Mengenal Jenis Batu Akik Termahal Indonesia dan Ciri-Cirinya

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki jenis batu akik yang khas. Ada jenis batu akik yang hanya dimiliki di daerah itu dan tidak ada di daerah lain. Diantara sekian jenis batu akik di Indonesia hanya beberapa jenis batu akik yang termahal diantara jenis batu akik lainnya. Inilah jenis akik termahal yang ada di Indonesia.
Jenis Batu Akik termahal dan termurah di Indonesia
Jenis Batu Akik di Indonesia

Batu Akik Bacan

Batu akik Bacan adalah batu permata yang berasal dari Pulau Kasiruta, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Batu akik Bacan adalah batu yang paling dicari oleh orang-orang. Perbedaan batu akik Bacan dengan jenis batu akik lainnya seperti batu akik ijo garut, sungai dareh, dll adalah keunikan batu akik Bacan yang bisa berubah menjadi Kristal. Perubahan batu akik ini memang unik tidak dapat ditemukan pada jenis batu akik lainnya, perubahan batu akik Bacan dimulai dari batu berwarna hitam menjadi berwarna biru atau hijau. 
Batu Bacan memiliki beberapa jenis batu Bacan yaitu bacan Doko, bacan Palamea, bacan Blue Elektrik, bacan Kembang, bacan Putih, bacan Hati Gorango, dll. Jenis Batu akik Bacan yang paling diminati adalah bacan Doko. 
Harga batu akik Bacan termurah adalah ratusan ribu rupiah dengan warna yang masih hitam. Batu akik Bacan termahal harganya bisa mencapai puluhan juta dengan bentuk yang sudah Kristal. Jika Anda membeli batu akik Bacan sebaiknya berhati-hati karena banyak batu akik Bacan palsu yang dijual. Sebaiknya pastikan batu akik Bacan tersebut batu akik Bacan asli sebelum membeli. 
Baca juga Benarkah batu Bacan Asli dapat menggerakan touchscreen layar sentuh?

Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik Sungai Dareh adalah batu akik yang berasal dari Sumatera Barat. Batu akik Sungai Dareh disebut juga batu Giok Kandi. Batu akik Sungai Dareh termasuk batu Idocrase. 




Batu akik Sungai Dareh memiliki warna hijau atau hijau kekuning-kuningan. Ada 2 jenis batu akik Sungai Dareh yang dikenal masyarakat yaitu jenis batu akik Sungai Dareh Pucuk Pisang dan batu akik Sungai Dareh Kumbang. 
Harga batu akik Sungai Dareh lebih murah dibandingkan batu akik Bacan. Batu akik sungai Dareh bisa menjadi alternatif bagi Anda yang susah mendapatkan batu Bacan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kapur Batu Bacan 

Batu Akik Solar Aceh

Batu akik Solar Aceh adalah salah satu batu akik yang berasal dari Aceh tepatnya di Takengon dan Nagan Raya. Batu akik Solar Aceh memiliki warna cokelat kekuningan. 
Batu akik Solar Aceh jika tidak terkena cahaya berwarna gelap tetapi jika terkena cahaya atau disenter terlihat seperti sinar matahari. Mungkin inilah kenapa batu akik ini disebut batu akik Solar, dalam bahasa Inggris Solar berarti matahari. 
Jika Anda menyukai warna yang tidak terlalu mencolok batu akik Solar Aceh bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Batu Akik Hijau Garut

Batu akik Hijau Garut seperti namanya, batu akik ini berasal dari Garut, Jawa Barat. Batu akik ini memiliki warna hijau. Batu akik Hijau Garut mirip seperti batu Bacan. 
Batu akik Hijau Garut termasuk jenis batu chrysopase sedangkan batu akik Bacan termasuk batu chryssocolla in chalcedony.
Bagi Anda yang belum mengenal batu akik tentu akan sulit membedakan batu akik Hijau Garut dengan batu akik Bacan. Perbedaan batu akik Hijau Garut dengan batu akik Baca ada pada seratnya.  




Batu Akik Barjad Api atau  Fire Opal

Batu akik Barjad Api/Fire Opal disebut juga batu akik Barjad Api. Batu akik Barjad Api/Fire Opal berasal dari Wonogiri dan Pacitan. 
Batu akik Barjad Api/Fire Opal mempunyai keunikan jika terkena sinar matahari berkilau bagaikan api yang menyala. Perbedaan batu akik Barjad Api/Fire Opal dengan batu akik Opal Kalimaya Banten adalah pada warnanya. 
Batu akik Barjad Api/Opal Kalimaya Banten memiliki warna-warni bagaikan pelangi sedangkan batu akik Barjad Api/Fire Opal hanya memiliki satu warna saja. Batu akik Barjad Api/Fire Opal memiliki berbagai jenis warna diantaranya batu akik Barjad Api/Fire Opal warna kuning, batu akik Fire Opal warna merah, batu akik Barjad Api/Fire Opal warna putih, dan batu akik Barjad Api/Fire Opal warna orange.   

Semua artikel terkait batu akik:



Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: