Inilah 10 Cara Alami Mengusir Semut yang Ampuh, Mudah, dan Efektif di Rumah

Cara mudah dan ampuh mengusir semut secara alami- Anda pasti sering mengalami gangguan yang tidak nyaman di rumah karena keberadaan tikus, kecoa, dan semut. Semua cara sudah pernah dilakukan untuk mengusir gerombolan semut yang sering menggerumuti makana, camilan, atau gula. Ada berbagai jenis semut diantaranya semut merah, semut hitam, semut kecil, dll. Setiap jenis semut tentu memiliki kebiasannya masing-masing misalnya semut merah biasanya suka menggerumuti bekas sisa daging atau ikan. Sedangkan semut kecil biasanya mengerubungi makanan yang manis-manis. Ada banyak obat atau cairan pengusir/pembasmi semut tetapi apakah bahan kimia tersebut aman atau justru membahayakan bagi kesehatan. Namun, Anda jangan khawatir, simak tips berikut ini untuk mengusir semut secara alami.
cara alami mengusir semut ampuh efektif
Photo http://cdn.listaka.com/

1.   Cara Menghindari dan Mencegah Makanan Dari Semut
Jangan biarkan makanan di piring atau minuman terlalu lama berada di meja makan tanpa tutup. Hal ini karena semut sangat cepat merayapi pinggir-pinggir piring dan gelas hingga masuk ke dalamnya. Selain itu, simpanlah selalu susu kaleng, terutama susu kental manis yang sudah dibuka di lemari es. Jangan menyimpannya di lemari atau cabinet tanpa melapisi bawah kaleng dengan piring kecil/ tatakan berisi air atau melumuri sisi piring dengan minyak sayur. Selanjutnya, tutup dan ikatlah rapat-rapat bungkus roti atau makanan ringan yang dibeli. Jika terlalu longgar, semut akan cepat masuk dan mengeroposi roti hingga habis.
2.   Mengatasi Semut Dengan Jeruk Nipis
Cara lain mengusir semut yaitu dengan menggunakan jeruk nipis segar yang dibelah menjadi dua. Kemudian peras dan teteskan di sepanjang jalur yang dilalui semut. Oleskan juga bagian daging buah jeruk nipis pada jalur yang dilalui semut. Ini merupakan cara ampuh dan alami untuk mengusir semut karena bebas racun, pestisida, tanpa pencemaran, dan aman. Selain itu, minyak kayu putih juga dapat membuat semut pergi. Caranya cukup oleskan minyak pada kaki-kaki meja.
3.   Gunakan Daun Sirih Untuk Mengusir Semut
Manfaat daun sirih selain untuk mengatasi hidung berdarah (mimisan) dan membersihkan bagian kewanitaan ternyata juga berguna untuk mengusir semut. Aroma daun sirih yang sangat menyengat sangat tidak disukai oleh semut. Caranya adalah dengan meremas daun sirih kemudian oleskan di sekitar daerah yang biasa dilalui oleh semut.
4.   Manfaat Kopi Untuk Mengusir Semut
Kopi mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengusir semut. Aroma kopi sangat khas sehingga sangat dibenci semut. Cara menggunakan kopi untuk mengusir semut adalah dengan menaburkan bubuk kopi di area rumah yang sering dilalui semut.

5.   Gunakan Mentimun Untuk Mengusir Semut
Tahukah Anda bahwa semut tidak suka dengan mentimun. Anda dapat mengusir semut dengan menggunakan timun yang sudah dipotong kemudian letakan potongan tersebut di sarang mereka.
6.   Gunakan Kapur Tulis Untuk Usir Semut
Jika Anda pernah sekolah di era 80an-90an pasti mengenal kapur ini yang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis. Kapur sangat ampuh untuk mencegah makanan dari serangan para semut. Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk kapur hingga halus kemudian letakkan di bawah kaki- kaki meja makan.
7.   Gunakan Sabun Mandi Untuk Mengusir Semut
Cara ini memang jarang pernah dilakukan tetapi Anda bisa mencobanya di rumah. Caranya adalah dengan membuat larutan dari sabun kemudian semprotkan di sarang atau area yang biasa dilalui semut. Cara ini cukup efektif karena larutan sabun membuat semut kepanasan dan dehidrasi.
8.   Gunakan Baking Soda Untuk Mengusir Semut
Setiap koloni semut memiliki aroma semacam feromon. Dengan menaburkan baking soda pada area tertentu di rumah menjadikan area tersebut steril dari koloni semut karena mereka mengira bahwa area tersebut telah dikuasai oleh koloni semut lainnya.
9.   Gunakan Aroma Parfum Untuk Mengusir Semut
Cara ini memang seperti tidak masuk akal dan mubazir karena menggunakan parfum yang biasa digunakan untuk pakaian. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba parfum untuk mengusir semut.
10.Gunakan Minyak Tanah Untuk Membasmi Semut
Minyak tanah sangat ampuh dan efektif untuk membasmi semut terutama semut merah. Sebelum Anda menuangkan atau menyemprotkan minyak tanah pastikan dahulu dimana letak pusat sarang semut. Menyemprotkan minyak tanah yang tidak tepat pada sarang semut justru akan membuat koloni semut berpindah dan menyebar.


Share tips ini kepada orang di rumah yang Anda sayangi. Jika Anda mempunyai tips sendiri silakan berkomentar di kotak commentar di bawah. Semoga tips ini bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates: