Manakah Bahan Frame Sepeda Paling Bagus? Chromoly, Titanium, Carbon Fiber, Aluminium, atau Hi-Ten?

Jika Anda ingin membeli sepeda ada beberapa pertimbangan untuk memutuskannya salah satunya adalah material bahan pembuat frame (rangka) sepeda. Bahan material pembuat frame (rangka) sepeda biasanya terbuat dari steel, chromoly, alloy, titanium, dan carbon. Masing-masing bahan material frame tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.  Ada 4 hal yang terkait dengan material bahan frame (sepeda) yaitu berat, kekuatan, manufacturability (keberlangsungan produksi), stiffness (kekakuan), density (kepadatan), dan durability (ketahanan).  Pada umumnya semakin ringan frame sebuah sepeda maka semakin baik dan semakin mahal tentunya. Namun, bukan berarti memilih frame sepeda dengan harga murah pasti kualitas framenya tidak bagus. Manakah bahan frame sepeda paling bagus menurut Anda? Memilih frame yang tepat bikin frame sepeda Anda terasa nyaman ketika dipakai. Pada ulasan ini infobacan memberikan tips bagaimana memilih frame sepeda yang cocok sesuai dengan kebutuhan bersepeda Anda.

Bahan Material Frame Sepeda Carbon Fiber

Photo credit
Bahan frame sepeda carbon fiber adalah sebuah frame yang terbuat dari bahan serat carbon yang dicetak sedemikian rupa menjadi sebuah frame sepeda. Carbon fiber juga biasanya digunakan pada material frame sepeda road bike dan mountain bike. Keunggulan frame sepeda carbon fiber adalah beratnya yang sangat ringan dan mudah dibentuk dengan berbagai desain frame sepeda yang aerogonomis. Kepadatan material logam lebih padat dibandingkan bahan material frame sepeda yang terbuat dari carbon fiber sehingga frame carbon fiber dapat meminimalisir getaran. Hal ini menjadikan frame sepeda carbon fiber sangat nyaman digunakan. Carbon fiber juga dapat dibuat dengan berbagai variasi desain, hal ini menjadikan pesepeda semakin mudah memilih frame mana yang paling sesuai dan meningkatkan aerogonmis. Selain itu, penggunaan bahan material frame carbon fiber tahan terhadap korosi karat. Dengan keunggulan tersebut, maka tidak heran frame yang terbuat dari carbon fiber tergolong mahal. Namun, kekurangan frame sepeda carbon fiber adalah kurang kuat menahan benturan sehingga mudah retak dan patah.

Bahan Material Frame Sepeda Titanium

Photo credit
Bahan frame sepeda titanium sudah dibuat sejak tahun 90’an sebelum carbon fiber digunakan sebagai bahan material frame. Frame sepeda yang terbuat dari bahan titanium adalah frame terbaik dibandingkan dengan frame yang terbuat dari bahan carbon, steel, dan alloy. Titanium lebih ringan dari steel (besi) dan alluminium serta lebih kuat dari carbon fiber. Merk sepeda yang banyak memproduksi bahan frame titanium misalnya sepeda "Litespeed" Titanium adalah salah satu logam yang paling langka di dunia. Harga frame sepeda titanium relatif mahal karena pembuatan frame titanium sangat sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, harga mahal ini sebanding dengan kualitasnya yang sangat nyaman untuk bersepeda. Ciri-ciri bahan frame sepeda titanium adalah warna logam titanium berwarna abu-abu seperti berminyak. Perbedaan bahan frame titanium dengan bahan frame aluminium adalah bahan frame titanium lebih mengkilap.




Bahan Material Frame Sepeda Alloy

Photo credit
Merk sepeda seperti Polygon dan United banyak menggunakan bahan frame sepeda yang terbuat dari aluminium. Bahan material frame sepeda yang paling banyak dipakai sekarang adalah bahan alloy (aluminium). Frame aluminium mempunyai performa yang baik untuk bersepeda, beratnya yang ringan, dan harganya terjangkau. Selain digunakan sebagai bahan pembuat frame sepeda, aluminium juga digunakan sebagai bahan untuk membuat komponen sepeda seperti stem, crank, dan handlebar. Frame aluminium mempunyai sifat logam yang lebih kaku dibandingkan dengan frame steel (besi/ hi-ten). Sifat yang lebih kaku pada logam aluminium sangat baik bagi pesepeda mengendalikannya. Salah satu kekurangan frame sepeda yang terbuat dari bahan aluminium adalah kurang dapat meredam getaran. Ciri-ciri bahan frame sepeda aluminium adalah mempunyai las-lasan pada sambungan tube yang sangat tebal dan tidak halus.

Bahan Material Frame Sepeda Chromoly

Photo credit
Chromoly adalah steel alloy (kombinasi steel, chromium, dan molybdenum). Frame sepeda yang terbuat dari chromoly lebih ringan dan lebih kuat daripada frame sepeda yang terbuat dari hi-tensile. Bahan chromoly masih banyak digunakan sebagai bahan pembuat frame sepeda BMX, sepeda Dirt Jump, dan frame sepeda touring. Bahkan sepeda touring kelas atas seperti Surly juga menggunakan bahan chromoly. Pada beberapa merk sepeda vintage seperti Bridgestone, KHS Montana, Diamond Back, Richey terbuat dari chromoly double/triple butted yaitu sebuah frame yang dibuat lebih tebal di bagian sambungannya sehingga sangat kuat. Ciri-ciri perbedaan bahan frame chromoly dengan frame hi-ten adalah ketika mengetuk dengan menggunakan jari tangan menghasilkan bunyi seperti kaleng (nyaring) karena bahannya lebih tipis dibandingkan dengan frame hi-ten. Ciri-ciri bahan frame chromoly biasanya terdapat sticker di frame sepeda bertuliskan "Cr-MO".




Bahan Material Frame Sepeda Hi Tensile Steel (Hi-Ten)

Photo credit
Bahan untuk membuat frame sepeda Federal biasanya terbuat dari bahan hi-ten. Hi Tensile Steel (Hi-Ten) adalah bahan material frame sepeda yang paling banyak digunakan. Frame Hi-Ten adalah frame sepeda paling murah diantara bahan material frame sepeda lainnya. Mengapa? Karena ketersedian bahannya yang banyak dan mudah membuatnya. Namun, kekurangan frame yang terbuat dari hi-ten adalah bobotnya yang berat sehingga membutuhkan tenaga yang banyak ketika mengayuhnya.

Itulah ulasan tentang material bahan frame untuk membuat sepeda kesimpulannya sebagai berikut:
Sumber: diterjemahkan dari www.performancesbike.com

Semua artikel terkait SEPEDA:

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: