Inilah Perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh

Bagi orang yang belum mengenal batu Bacan, mungkin akan sulit membedakan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh. Apalagi membedakan batu Bacan dengan Hijau Garut dari warnanya yang kristal hijau sangat susah membedakannya. 
 
Batu Bacan Mirip Hijau Garut

Bagi Anda yang baru mengenal batu Bacan sebaiknya berhati-hatilah saat membeli batu Bacan Doko super berwarna hijau harga murah bisa jadi batu Bacan Doko Super tersebut adalah batu Bacan Doko sintetis atau bisa jadi batu Hijau Garut. Jangan sampai Anda tertipu ketika membeli batu Bacan. Kenalilah betul perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh sebelum Anda membeli batu Bacan. Berikut ini perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh.  

Perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh Pada Kandungan Mineral di Balam Batu

Berdasarkan uji laboratorium gemologist. Berdasarkan kandungan mineralnya, batu Bacan mengandung Chrysocolla in Chalcedony. Berbeda dengan batu Bacan, batu hijau Garut termasuk batu Chrysopasse in Chalcedony. Sedangkan batu Sungai Dareh dan Giok Lumut Aceh termasuk batu Indocrase. Chrysocolla sendiri memegang peranan penting dari pembentukan warna pada batu Bacan, terdiri dari blue-green, bluish-green, greenish-blue, green-green dsb.  




Batu Ijo Garut Mirip Bacan

Chrysocolla hanya memiliki tingkat kekerasan rendah namun Chrysocolla adalah salah satu jenis mineral yang terkenal dalam dunia batu permata. Chrysocolla sering ditemukan bercampur dengan quartz atau "menyatu" dengan chalcedony. Maka dari itu sering kita dengar istilah Chrysocolla Chalcedony, Chrysocolla Agatized ataupun Quartz Chrysocolla. Chrysocolla yang murni sangat lembut dan rapuh dengan kadar kekerasan sekitar 2.5 - 3.5 Mohs Scale dan tidak cocok untuk permata faceted atau cabochons. Namun, Chrysocolla yang menyatu dengan chalcedony memiliki kekerasan yang tinggi yaitu sekitar 7 Mohs Scale dan sering disebut "Gem Silica" atau "Chrysocolla Chalcedony" dalam dunia perdangan batu international. Chrysocolla Chlacedony tahan lama dan dapat digosok atau difaset untuk digunakan sebagai batu permata. Chrysocolla terkadang juga ditemukan."menyatu" dengan Azurite dan Malachite. 

Perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh Pada Warna Batu

Batu Bacan memiliki warna yang beragam dari biru muda, biru tua, hingga hijau. Warna batu Bacan akan berubah tergantung intensitas cahaya yang mengenai batu bacan. Hal ini terjadi karena kandungan mineral di dalam batu Bacan mengalami pembiasan sehingga ada batu Bacan berwarna biru ketika disorot cahaya senter berwarna hijau. 
Gambar Batu Sungai Dareh Kristal




Batu Hijau Garut berwarna seragam satu warna yaitu hijau perubahan warnanya hanya berubah dari warna hijau tua menjadi semakin muda apabila terkena cahaya. Batu Sungai Dareh berwarna hijau kekuning-kuningan. Sedangkan batu Lumut Aceh berwarna hijau tua pekat. 

Baca juga Mengenal Ciri-Ciri Bacan Palamea.

Perbedaan Batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh Pada Serat Batu dan Daerah Asal Batu Berasal

Perbedaan serat batu sulit dijelaskan dalam bentuk tulisan hanya dengan melihat langsung batunya kita membedakan serat batu Bacan, Ijo Garut, Sungai Dareh, dan Lumut Aceh. Namun, sedikit batu Bacan mempunyai serat yang khas. Sedangkan batu Hijau Garut mempunyai serat seperti batu Chalcedony semacam serat batu kecubung atau obi. Batu Sungai Dareh mempunyai serat bintik-bintik sayur. 
Gambar Giok Lumut Aceh

Batu Lumut Aceh mempunyai serat kasar. Berdasarkan asal daerahnya batu Bacan berasal dari Pulau Kasiruta, Kabupaten Halmahera Selatan. Batu Hijau Garut berasal dari Garut, Jawa Barat. Batu Sungai Dareh berasal dari Sumatera Barat. Batu Lumut Aceh berasal dari Nangroe Aceh Darussalam.


Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: