Benarkah Cara Mengetahui Bacan Asli dan Bacan Palsu Dengan Menggerakan Touchscreen Layar Sentuh?

Apakah Anda pernah diberitahu oleh seseorang bahwa batu Bacan yang asli dapat menggeser layar sentuh touchscreen HP android. Bahkan informasi ini sudah beredar di internet termasuk di video youtube tentang batu Bacan menggeser layar sentuh touchscreen. Namun, apakah benar batu Bacan yang asli dapat menggeser layar sentuh touchscreen? Namun, sebelum membuktikan dan menjawab kebenaran tersebut sebaiknya Anda mengetahui bagaimana proses kerja teknologi layar sentuh touchscreen. 

Proses Cara Kerja Layar Sentuh Touchscreen

Tahukah Anda bahwa sebenarnya layar sentuh atau touchcreen pada smartphone seperti android memiliki dua lapisan. Lapisan tersebut terdiri atas lapisan atas yang bersentuhan langsung dengan jari tangan dan lapisan kedua yang berupa lapisan konduktor transparan yang menyimpan muatan listrik. Jari tangan merupakan salah satu konduktor (zat yang dapat menghantarkan listrik) sehingga ketika layar sentuh/touchscreen disentuh oleh jari terjadi perubahan muatan-muatan listrik pada lapisan kedua. Perubahan muatan listrik ini mengirimkan sinyal ke prosesor dimana letak koordinat bagian layar yang disentuh.

Prinsip konduktor dan isolator inilah yang menjadikan layar sentuh/touchscreen bekerja sehingga tidak semua benda dapat menggerakan layar sentuh seperti plastik, kuku jari, kain, dll. Mengapa? Karena plastik, kuku jari, kain bukanlah konduktor yang dapat menghantarkan listrik.

Mengapa Batu Bacan Dapat Menggerakan Layar Sentuh Touchscreen Bergeser?

Pada beberapa touchscreen HP android dapat bergerak ketika disentuh oleh batu Bacan. Mengapa? Karena mineral pada batu Bacan mengandung logam tembaga sehingga dapat menggerakan layar sentuh touchscreen. Selain batu Bacan, adakah batu akik jenis lainnya yang dapat menggerakan layar sentuh (touchscreen)? Ya, ada jenis batu akik lainnya yang dapat menggerakan layar sentuh (touchscreen) contohnya batu Badar Besi. Seperti batu Bacan yang mengandung logam tembaga, batu Badar Besi mengandung logam besi sehingga dapat menggeser layar sentuh (touchsreen). Mungkin hal ini juga bisa terjadi pada jenis batu akik lainnya yang dapat menggeser layar sentuh (touchscreen).

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kapur Batu Bacan

Apakah Untuk Mengetahui Batu Bacan Asli dengan Menggerakan Layar Sentuh Touchscreen?

Walaupun batu Bacan yang asli dapat menggerakan layar sentuh (touchscreen) tetapi hal ini tidak dapat menjadi patokan/acuan untuk mengetes atau membedakan batu Bacan yang asli dengan batu Bacan yang palsu. Berikut ini alasannya:
  • Batu Bacan palsu dapat direkayasa sedemikian rupa dengan melapisi permukaan batu menggunakan zat tertentu yang berfungsi seperti konduktor sehingga dapat menggerakan layar sentuh touchscreen.
  • Walaupun batu Bacan asli dapat menggerakan layar sentuh touhscreen. Namun, tidak semua layar HP smartphone android dapat bergerak ketika disentuh oleh batu Bacan. Hal ini terbukti pada HP android merk dan jenis tententu tidak dapat bergerak ketika disentuh batu Bacan misalnya Tablet Lenovo Yoga.
Lalu, bagaimana cara membedakan batu Bacan asli dengan batu bacan palsu? Cara paling akurat dan ilmiah untuk mengetahui batu Bacan asli adalah dengan megujinya di lab gemstone. Oleh sebab itu, jika Anda akan membeli batu Bacan asli dengan harga berjuta-juta sebaiknya belilah batu Bacan yang memiliki sertifikat. Begitu juga bagi Anda yang mempunyai batu Bacan sebaiknya buatlah sertifikat batu sebelum Anda jual. Ada banyak laboratorium gemstone seperti GRI(Gems Research International Laboratory), IGL (International Gemological Laboratory). Harga pembuatan sertifikat di GRI untuk ukuran besar Rp 400.000,-; ukuran kecil Rp 250.000,-; Gems ID dan origin Rp 200.000,-; Gem ID Rp 100.000,-; Rough setengah kg Rp 500.000,-. Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana hubungan antara batu Bacan dengan layar sentuh (touchscreen). 

Semua artikel terkait batu akik:
Baca juga artikel terkait Android:

Subscribe to receive free email updates: