenis processor adalah 3,2 GHZ Pentium Dual Core. Processor juga ada yang terdiri atas dual atau quad cores. Makin banyak tinggi spek core-nya maka makin mahal harganya. Tahukah Anda perbedaan Core Duo, Core 2 Duo, Core i3, Core i5, dan Core i7?
  • Core i3 terdapat 2 processor di dalamnya
  • Cpre i5 terdapat processor quad core pada masing-masing processor. Kecuali tipe i5-661 yang menggunakan Dual Core pada masing-masing processor dengan kecepatan 3,2-3,33 GHZ.
  • Core i7 terdapat 4 processor dengan kecepatan 3,07 GHZ pada masing-masing processor (pada seri tertentu ada juga yang terdapat 6 processor).

Selain perbedaan dalam jumlah processor juga perbedaan pada turbo boost, hyper treading, memory RAM, dan module DDR3. Ada beberapa tipe merk processor yaitu Intel dan AMD. Selain itu ada beberapa tingkatan intel yaitu Pentium atau Atom. Procesor Atom biasa digunakan pada netbooks. Selain itu pada processor Anda akan menemukan istilah front side bus (FSB). Maksudnya bukan bus berwarna kuning tetapi menunjukkan kecepatan data yang mengalir dari processor ke motherboard. Semakin tinggi FSB pada processor maka semakin cepat datanya.

RAM Komputer

gambar RAM dan fungsinya
Gambar RAM

RAM adalah memory yang digunakan untuk menyimpan informasi saat komputer digunakan. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory.

Optical Drive

gambar DVD komputer asus sony samsung
Gambar Optical Drive

Optical Diver adalah alat untuk memutar (read and write) CD dan DVD. Format CD atau DVD ada bemacam-macam diantaranya DVD-R, DVD+R, DVD-+R, DVD-/+RW, DVD-RAM, Blu-ray, HD-DVD. Sebuah CD mempunyai kapasitas 700 MB. Jenis CD-R hanya dapat read (membaca) dan sekali write (merekam). Sedangkan CDRW dapat digunakan beberapa kali merekam (burning). Format DVD Blu-Ray dan HD-DVD adalah DVD yang mempunyai kemampuan untuk menonton high definition videos.

Wireless Network Card

gambar wireless komputer dan fungsinya
Gambar Wireless Komputer

Jika komputer Anda memiliki wireless card, Anda dapat terhubung dengan akses internet tanpa menggunakan kabel LAN yang terhubung dengan sebuah router/modem. Wireless card memiliki beberapa macam kecepatan. Kecepatan terendah ditandai dengan huruf A dan tercepat huruf N. Anda dapat membeli komputer dengan pilihan kecepatan wireless 802,11G atau 802,11N. Wireless 802,11G mempunyai kecepatan hingga 54 Mbit/s. Sedangkan 802,11N memiliki kecepatan hingga 600 Mbit/s.

Network Card

Jika Anda memiliki komputer PC desktop, pada bagian belakangnya terdapat berbagai colokan salah satunya colokan yang terhubung dengan LAN atau modem. Port inilah yang disebut sebagai network card.

OS (Operating System)

OS adalah sebuah software komputer yang membuat komputer dapat bekerja. Anda dapat memilih beberapa OS diantaranya Mac OS, Windows Microsoft, atau Ubuntu Linux. Harga OS Windows lebih murah dibandingkan Mac OS. Untuk Ubuntu Linux Anda bisa mendapatkannya gratis karena open source OS. Jika Anda membeli komputer, Anda dapat memilih yang sudah tertanam OS atau bisa juga yang kosongan tanpa OS.

Hard Drive

gambar hard drive dan fungsinya
Gambar Hard Drive

Hard Drive berfungsi sebagai alat penyimpanan files komputer dapat berupa musik, video, atau berupa dokumen. Kapasitas Hard Drive bermacam-macam dapat berupa Giga Byte bahkan Tera Byte.

Video Card

Jika sebuah komputer tidak memiliki video card maka Anda tidak dapat melihatnya di monitor. Spesifikasi video card ada berbagai macam salah satunya video card yang memiliki HDMI output sehingga Anda dapat melihat film dengan kualitas HD. Jika Anda ingin membeli komputer sebaiknya pastikan memiliki port VGA, DVI, atau HDMI.

Komponen komputer lainnya seperti monitor, keyboard, mouse Anda pasti sudah mengenalnya bukan? 

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: