Jenis Batu Akik Sungai Dareh Super Kristal Kumbang Jati dan Pucuk Pisang Dikenal Idocrase di Dunia Internasional

Asal Usul Batu Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh berasal dari Sumatera Barat tepatnya di daerah Sungai Dareh. Ada 2 jenis batu akik Sungai Dareh kristal yaitu batu akik Sungai Dareh Kumbang Jati dan Sungai Dareh Pucuk Pisang. Sebenarnya batu Sungai Dareh ini sudah ditemukan dan dikenal sejak tahun 1970. Pada masa itu masyarakat menyebutny sebagai “Giok Kandi”. Batu Sungai Dareh disebut sebagai Giok Kandi karena batu ini pertama kali ditemukan di Sungai Kandi dan Bukit Puti Bungsu Solok Selatan.  Sebutan lain, batu Sungai Dareh adalah batu Lumuik, batu Lumut, Giok Sumatera, dan Giok Kandi.
sumber:google image

Jenis-Jenis Batu Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh memiliki beberapa corak dan warna. Warna dominan batu Sungai Dareh adalah berwarna hijau kekuning-kuningan. Ada dua jenis Batu Sungai Dareh yang dikenal di masyarakat yaitu Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang dan Batu Sungai Dareh Kumbang Jati. Penamaan tersebut sesuai dengan ciri-ciri yang melekat pada warna pucuk daun pisang dan warna tubuh kumbang. Mana yang lebih bagus dan mahal antara Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang dan Batu Sungai Dareh Kumbang? Bagus dan mahalnya tergantung dari selera masing-masing orang. Baca juga Benarkah batu Bacan Asli dapat menggerakan touchscreen layar sentuh?

Cara Mendapatkan dan Mengolah Cincin Batu Sungai Dareh

Bahan bongkahan atau rough Sungai Dareh diperoleh dari dasar sungai. Bongkahan Sungai Dareh ini dikumpulkan kemudian disortir mana batu Sungai Dareh yang bagus dan Sungai Dareh yang tidak bagus. Cara menyortirnya cukup sederhana menggunakan senter. Setelah bongkahan Batu Sungai Dareh disortir kemudian dipotong dengan menggunakan mesin pemotong. Bongkahan Sungai Dareh yang telah dipotong kemudian dibentuk sesuai keinginan misalnya dibuat cincin, gelang, kalung, dan liontin.

Batu Sungai Dareh Disebut Juga Idocrase

sumber: google image
Batu Sungai Dareh dikenal sebagai jenis Idocrase di dunia Internasional gemstone. Berdasarkan beberapa website luar negeri, Idocrase merupakan salah satu gemstone yang langka, bisanya ditemukan dengan warna hijau dan kuning kecoklatan. Batu Sungai Dareh mengandung mineral silicate dengan unsur kalsium-aluminium-silicate. Selain disebut sebagai Idocrase, Sungai Dareh juga disebut Vesuvianite. Nama Vesuvianite ini diambil dari nama gunung Vesuvius dimana batu Idocrase pertama kali ditemukan.
Nama Idocrase berasal dari bahasa Yunani dari kata “eidos” dan “krausis” yang berarti “form” dan “mixture”. Idocrase pertama kali diidentifikasi secara laboratorium oleh gemologist Jerman, Abraham Gottlob Werner pada tahun 1975. Werner juga orang yang pertama kali menemukan chrysoberyl yaitu salah satu gemstone yang terkenal dengan fenomena cat eye-nya. Werner adalah guru dan mentor Friedrich Mohs, seorang pembuat skala Mohs yang menjadi satuan kekerasan batu.

Harga Batu Sungai Dareh Termahal dan Termurah

sumber:google image
Batu Sungai Dareh merupakan salah satu batu akik yang paling dicari sehingga harga batu ini relatif mahal. Harga batu Sungai Dareh ditentukan oleh kualitas warna, Kristal, dan ukuran. Semakin bersih dan kristal maka harganya pun semakin mahal. Harga batu Sungai Dareh termahal bisa mencapai jutaan rupiah.  


Semua artikel terkait batu akik:

Subscribe to receive free email updates: