Panduan Memilih Hierarki Level Groupset Shimano Deore, XT, Tourney, Altus, Acera, Alivio, SLX, XT, XTR

Sejarah Shimano Berawal dari Kota Pedang dan Pistol

Pasti Anda tahu merk Shimano, sebuah nama merk komponen sepeda yang berfungsi sebagai perpindahan gigi sepeda. Namun, apakah Anda tahu bagaimana awal mula perusahaan ini berdiri? Shimano didirikan oleh Shimano Shozaburo di kota Sakai, dekat Osaka, sebuah kota yang terkenal dengan pembuatan pedang dan pistol. Bagaimana Shimano Shozaburo seorang anak petani bisa mendirikan perusahaan internasional? Shimano Shozaburo setelah lulus SMA magang pada sebuah pabrik besi. Kemudian, dia mendirikan perusahaannya sendiri bernama Shimano Iron Works Co, Ltd dan berubah menjadi Shimano Industrial pada tahun 1951.  Produk pertamanya single-speed freewheel (gir sepeda bagian belakang). Setelah sepuluh tahun berjalan, Shimano mengekspor produknya sampai ke China.  
Shimano Altus


Shimano mulai membuat groupset Shimano derailleurs pada tahun 1956 yaitu komponen sepeda yang berfungsi untuk memindahkan rantai sepeda pada gigi-gigi sepeda. Perusahaan ini terus berkembang hingga sekarang. Tahukah Anda? Selain memproduksi komponen sepeda, Shimano juga memproduksi komponen alat pancing dan peralatan snowboarding.

Hierarki Level Shimano untuk Sepeda MTB

Groupset adalah satu set komponen sepeda yang berfungsi sebagai system perppindahan gigi. Groupset Shimano ini terdiri atas front derailleur (FD), rear derailleur (RD), Shifter, rantai, Sprocket (gir belakang), dan crankset (gir depan). Jika Anda memiliki sepeda MTB coba perhatikan derailleur (operan gigi) pada sepeda Anda. Jika sepeda Anda memakai Shimano mungkin derailleurs yang Anda pakai kemungkinan bisa Tourney, Altus, Acera, Alivio, Deore, XT, dan XTR. Apa yang membedakan groupset tersebut? Yang membedakan groupset Tourney, Altus, Acera, Alivio, Deore, XT, dan XTR adalah kualitas, kekuatan, ketahanan, kecepatan, dan harga. Secara hierarki, level groupset Shimano dapat diurutkan dari yang tinggi (kualitasnya) ke rendah kualitasnya sebagai berikut:





  • Shimano XTR adalah groupset paling mahal karena dibuat dari material yang berkualitas tinggi tahan karat seperti alloy (alumunium) bahkan titanium. Groupset ini sangat kuat, ringan, cepat, halus dalam perpindahan giginya. Groupset ini digunakan oleh atlet professional sepeda untuk kompetisi sepeda seperti offroad racing.
    sumber: google image
  • Shimano XT adalah groupset setingkat di bawah XTR, cocok digunakan bagi Anda yang hobi bersepeda ekstrem melalui jalur pegunungan.
    sumber: google image
  • Shimano SLX adalah groupset setingkat di bawah XT cocok untuk digunakan untuk cross country racing. Crankset SLX sudah menggunakan teknologi hollowtech.
    sumber: google image





  • Shimano Deore adalah mid level groupset cocok untuk digunakan oleh pemula di arena XC racing.
    sumber: google image
  • Shimano Alivio adalah entry level mid groupset. Cocok untuk medan offroad ringan. Teknologi Shimano Alivio mempunyai kecepatan 8 speed.
    sumber: google image
  • Shimano Acera adalah groupset yang cocok digunakan untuk fun biker. Shimano Acera lebih kuat daripada Shimano Altus dan Shimano Tourney.
    sumber: google image
  • Shimano Altus adalah groupset yang cocok digunakan untuk sepeda santai, tidak cocok untuk medan yang berat.
    sumber: google image
  • Shimano Tourney adalah groupset dengan level terendah cocok digunakan untuk sepeda santai di jalan yang mulus. 
    sumber: google image
Semua artikel terkait SEPEDA:


Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: