Tips Ramuan Resep Obat Tradisional Alami Menyembuhkan Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kanan dan Kiri


Sakit Pinggang Menurut Pengobatan Modern dan Tradisional

obat sakit pinggang
Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang belakang sebelah kanan dan kiri? Sakit pinggang dalam dunia kedokteran modern dikenal sebagai soft tissue injury lumbosakralis (cedera jarigan lunak) di sekitar pinggang, muscular rheumatism (rematik otot), prolapsed of lumbar interverbal discs, atau artitris lumbosakralis (radang pada tulang belakang). Sakit pinggang meliputi rasa sakit pada daerah lumbal (pinggang), baik satu sisi atau kedua sisinya, juga pada tulang belakang. Pada pengobatan sakit pinggang secara kedokteran modern, sakit pinggang tidak ada kaitannya dengan ginjal. Namun, dalam traditional medicine (pengobatan tradisional), pinggang adalah tempat bagi kedua ginjal. Oleh karena itu, sakit pinggang selalu dihubungkan dengan ginjal. Sakit pinggang dibagi menjadi sakit pinggang kronis dan akut. Sakit pinggang sering diakibatkan oleh rusaknya sirkulasi darah pada daerah pinggang karena kerja berat, tubuh yang sudah menua dan lemah, melemahnya ginjal, masuk angin, hawa dingin, dan lembab, juga karena trauma.

Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang belakang merupakan nyeri yang paling sering dirasakan. Keluhannya bermacam-macam dari hanya sekedar pegal linu hingga nyeri berat. Bahkan beberapa orang yang sakit pinggang ada yang sampai idak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.
Penyebab sakit pinggang bermacam-macam. Pada orang laki-laki di atas umur 40 tahun, biasanya karena da kelainan di tulang belakangnya. Keluahannya berupa nyeri pinggang yang timbul secara tiba-tiba yang dapat menjalar sampai ke area pantat. Sakit pinggang ada yang disertai mati rasa atau kesemutan. Rasa sakit pinggang akan bertambah jika disertai batuk, bersin, dan saat menggerakkan pinggang.
Sakit pinggang juga bisa disebabkan karena salah urat. Umumnya menimpa orang yang melakukan pekerjaan berat. Sakit pinggang tersebut hanya pada satu tempat saja tidak menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Sakit pinggang aan bertambah jika mengangkat beban berat, pinggang bergerak, saat jongkok, membungkuk, dan sujud. Sedangkan sakit punggung karena proses penuaan biasanya meyerang usia di atas 50 tahun, dimana sakit punggung ini timbul secara bertahap. Penyakit lainnya yang bisa menyebabkan sakit pinggang adalah kelainan kandungan, prostat, gangguan di usus besar, tumor, da herpes.

Mengobati dan Mencegah Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kanan dan Kiri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sakit pinggang penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena masuk angin (angin berlebih di dalam tubuh), sering mengangkat beban berat, kelainan ginjal, kelainan tulang pinggang (cedera), dan proses penuaan. Jika Anda mengalami sakit pinggang sebaiknya pastikan dahulu penyebabnya. Bagi Anda yang biasa bekerja pada ruangan ber-AC, mungkin sakit pinggang yang Anda rasakan karena angin yang berlebih akibat hawa dingin. Anda dapat menggunakan herbal masuk angin seperti jahe, minyak kayu putih, sereh, dll. Bagi orang yang sering duduk sebaiknya banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika Anda sering melakukan pekerjaan mengangkat beban berat, sebaiknya Anda mengurangi jumlah beban tersebut agar otot pinggang tidak berkontraksi secara berlebih. Bagi Anda yang berusia lanjut sebaiknya Anda menghindari pekerjaan yang berat, selain itu sebaiknya Anda sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium agar tulang tidak mengalami osteoporosis.    

Subscribe to receive free email updates: