Inilah Sejarah Vespa Piaggio dan Perkembangan Model Vespa Klasik ke Modern

Sejarah Vespa Berawal dari Pabrik Pesawat Terbang

Pasti Anda tahu Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor Vespa. Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 di Genoa. Pada awalnya pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya waktu, Piaggio juga memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api, mobil vans, trem, dan body karoseri truk. Perang Dunia ke I berpengaruh juga pada perkembangan Piaggio yang memproduksi pesawat terbang. Pada tahun 1917 Piaggio membangun pabrik di Pisa tepatnya di Pontedera dan menjadi pusat produksi pesawat (propellers, mesin pesawat, dan aircraft) hingga setelah Perang Dunia II lahirnya produk otomotif yang fenomenal yaitu Vespa.
Sejarah Vespa Piaggio
Perang Dunia ke II menjadikan perekonomian Italia sangat terpuruk. Hal ini juga berimbas pada Piaggio. Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu. Walaupun pabriknya sudah hancur dibom, perusahaan ini tidak berhenti saat itu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan perusahaan ini. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat terbang dan beralih memproduksi alat transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan harga terjangkau. 
Photo credit (Prototype Vespa MP5/Paperino)
Enrico Piaggio menggandeng insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah sebuah prototype Vespa yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan meminta Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.
Sejarah Vespa Piaggio Pertama MP6 Protoipe Indonesia
Vespa MP6 Prototipe
Corradino D’Ascanio sendiri tidak suka dengan desain model motor yang umum karena membuat pakaian menjadi kotor saat mengendarainya terutama celana yang sering terkena rantai dan mesin motor. Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan bermotor yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa rantai dan mempunyai body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia juga meletakkan perpindahan gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model vespa ini diberi nama MP6 dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai Vespa (bahasa Italia artinya lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi model vespa berikutnya.

Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia

Vespa Kongo
Tahukah Anda Vespa masuk di Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga Vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat itulah Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun, seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa tergusur. Padahal pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200. Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.

Model Vespa Klasik dan Model Vespa Modern Sekarang


Pada awal-awal pembuatan Vespa hanya mempunyai kapasitas mesin sebesar 98 cc dan kecepatan hanya sekitar 65 – 75 km/jam. Seiring berjalannya waktu Vespa terus berkembang, hingga tahun 1955 diproduksi Vespa pertama yang mempunyai kapasitas mesin 150 cc dan mempunyai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Vespa 150 GS. 
Vespa GS (Photo credit)
Model Vespa tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuat, hanya pada letak lampunya saja yang berubah yang awalnya terletak di spakbor roda depan menjadi di bagian stang Vespa. Model Vespa yang paling banyak digemari adalah Vespa Sprint, Vespa PX, dan Vespa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio pertama kali mengeluarkan produk Vespa Matic (automatic transmission) yang disebut Vespa PK 50S Automatic. 
Vespa PK 50S (Photo credit)

Vespa 4 tak yang pertama kali dibuat adalaha Vespa ET 125cc pada tahun 1996 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun Vespa. 
Vespa ET4 125 cc (Photo credit)
Memasuki millennium ke-20, Piaggio membuat produk Vespa yang memenuhi standar emisi Euro2 seperti Vespa ET, Vespa GT, Vespa GTS, Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa Sprint 125, dan Vespa Primavera. 
Vespa GTS Super (Photo credit)

Vespa Sprint (Photo credit)

Vespa Primavera (Photo credit) 

Itulah sejarah Vespa. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya kenangan istimewa dengan kendaraan Vespa ini?

Subscribe to receive free email updates: