Sakit Maag Akut Kronis Apa Obatnya? Cara Mengobati Sakit Maag atau Tukak Lambung Secara Alami


Apakah Anda sering mengalami sakit maag? Kenali sejak dini gejala sakit maag agar penyakit maag Anda tidak semakin parah. Sakit maag disebut juga dengan tukak lambung. Pada umumnya orang mengetahui penyebab sakit maag karena poduksi asam lambung atau HCL yang meningkat. Peningkatan asam lambung ini mnyebabkan perasaan yang tidak nyaman pada perut sepeti kembung, mual, dan sesak nafas. Menurut ilmu kedokteran, penyebab sakit maag bermacam-macam bisa karena pola makan yang tidak teratur atau infeksi pada lambung. Baca artikel ini untuk lebih detail mengenal sakit maag akut dan kronis.
Sakit maag dalam ilmu kedokteran lebih dikenal sebagai gastritis. Gastritis adalah peradangan pada mukosa (selaput) lambung. Kadang-kadang bisa mengakibatkan kerusakan atau pengikisan (erosi) mukosa tersebut bahkan mengakibatkan tukak (borok).
Ilustrasi foto: letthow.com

Faktor Penyebab Sakit Maag

Penyebab sakit maag akut dan kronis bermacam-macam bisa karena pola makan yang tidak teratur atau infeksi pada lambung. Berikut ini penyebab sakit maag:
  • Penyebab sakit maag karena penggunaan obat-obatan pereda nyeri (NSAID) seperti aspirin dan sebagainya.
  • Penyebab sakit maag karena merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  • Penyebab sakit maag karena stress dan kondisi psikologis yang buruk.
  • Penyebab sakit maag karena beberapa penyakit ginjal dan hati.
  • Penyebab sakit maag karena terjadinya cedera langsung pada lambung.
  • Penyebab sakit maag karena infeksi bakteri  Helicobacter Pylori.

Gejala-Gejala Sakit Maag

  • Gejala sakit maag, kesulitan pencernaan, perut kembung, dan asam lambung berlebihan.
  • Gejala sakit maag, rasa nyeri pada kawasan mulut lambung.
  • Gejala sakit maag, mual-mual yang kadang disertai muntah.
  • Gejala sakit maag, selera makan rendah dan turunnya berat badan.  

Kondisi Lambung dan Tubuh Saat Sakit Maag Kambuh

Saat sakit maag kambuh, terjadi pelepasan zat histamine yang mengakibatkan terjadinya pengikisan dan peradangan pada mukosa lambung akibat peningkatan sekresi asam lambung (gastric acid).
Pada gastritis dan infeksi bakteri Helicobacter Pylori pada mukosa, terjadi peningkatan produksi HCl. Kemudian, produksi HCl akan berkurang, sementara sel-sel darh putih banyak terdapat di mukosa lambung.
Pada gastritis, terjadi pembesaran ukuran kelenjar lambung, selain kelumpuhan dan penurunan jumlah. Terjadi pula penumpukan cairan di celah-celah antarsel (edema) yang memisahkan satu sel dari sel lainnya. Juga terjadi kekurangan cairan mucus lambung (mucous fluid).
Produksi hormone somatostatin yang berfungsi menghalangi pengeluaran gasterin berkurang, sehingga kadar gasterin meningkat dn mendorong terjadinya kerusakan mukosa lambung.
Berkurangnya produksi prostaglandin yang berfungsi membantu penyembuhan dan pemulihan  tukak melalui aktivasi cairan mucus lambung dan zat bikarbonat yang menetralkan asam.

Obat Herbal Untuk Sakit Maag Akut dan Kronis atau Tukak Lambung

Ada beberapa tanaman herbal untuk sakit maag/tukak lambung diantaranya Jamur Kayu (Ganoderma Lucidum), Kencur (Kaempferia Galanga), Sosor Bebek (Kalanchoe Pinnata).
Cara membuat obat herbal sakit maag akut dan kronis  dari Jamur Kayu dengan cara menjemur jamur kayu setelah kering lalu direbus untuk diminum.
  • Cara membuat obat herbal sakit maag dari kencur dengan cara bersihkan kulit kencur kemudian kunyah telan airnya. Kemudian minum air putih hangat.
  • Cara membuat obat herbal sakit maag dari Sosor Bebek dengan cara peras 5 lembar daun Sosor Bebek. Tambahkan sedikit garam kemudian minum.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Maag

Penderita sakit maag dilarang mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas. Selain itu, kurangi makanan mengandung protein karena sulit dicerna. Stop minum the, kopi, merokok, dan minum alkohol. Hindari stress agar sekresi asam lambung tidak meningkat.  

Penelitian Ilmiah Sakit Maag

Tukak lambung atau yang sering disebut sakit maag oleh orang awam salah satu penyebabnya adalah infeksi oleh kuman Helicobacter Pylori. Separuh dari orang terinfeksi kuman ini dapat mengakibatkan terjadinya kanker lambung. Walaupun banyak orang yang terinfeksi kuman ini, tidak mengalami keluhan apapun tetapi bakteri ini menyebabkan terjadinya tukak lambung dan kanker lambung. Bakteri Helicobacter Pylori ini sering ditemukan dalam lambung, pada lapisan luar mukosa lambung, jarang pada lapisan yang lebih dalam. Para peneliti mencoba mencari penyebabnya mengaa kuman ini jarang dapat hidup di lapisan dalam. Tenryata suatu bahan kimia, yang disebut Alfa 1,4-N-asetilgluseamin ditemukan di lapisan dalam mukosa lambung tetapi tidak di lapisan luarnya. Bakteri Helicobacter Pylori yang terkena bahan kimia ini akan menjadi kehilangan bentuknya menjadi tidak bergerak lagi, dan akhirnya mati. Efek yang ditimbulkannya serupa dengan efek antibiotika yang dapat melawan dan menghancurkan dinding sel bakteri.
Peneliti juga menemukan bahwa jenis kolesterol terntentu yang disebut Kolesterl-Alfa-D-Glukopiranosid, membantu bakteri Heliobakter Pilori untuk berkembang. Kedua penemuan ini membantu para peneliti merancang obat yang dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung dan mencegah kanker lambung yang disebabkan oleh bakteri Heliobakter Pilori.

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: