Cara Merawat Jenis Batu Akik Black Opal Kalimaya Jarong Asli

Proses Pembentukan Batu Opal Kalimaya dan Jenis Batu Opal

Batu Black Opal Kalimaya adalah batu akik opal asli yang berasal dari Lebak, Banten tepatnya di kecamatan Maja, Ciberang, Sajira,  Rangkasbitung, dan sekitarnya. Black Opal adalah salah satu batu akik yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena warnanya yang sangat indah berwarna-warni seperti pelangi. Karena keindahannya, tidak heran harga batu black opal termasuk mahal.
cincik akik black opal kalimaya asli jarong murah
Photo credit
Black opal sendiri tebentuk dari fosil dari kayu pohon sempur yang terpendam di dalam tanah hingga ratusan ribu tahun sehingga menjadi batu. Pohon Sempur tersebar di beberapa negara seperti Madagaskar, Himalaya Utara, China Selatan, Asia Tenggara, Asutralia hingga ke kepulauan Fiji. Jenis batu Black Opal di Indonesia dikenal menjadi 4 yaitu beledug, porselen, semi akik, dan akik. Adapun jenis jarong pada batu Black Opal ada 2 yaitu jenis jarong sisik dan jarong ruyung. Perbedaan jarong sisik dan jarong ruyung adalah kembang jarong sisik terletak pada bagian permukaan batu sedangkan jarong ruyung terletak di dalam batu Opal Kalimaya. Jarong Ruyung lebih disukai sehingga harganya lebih mahal. Pada sebuah toko online batu akik, ada beberapa jenis batu akik Opal yang dijual diantaranya batu Opal Afrika, batu Black Opal, batu Opal Kalimaya Kristal, batu Opal Kalimaya Susu, batu Opal Kalimaya Teh. Tahukah Anda bahwa 95% kandungan batu Opal dunia berasal dari Asutralia. Di dunia internasional, jenis batu Opal dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Dark atau Black Opal, White atau Light Opal, Milk atau Crystal Opal, Boulder Opal, Opal Matrix, Yowah Nuts

Sejarah dan Asal Usul Nama Batu Opal

bongkahan rough black opal sempur jarong
Rough Black Opal Asli

Nama batu Opal berasal dari bahasa Sansekerta “Upalla” yang berari batu berharga. Nama Opal juga kemungkinan juga berasal dari akar kata bahasa Yunani kuno “Opallios” yang diterjemahkan menjadi “perubahan warna”.  Hingga sekarang orang Roma masih menggunakan istilah “opalus” sebagai “batu yang mempunyai berbagai macam elemen”. Mengapa batu Opal memiliki warna yang beranekaragam seperti pelangi? Pertanyaan ini baru terjawab di tahun 1960 saat ilmuwan Australia meneliti batu Opal dengan electrone microscope. Ilmuwan tersebut menemukan bahwa ada lapisan  silica gel yang menyebabkan pembiasan cahaya pada batu Opal.

Kandungan Mineral dan Kekerasan Batu Opal Kalimaya

bongkahan rough black opal sempur jarong
Rough Black Opal Calon Jarong

Tahukah Anda bahwa batu Opal memiliki kandungan air yang tingi sekitar 2% sampai 6% air bahkan kadang lebih. Oleh sebab itu, jika batu Opal dipanaskan atau dikeringkan secara berlebihan menyebabkan jarong pada batu Opal semakin pudar atau pucat. Batu Opal tidak terlalu keras, kekerasan batu Opal hanya sekitar 5,5 sampai dengan 6 Mohs.

Cara Membedakan Batu Opal Kalimaya Asli dengan Sintetis Palsu

Jika Anda berniat membeli dan memiliki batu Opal sebaiknya berhati-hati karena tidak keras dan mudah retak.  Selain, itu batu Opal Kalimaya juga banyak tiruan sintetisnya. Ada beberapa cara membedakan batu Opal Kalimaya asli dengan Opal sintetis tiruan, caranya:
  • Batu Kalimaya sintetis tiruan tidak tahan api sehingga akan meleleh jika dibakar.
  • Batu Opal Kalimaya mudah dibersihkan jika terkena kotoran seperti cat, tinggal diusap kotoran tersebut akan hilang.
  • Batu Opal Kalimaya yang asli memiliki serat yang khas jika dilihat menggunakan kaca pembesar. Sedangkan batu Opal sintetis palsu tidak terlihat memiliki serat.
  • Batu Opal Kalimaya lebih berat dibandingkan dengan batu Opal palsu sintetis.

Cara Merawat dan Mengkilapkan Batu Opal Kalimaya

Photo credit
Walaupun di zaman sekarang sudah banyak cara modern mengkilapkan batu permata akik, cara tradisional sederhana sudah terbukti selama bertahun-tahun dapat mengkilapkan batu akik. Cara sederhana merawat batu akik black opal membuat batu akik mengkilap diantaranya:
  • Menggosok batu akik menggunakan daun pisang kering (Jawa: Klaras), caranya cari daun pisang kering yang berwarna cokelat kemudian gosoklah secara rutin batu akik milik Anda.
  • Merawat batu akik menggunakan kulit, cara ini adalah paling banyak digunakan oleh kolektor batu akik. Jika Anda memiliki sabuk ikat pinggang atau sepatu kulit bekas, sebaiknya jangan dibuang karena dapat Anda gunakan untuk menggosok batu akik agar mengkilap bagus.
  • Merawat batu akik menggunakan bambu, caranya dengan menggosok batu akik yang sudah dipoles dengan menggunakan permukaan bambu yang dibasahi air.
Sumber: Wikipedia.com dan www.gemstone.org

Subscribe to receive free email updates: