Fire Opal Wonogiri Si Barjad Api Terkenal Seantero Dunia

Fire Opal Wonogiri adalah salah satu batu permata atau gemstone yang paling indah di dunia. Fire Opal Wonogiri telah ikut kontes gemstone Internasional. Fire Opal Wonogiri ini warnanya pun beragam dari warna merah, kuning, dan orange.  Di Indonesia batu ini disebut juga barjad api karena kilauan batunya seperti api yang menyala. Efek nyala api ini disebabkan karena sejumlah kandungan besi zat penyusun kimianya. Warna batu fire opal diantaranya:
  • Batu fire opal putih disebut juga white fire opal.
  • Batu fire opal merah disebut juga red fire opal.
  • Batu fire opal kuning disebut juga yellow fire opal.

Gambar Fire Opal
sumber:babulsantai[dot]wordpress[dot]com
Gambar Fire Opal Wonogiri
sumber:babulsantai[dot]wordpress[dot]com
Perbedaan Fire Opal Wonogiri dengan Opal Kalimaya adalah warna pada Opal Kalimaya lebih banyak seperti pelangi.  Selain di Wonogiri, batu ini hanya terdapat di Meksiko, Honduras, Guatemala, Amerika, Australia, Ethiopia, dan Turki. Fire Opal memiliki kekerasan 5,5 sampai dengan 7 Mohs. Batu fire opal ternyata sudah dikenal pada zaman Majapahit. Hal ini dapat ditemukan di situs Wilwatikta. Pada zaman Majapahit batu fire opal menjadi simbol kebangsawanan. 


Baca juga Benarkah batu Bacan Asli dapat menggerakan touchscreen layar sentuh?


Gambar Barjad Api Wonogiri
sumber:babulsantai[dot]wordpress[dot]com
Gambar Barjad Api Wonogiri
sumber:babulsantai[dot]wordpress[dot]com
Selain ditemukan di Wonogiri, batu Fire Opal ini juga ditemukan di Pacitan. Pacitan sendiri adalah sebuah daerah di pesisir selatan Jawa Timur bagian barat. Selain keindahan batu Fire Opal, Kabupaten ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah terutama pantainya. Batu Pacitan sendiri mempunyai berbagai jenis seperti red baron, red chalcedony Pacitan, dan Fire Opal Pacitan. Kemungkinan lokasi depositnya membentang dari Jawa Tengah sampai dengan Jawa timur bagian Selatan. Untuk mendapatkan fire opal yang berkualitas bagus harus dipilih bahan atau rough fire opal yang tidak berkapur atau berasap. Ciri-ciri bahan fire opal yang bagus ini bahan tembus dan berkilau nyala api saat disenter. Inilah foto-foto keindahan batu fire opal.
Gambar Fire Opal Wonogiri
sumber:babulsantai[dot]wordpress[dot]com

Subscribe to receive free email updates: