Tips Memilih dan Membeli Kacamata Renang Terbaik, Snorkeling, dan Diving Mask

Kacamata Renang Sweedish Speedo

Berenang adalah salah satu olah raga air yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Ada 2 jenis tipe olah raga renang yaitu renang arena di kolam renang dan renang di alam terbuka (open water swimming). Pada olah raga renang arena yang dilakukan di kolam renang merk kaca mata renang terbaik yang biasa dipakai oleh atlet renang salah satunya adalah Speedo (Swedish design). Namun, untuk kacamata renang open water swimming ada kaca mata khusus. Perbedaan kacamata renang biasa dengan kacamata renang open water swimming adalah ukuran kacamata renang arena biasa lebih kecil daripada ukuran kacamata renang open water swimming
kacamata renang terbaik
Photo credit
kacamata renang arena terbaik swedish goggles speedo
Photo credit
Ada 2 jenis kacamata renang Swedish design yang bisa Anda pilih yaitu kacamata renang mirrored atau clear. Kacamata renang Swedish Speedo mempunyai desain yang sangat sederhana  hanya sebuah kaca tanpa frame atau casing seal. Bagian kanan dan kiri kacamata renang ini disambung dengan sebuah tali karet yang dapat disesuaikan dengan ukuran hidung Anda. Apakah perlu menggunakan lensa minus kacamata renang? Jika Anda memiliki mata minus (rabun jauh) di bawah -3, Anda tidak perlu menggunakan kacamata renang minus. Mengapa? Karena pengelihatan di dalam air akan terlihat jelas akibat pembiasan. Kacamata Swedish Speedo tidak anti-fog sehingga tidak cocok digunakan untuk olah raga renang open water swimming.

Kacamata Snorkeling/Diving Mask

kacamata snorkeling diving terbaik merk cressi
Photo credit
Perbedaan kacamata renang dengan kacamata snorkeling/diving adalah pada kekuatannya. Kacamata snorkeling/diving disebut juga dengan mask. Pada kacamata snorkeling/diving mempunyai seal pelindung hampir seluruh bagian wajah (mirip topeng) sehingga air tidak dapat masuk ke dalam hidung. Selain itu, kacamata snorkeling/diving mempunyai tanda tempered glass sehingga mempunyai ketahanan air tidak dapat masuk hingga pada kedalaman di atas 20 meter. Apakah perlu menggunakan lensa minus kacamata snorkeling/diving mask? Jika Anda memiliki mata minus (rabun jauh) di bawah -3, Anda tidak perlu menggunakan kacamata kacamata snorkeling/ diving mask. Mengapa? Karena pengelihatan di dalam air akan terlihat jelas akibat pembiasan. Ada berbagai merk mask snorkeling/diving diantaranya Marres, Amscud, dan Cressi.




Kacamata Renang Open Water

Kacamata renang open water swimming dibuat dengan desain yang disesuaikan dengan medan yang ekstrim seperti di danau atau laut. Seiring perkembangan olah raga renang open water swimming seperti triathlon, kualitas kacamata renang open water swimming pun semakin meningkat. Kacamata renang (open water swimming goggles) ini dapat digunakan di air keruh, terdapat anti-fog (anti embun), dapat digunakan untuk renang jarak jauh, dan air dijamin tidak masuk ke dalam kacamata renang. 
Kacamata renang goggles terbaik aqua sphere
Photo credit
Kacamata renang (open water swimming goggles) terbaik yang dapat Anda gunakan baik untuk berenang di kolam renang maupun di danau, sungai, atau laut adalah kacamata renang open water swimming merk Aquasphere. Kacamata Aquasphere merupakan produk asli Italia yang dibuat untuk renang open water swimming. Kacamata ini mempunyai visibilitas padangan yang jernih, anti-fog (anti-embun), tidak bocor (air tidak masuk), dan nyaman digunakan dalam jangka waktu renang yang lama. Terdapat beberapa jenis kacamata renang ini yaitu clear (bening), mirrored, amber, blue lens, dan hitam. Selain itu, kacamata renang goggles ini mempunyai beberapa pilihan ukuran yaitu size junior (kacamata renang anak-anak), size lady (kacamata renang perempuan), size regular, size small face. Frame atau seal kacamata renang Aquasphere terbuat dari karet sehingga sangat fleksibel dan nyaman dipakai. Strap tali karet kacamata renang ini sangat mudah di-setting dengan ukuran kepala. Kacamata renang open water juga anti-UV (anti-ultraviolet) sehingga melindungi mata Anda dari sinar utra violet. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah memutuskan memilih dan membeli kacamata renang terbaik mana? Kacamata renang biasa, snorkeling, diving atau open water goggles?

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: