Tips Persiapan Pernikahan bagi Laki-Laki dan Perempuan: Dana, Catering, Sewa Gedung Tenda Pernikahan

Pernikahan adalah peristiwa yang membahagiakan bagi sepasang insan manusia, laki-laki dan perempuan. Namun, terkadang pernikahan justru menjadi momok yang menyeramkan bagi seorang laki-laki karena harus mempersiapkan dana pernikahan. Infobacan akan mencoba sharing terkait persiapan dana pernikahan menurut Ahmad Gozali, seorang financial planner.

Nah, sebenarnya siapa sih yang seharusnya menyiapkan dana pernikahan? Orang tua ataukah anak? Pihak laki-laki atau perempuan? Jawabannya dalah semua perlu menyiapkan dana nikah. Kenapa? Karena semuanya mempunyai peran dalam pernikahan, baik kedua calon mempelai maupun kedua belah pihak orang tua laki-laki dan perempuan.
 
Persiapan pernikahan bagi laki-laki dan perempuan
courtessy: google image
Dalam kultur budaya masyarakat Indonesia, pihak perempuan yang akan menikah biasanya menjadi host (penyelenggara) pernikahan, sedangkan pihak laki-laki yang akan menikah biasanya memberikan barang-barang seserahan pernikahan. Jadi, pihak laki-laki yang akan menikah dapat menanggung 100% dana pernikahan atau memberikan dalam jumlah tertentu, tergantung bagaimana calon besan mengaturnya. Hal ini bisa dimusyawarahkan oleh kedua belah pihak calon pasangan pengantin.





Jika dilihat dari sudut pandang calon pengantin laki-laki atau perempuan, mempersiapkan dana pernikahan terkadang menjadi hal yang serba salah. Apalagi jika belum ada calonnya, menabung dana pernikahan seakan-akan menjadi kurang semangat. Jika sudah ada calonnya pun, waktunya pendek untuk mempersiapkan dana pernikahan.

Sudah ada atau belum ada calon pendamping hidup, sebaiknya dana pernikahan disiapkan dari sejak sekarang. Jadilah calon yang siap siaga. Jika sudah mempunyai calon pendamping hidup dalam berumah tangga, kemungkinan besar tidak akan sempat lagi berinvestasi mempersiapkan dana pernikahan. Kenapa? Karena investasi yang menguntungkan adalah investasi dalam jangka panjang. Jika Anda sudah ada calon pendamping hidup berumah tangga, maka sebaiknya disegerakan untuk menikah.

Berkaitan dengan dana pernikahan, ada beberapa biaya yang harus Anda persiapjan, antara lain mahar, barang seserahan pernikahan, legalitas surat di KUA, gedung atau tenda, konsumsi/ hidangan pernikahan, hiburan pernikahan, seragam, baju pernikahan, dekorasi, dll. Biasanya pengeluaran biaya terbesar adalah biaya konsumsi/hidangan pernikahan, bahkan bisa mencapai 50% dari total dana pernikahan. Biaya persiapan pernikahan jika dihitung secara kasar kemugkinan adalah dua kali biaya konsumsi.
Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui untuk menghemat dana pernikahan, diantaranya:
Menghemat Biaya Konsumsi Hidangan Pernikahan




Untuk menekan biaya konsumsi/hidangan pernikahan, Anda bisa mengurangi main buffet (menu hidangan utama pernikahan). Menu hidangan utama yang terlalu banyak variasinya terutama makanan berat biasanya tidak akan habis. Tamu undangan pernikahan akan lebih memilih makanan ringan pembuka seperti snack, kue, jajanan yang bervariasi. Salah satu manfaat variasi hidangan yang diletakan menyebar adalah tamu undangan tidak akan menumpuk pada satu antrian hidangan makanan.
Menghemat Biaya Seragam
Seragam keluarga atau panitia pernikahan adalah biaya terbesar kedua setelah konsumsi/hidangan pernikahan. Loh biaya seragam kan murah? Yah, benar jika kita menyewa atau membeli memang murah. Namun, akan besar biaya seragam jika dikalikan dengan jumlah sanak saudara atau panitia pernikahan. Bahkan biaya seragam sering membengkak di luar rencana karena bertambahnya saudara yang ingin memakai seragam pernikahan. Tips hematnya yaitu seragam pernikahan hanya diperuntukkan untuk saudara kandung. Sedangkan saudara yang lain bisa menggunakan dress code/pakaian masing-masing yang semotif atau warna sama.
Berapa Biaya Sewa Gedung Pernikahan?
Biasanya sewa gedung pernikahan tidak terlalu mahal, tergantung kapasitas jumlahnya dan lokasi pernikahan tentunya. Gedung biasanya juga mengambil untung dari rekanan catering pernikahan, jasa fotografer/video shooting pernikahan, dll. Sewa gedung pernikahan ini bisa memperbesar dana pernikahan dibandingkan resepsi di rumah.

Bagi Anda yang masih single (jomblo), mulailah menabung mempersiapkan dana pernikahan dari sekarang agar siap siaga sewaktu-waktu akan menikah. Semoga tips menghemat dana pernikahan ini bisa menjadi catatan sehingga dana pernikahan tidak membengkak.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andromo.dev615525.app658840

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: