Tips Membeli dan Memilih Jam Tangan Terbaik, Murah, dan Cocok

Memilih jam tangan yang terbaik adalah tergantung selera pribadi. Walaupun Anda pernah mempunyai pengalaman dalam membeli jam tangan, sebaiknya Anda tetap mempertimbangkan dengan baik jam tangan yang akan Anda beli. Artikel dalam tulisan ini akan membantu Anda bagaimana memilih jam tangan yang terbaik dan cocok dipakai oleh pria maupun wanita. Dalam memilih jam tangan yang akan Anda beli ada beberapa pertimbangan antara lain fungsi dan kegunaan jam tangan, model jam tangan, jenis jam tangan, dan harga jam tangan.

Memilih Jam Tangan Sesuai Selera Pribadi

Tidak sedikit orang yang menanyakan ke orang lain ketika akan membeli sebuah jam tangan. Pilih harga jam tangan yang murah atau yang mahal? Bahkan mereka terkadang bingung dengan banyaknya tipe/model dan merk jam tangan yang dijual di took online jam tangan. Padahal pilihan untuk membeli jam tangan itu adalah selera pribadi dan masing-masing orang berbeda seleranya. Ada orang yang menyukai model/tipe jam tangan casual, jam tangan sporty, jam tangan digital, jam tangan analog, dan lain sebagainya. 
Photo Credit

Bagi orang yang sehari-harinya berada di outdoor seperti teknisi lapangan, atlet, traveler mungkin jam tangan sporty atau jam tangan digital dapat menjadi pilihan yang tepat.  Namun, bagi seseorang yang kesehariannya beraktivitas di dalam ruangan, di kantor misalnya, mungkin jam tangan model casual classic akan lebih cocok.

Jenis, Tipe, dan Model Jam Tangan

Ada banyak tipe, merk, desain, ukuran, warna, dan bahan material jam tangan. Namun, jenis/model/desain jam tangan yang paling banyak orang memakainya adalah model jam tangan classic (analog/jarum). Model jam tangan analog banyak dipakai oleh semua kalangan, berbagai umur (anak, anak, tua, muda), dan dapat fleksibel dipakai di acara apapun. Jam tangan outdoor (sport watch) mempunyai beberapa jenis kategori diantaranya jam tangan diving menyelam (diving watch), jam tangan pilot (aviation watch), jam tangan balap (racing chronograph watch), dll. Kelebihan jam tangan outdoor (sport watch) salah satunya adalah anti air (water resistant watch) dan tahan banting. Kebanyakan jam tangan outdoor (sport watch) mempunyai model yang terkesan modern. Namun, bagi Anda ingin membeli jam tangan outdoor (sport watch) yang dapat dipakai di acara resmi, Anda dapat memilih jam tangan outdoor (sport watch) model klasik analog misalnya Seiko Diver.  

Jam Tangan Classic Analog

Photo Credit
Jam tangan Klasik Analog ini sangat cocok bagi Anda yang bekerja di kantor. Dengan memakai jam tangan analog dipadukan dengan kemeja kerja, Anda akan terlihat casual dan formal. Ada 2 jenis/tipe model jam tangan analog yaitu jam tangan analog otomatis (tanpa baterai) dan jam tangan menggunakan baterai. Selain itu, Anda jug dapat memilih strap (tali jam tangan) rantai, rubber (karet) atau leather (kulit) tergantung selera Anda. Merk jam analog klasik terbaik yang banyak digemari antara lain Seiko, Alexandre Christie, Citizen, Mido, Rolex, Nautica, dll.

Jam Tangan Diving Menyelam

Photo Credit
Jam tangan diving ini mempunyai keunggulan dibandingkan jam lainnya karena dapat tahan air (water resist) hingga kedalama 200 meter. Selain itu, jam tangan ini mempunyai jarum jam yang dapat berpendar (glow in the dark) terang dalam waktu yang cukup lama di kegelapan. Dua keunggulan ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang suka berenang/snorkeling/diving. Kekurangan jam tangan diving ini adalah ukurannya yang cukup besar sehingga kurang cocok bagi Anda yang mempunyai pergelangan tangan yang kecil. Merk jam tangan diver terbaik yang banyak digemari antara lain Seiko Diver, Omega Sea Master, Orient Diver, dll.

Jam Tangan Pilot

Photo Credit
Jam tangan pilot ini sebenarnya adalah jam tangan analog yang mempunyai feature seperti chronograph, tachymeter, dan anti magnetic. Keunggulan jam tangan pilot adalah mempunyai penunjuk waktu untuk negara yang berbeda-beda. Merk jam tangan pilot terbaik yang banyak digemari antara lain Swiss Army, Hamilton, IWC Pilot, Richard Mille dll.

Jam Tangan Racing (Chronograph Watch)

Photo Credit
Jam tangan Chronograph adalah jam tangan yang dilengkapi dengan display analog jarum yang berfungsi sebagai stopwatch. Bagi Anda yang suka berolahraga seperti lari dan balap motor mungkin jam tangan ini sangat bermanfaat untuk mencatat berapa kecepatan Anda saat berlari. Selain itu, jam tangan ini mempunyai tachymeter untuk mengukur jarak tempuh. Merk jam tangan chronograph terbaik yang banyak digemari yaitu Tag Heuver.

Jam Tangan Digital Outdoor


Photo Credit
Jam tangan digital ini selain sangat stylish dan sporty juga mempunyai fungsi yang tidak dimiliki oleh jam tangan digital. Jam tangan casio Protrek misalnya mempunyai beberapa sensor yang berfungsi sebagai thermometer (pengukur suhu), barometer (tekanan udara), dan kompas. Merk jam tangan outdoor terbaik yang banyak digemari yaitu Casio Protrek dan Suunto.

Subscribe to receive free email updates: