Panduan Membeli Sepeda Terbaik: Nyaman, Murah, dan Ukuran Sepeda Pas dengan Tinggi Badan

Perbandingan Kecepatan Sepeda

Ukuran Sepeda
Kecepatan dan keringanan dalam mengayuh sepeda ditentukan oleh bobot frame, ukuran diameter roda, ukuran ban, dan ukuran gear (crankset dan sprocket) yang dipakai. Diantara jenis sepeda, sepeda road bike adalah sepeda yang paling cepat lajunya. Urutan kedua adalah sepeda hybrid, urutan ketiga sepeda MTB, ukuran keempat sepeda Touring, urutan kelima sepeda lipat. Namun, bukan berarti kecepatan sepeda ini yang menjadi patokan kenyamanan sebuah sepeda ketika dipakai. Sepeda roadbike memang cepat tetapi sadel sepeda ini sangat tipis sehingga membuat pantat Anda pegal. Selain itu, sepeda roadbike hanya bisa digunakan di jalan beraspal mulus. Bijaklah dalam membeli sepeda.

Baca juga: Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda Gunung MTB, XC, Downhill, dan Dirt Jump

Perbandingan Bobot Berat Sepeda

Berat  Sepeda
Bobot sepeda yang paling ringan adalah sepeda balap atau roadbike. Bobot sepeda ini ditentukan oleh jenis logam yang digunakan untuk membuat frame sepeda. Bahan frame yang paling ringan adalah bahan carbon. Selain carbon, masih ada bahan lain seperti chromoly, alloy (alumunium), dan Hi-ten. Bahan carbon memang paling ringan tetapi mudah retak dan patah. Frame sepeda yang terbuat dari bahan chromoly adalah bobot teringan setelah bahan carbon. Selain ringan, bahan chromoly juga kuat menahan benturan dan baik untuk meredam getaran. Bahan teringan selanjutnya adalah bahan alloy dan bahan paling berat adalah bahan Hi-ten.

Perbandingan Harga Sepeda

Tabel Ukuran Frame Sepeda
Harga sepeda ini ditentukan oleh merk dan kualitas komponen sepeda yang dipakai. Jika Anda memakai sepeda untuk kegiatan santai cukup membeli sepeda dengan harga murah dengan groupset shimano tourney. Jika Anda menggunakan sepeda untuk kegiatan seperti comuter atau bike to work pilihlah sepeda yang mempunyai komponen groupset seperti shimano acera. Jika Anda ingin menjadi seperti atlet profesional, Anda dapat menggunakan komponen pro dengan harga mahal tentunya.

Ukuran Sepeda dan Cara Mengukurnya

Cara Mengukur Frame Sepeda
Salah satu yang perlu Anda perhatikan dalam membeli sepeda adalah berapa tinggi badan Anda disesuaikan dengan ukuran frame sepeda. Untuk mengukur sepeda mana yang sesuai ukuran tinggi badan Anda, cara mengukurnya adalah dengan cara Anda berdiri di atas frame sepeda. Jika frame sepeda yang Anda ukur menyentuh selangkangan berarti masih terlalu tinggi untuk ukuran Anda. Pilihlah sepeda yang framenya tidak menyentuh selangkangan saat Anda berdiri di atasnya.

Perbandingan Mek Sepeda

Logo Merk Sepeda
Ada berbagai macam jenis sepeda. Merk sepeda dalam negeri asli buatan Indonesia misalnya Polygon, Wimcycle, United, dll. Merk sepeda luar negeri misalnya Scott, Schwin, Giant, Miyata, dll. Merk sepeda terbaik buatan dalam negeri saat ini masih Polygon, United, dan Wimcycle.

Keputusan Terbaik Membeli Sepeda

Ukuran Sepeda
Kenyamanan dalam menggunakan sepeda bukan ditentukan oleh harga, bobot sepeda, dan merk. Kenyamanan sepeda ini ditentukan oleh kesesuaian penggunaanya. Jika Anda ingin menjadi atlet balap sepeda sebaiknya Anda membeli sepeda roadbike. Jika Anda menggunakan sepeda untuk sepeda santai dan sepeda bike to work, Anda dapat membeli sepeda MTB atau sepeda lipat.

Semua artikel terkait SEPEDA:


Subscribe to receive free email updates: