Inilah Sejarah dan Asal Usul Mobil Jeep Wrangler, Rubicon, Cherookee


Ide Desain Model Prototipe Mobil Jeep

Jeep adalah kendaraan transportasi yang digunakan oleh para penjelajah (adventure) lebih dari 50 tahun. Sejarah Jeep berawal dari Wrangler (TJ) hingga berevolusi hingga sekarang seperti Cherokee dan Grand Cherokee. Proyek pembuatan mobil Jeep ini merupakan pekerjaan yang sangat keras dan jenius karena dibuat secara hand made dan hanya memakan waktu selama 7 minggu. 
Photo credit
Sejak Perang Dunia Pertama, Militer Amerika (US Army) membutuhkan sebuah kendaraan tempur yang dapat bergerak cepat, ringan, dan dapat digunakan di segala medan. Pada tahun 1940 ide pembuatan sebuah kendaraan ini menjadi sangat urgen untuk memenangkan pertempuran di Eropa dan Afrika Utara. Oleh sebab itu, Militer Amerika (US Army) bekerjasama dengan beberapa pabrik perusahaan otomotif untuk memulai pembuatan prototype mobil Jeep ini dalam jangka waktu 49 hari.
 
Prototipe Bantam (Photo credit
Spesifikasi Prototipe mobil Jeep yang ditentukan oleh Pemerintah Amerika saat itu:
Berat kendaraan: 1.300 pounds (berat ini tidak realistic sehingga dinaikan menjadi 2.160 punds)

  • Four-wheel drive (mobil 4WD)
  • Engine (power): 85 pound-feet torque
  • Wheelbase: Tidak lebih dari 80 inches
  • Tread: Tidak lebih dari 47 inches
  • Ground Clearence: Minimum ground clearance of 6,25 inches
  • Payload: 600 pounds
  • Cooling System: Good enough to allow a sustained low speed without overheating the engine

Deadline Pembuatan Mobil Jeep Pertama Hanya 49 Hari





The Bantam Car Company dan Willys-Overland, hanya 2 perusahaan tersebut yang merespon pesanan mobil tersebut. Deadline pembuatan yang hanya 49 hari menjadi masalah utama, bahkan Willys-Overland meminta waktu yang lebih lama. Bantam’s diselamtkan oleh Karl Probost, seorang insinyur Detroit yang sudah berpengalaman bekerja di beberapa perusahaan otomotif. Didaftarkan oleh kepala National Defense Advisory Committee , William S. Knudsen (mantan presiden General Motors), Probost menerima tantangan patriotik tersebut tanpa digaji. Pada tanggal 22 Juli 1940 dia menyelesaikan rencana prototipe kendaraan Jeep tersebut dengan berat kendaraan 1.300 pound. Prototipe Bantam pertama yang dibuat secara handmade selesai pada tanggal 21 September 1940. Militer Amerika menguji prototipe mobil Jeep ini dengan jarak tempuh 3.400 miles. Hasil uji coba berhasil, semua persyaratan terpenuhi. 
Jeep Willys Photo credit
Pada akhirnya Willys dan Ford keduanya mengajukan prototipe berdasarkan prototipe Bantam. Willys “Quad” dan Ford “Pygmy” prototipe memodifikasi desain Bantam. Modifikasi yang dilakukan oleh Willys salah satunya adalah dengan meningkatkan power engine-nya sehingga semakin menjadikan prototipe ini lebih tangguh dibandingkan Bantam.
harga jeep wrangler rubicon indonesia
Jeep Wrangler Rubicon (Photo credit)

Pada saat itu, kondisi finansial Bantam sedang terpuruk sehingga kontrak diberikan kepada Willys. Karena kebutuhan perang yang mendesak, pihak Militer (US Army) akhirnya membuka peluang kepada perusahaan otomotif lain untuk dapat memproduksi mobil Jeep ini dengan perjanjian non-ekslusif sehingga ada 2 perusahaan yang memproduksi mobil Jeep yaitu Willys dan Ford Motor. Selama Perang Dunia Ke-II, Willys dan Ford telah memproduksi lebih dari 700.000 pesanan mobil Jeep.

Asal Usul Nama Mobil Jeep

Tahukah Anda mengapa kendaraan ini dinamakan mobil Jeep? Beberapa orang mengatakan nama Jeep ini berasal dari singkatan G.P (General Purpose) yaitu kendaraan yang digunakan untuk semua medan. Nama ini sudah biasa digunakan pada sebuah truk pengeboran minyak di wilayah Oklahoma di awal tahun 1934. Asal usul nama ini juga disandarkan pada hewan lincah pada film kartun Popeye yang bernama Eugene Jeep. Namun, versi lain menyebutkan bahwa Irving “Red” Haussmann yang pertama kali menyebut nama Jeep, dia adalah orang yang melakukan test drive di Kamp Tentara Holabird. Tak lama kemudian, Red melakukan demonstrasi bersama para pejabat di Washington DC. Pada bulan Februari 1941 seorang reporter Washington Daily News meliput dan mempublikasikan foto kendaraan tersebut dengan judul “Jeep Creep Up Capitol Steps”.
harga jeep cherokee indonesia
Jeep Cherokee Photo credit

Pada tahun 1950, Willys memperoleh pendaftaran merk mobil Jeep ini pada United States Trademark Registration. Sejak saat itu kepemilikan merk dagan Jeep terdaftar juga di internasional dimiliki oleh Willys Overland-Kaiser dan American Motors Corporation. Kemudian hingga sekarang Chrysler Corporation memiliki lebih dari 1.100 pendaftaran untuk merk dagang Jeep di seluruh dunia. Di zaman modern sekarang ini mobil Jeep bukan hanya kendaraan militer tetapi sudah menjadi kendaraan sipil yang banyak digemari sebagai mobil offroad dan touring. Selain di dunia, di Indonesia pun banyak Club Jeep Indonesia. Harga mobil Jeep ini tentunya tidak murah hingga ratusan juta rupiah. Beberapa Tipe  mobil Jeep yang keren diantaranya Jeep Wrangler, Jeep Grand Cherookee, Jeep CJ-5A, dan Jeep Wrangler Rubicon.

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: