Benarkah Ada Cara Ampuh Menghilangkan Kapur Batu Bacan, Membuat Batu Bacan Kristal


Bagaimana cara membuat batu Bacan menjadi kristal? Bagaimana cara merawat batu Bacan hitam menjadi biru? Bagaimana mengangkat kapur dan menghilangkan kapur batu Bacan? Pertanyaan-pertanyaan seputar cara membuat  dan merawat batu Bacan menjadi kristal sangat sering ditanyakan oleh gemstone mania. Memang banyak informasi yang beredar tentang bagaimana cara membuat batu Bacan menjadi kristal. Mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa cara membuat batu Bacan menjadi kristal menggunakan minyak zaitun, air kelapa, air garam, dll. Apakah benar ada cara membuat batu Bacan menjadi kristal? Untuk membuktikannya, infobacan melakukan eksperimen dengan merendam bongkahan batu Bacan ke dalam beberapa cairan seperti minyak zaitun, air kelapa, air garam, air cuka, dan air panas.
batu bacan doko proses kristal

Cara Treatment Batu Permata Menurut Gemologi

Treatment pada batu permata adalah suatu cara agar batu permata lebih indah warnanya, lebih kristal, atau memperbaiki cacad batu permata. Treatment yang umum dilakukan pada batu permata antara lain:
  • Heating adalah cara treatment pada  batu permata dengan menggunakan suhu panas dan tekanan yang tinggi. Proses heating pada batu permata menjadikan batu permata lebih cerah dan bening. Tidak semua batu dapat ditreatment secara heating karena akan beresiko batu pecah atau berubah warna menjadi lebih kusam. Batu permata yang dapat ditreatment secara heating antara lain ruby, sapphire, tanzanite, citrine, topaz, aquamarine, apatite, dan zircon.
  • Dyeing adalah cara treatment batu permata dengan cara mengubah warna asli batu permata menggunakan cairan kimia berwarna. Batu permata yang biasa ditreatment secara dyeing adalah batu chalcedony dan mutiara. Cara mudah untuk mengetahui mutiara yang tidak alami (sudah di-dyeing) adalah dengan merendam mutiara tersebut selama beberapa hari. Pada mutiara yang sudah di-dyeing biasanya warna akan luntur.
  • Irridation adalah cara treatment batu permata dengan menggunakan iridasi neutron, gamma, ultraviolet, atau electron. Iridasi ini biasa digunakan pada treatment batu topaz.
  • Oiling adalah cara treatment batu permata dengan mengisi cairan pada batu permata yang mengalami retakan-retakan. Cairan yang digunakan dapat berupa resin, wax, atau zat lainnya yang menyerupai kristal. Sumber: diterjemahkan dari  http://www.gia.edu/gem-treatment
Baca juga Benarkah batu Bacan Asli dapat menggerakan touchscreen layar sentuh?


Hasil Eksperimen Cara Membuat Batu Bacan Menjadi Kristal

Eksperimen ini menggunakan bongkahan batu Bacan Palamea dengan cara direndam selama beberapa bulan pada beberapa cairan tertentu. Berikut ini hasil eksperimen tersebut.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan minyak zaitun? Jawab: Tidak benar. Infobacan telah mencoba merendam batu Bacan di dalam minyak zaitun selama beberapa bulan dan hasilnya tidak terjadi perubahan apapun. Namun, pada batu Bacan yang sudah dipoles menjadi cincin, mengoleskan minyak zaitun dapat membuat batu lebih mengkilap.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan isotonik (Pocarisweat)? Jawab: Tidak benar. Infobacan telah mencoba merendam bongkahan batu Bacan di dalam larutan Pocarisweat selama beberapa bulan. Hasilnya warna hitam pada batu Bacan luntur tetapi batu Bacan tersebut tidak berubah menjadi biru atau hijau.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan air kelapa? Jawab: Tidak benar. Infobacan telah mencoba merendam bongkahan batu Bacan di dalam air kelapa selama beberapa bulan. Hasilnya air kelapa seperti mengalami proses fermentasi dan batu Bacan menjadi putih seperti menjamur.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan air garam atau air laut? Jawab: Tidak benar. Infobacan telah mencoba merendam bongkahan batu Bacan di dalam air garam selama beberapa bulan dan tidak ada perubahan apapun.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan asam cuka? Jawab: Belum diketahui. Infobacan baru mencoba merendam bongkahan batu Bacan di dalam larutan air cuka selama satu minggu. Hasilnya air cuka berubah warna menjadi biru.
  • Benarkah cara membuat batu Bacan menjadi kristal dengan menggunakan air panas? Jawab: Belum diketahui tetapi cenderung benar. Infobacan baru mencoba merendam bongkahan batu Bacan di dalam air panas (panas dispenser) selama satu minggu. Hasilnya batu Bacan Blue Elektrik terlihat sedikit berubah menjadi kristal.
Eksperimen ini bukan panduan bagaimana cara membuat batu bacan atau batu permata lainnya menjadi kristal tetapi bertujuan untuk membuktikan mitos cara membuat batu bacan menjadi kristal. Sampai sekarang belum ada cara ilmiah yang terbukti dapat membuat batu bacan menjadi kristal. Sebaiknya Anda tidak mempercayai begitu saja terhadap informasi treatment batu bacan karena dapat beresiko batu bacan yang Anda miliki menjadi rusak.

Semua artikel terkait batu akik:

Subscribe to receive free email updates: