Kerajinan Daur Ulang Botol Bekas Lampion, Pot, dan Kanopi

Kreativitas Mendaur Ulang Botol Plastik Menjadi Barang Bermanfaat

Sapu Botol Bekas
Botol bekas minuman ternyata dapat disulap menjadi barang yang unik dan bermanfaat. Daripada kita membuangnya ke tempat sampah lebih baik kita recycle dengan ide kreatif. Tahukah Anda bahwa botol plastik bekas dapat dijadikan alat pengusir dan pembasmi nyamuk, sapu, lampu tenaga surya, rakit, lampion, atap kanopi rumah, pot gantung, wadah perhiasan, semprotan untuk menyiram taman, dan kuas untuk melukis. Berikut ini cara pembuatannya.

Alat Pengusir dan Pembasmi Nyamuk Terbuat Dari Botol Bekas

Alat Pembasmi Nyamuk
Sumber: cerpen.co.id
Cara membuat alat pengusir dan pembasmi nyamuk dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol plastik bekas kemudian potong menjadi dua bagian Bagian bawah diisi air gula dan ragi roti. Letakan bagian atas botol secara terbalik di atas potongan botol pertama. Bungkus botol tersebut dengan kertas bekas atau koran bekas. Letakkan di sudut ruangan yang gelap. Mudah dan simpel bukan? Lets try it at home.

Sapu Terbuat Dari Botol Bekas

Membuat Sapu dari Botol Plastik Bekas
Sumber: boredpanda.com
Cara membuat sapu dari botol plastik bekas cukup sederhana. Siapkan 4 botol plastik bekas. Potong bagian dasar bawah botol. Dengan menggunakan gunting, suir-suirlah botol tersebut sehinggan menjadi serat. Tumpuk keempat botol yang sudah jadi menjadi satu. Pada bagian mulut botol pasanglah dengan gagang sapu.  Mudah dan simple bukan? Lets try it at home.

Lampu Tenaga Surya Dari Botol Bekas

Pasang Botol di Ata Rumah
Botol Menyala Seperti Lampu
Sumber: boredpadanda.com




Cara membuat lampu tenaga surya dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol plastik bening. Isi botol dengan air jernih. Pasang botol di atas atap yang telah dilubangi sehingga sinar matahari masuk membus botol yang berisi air tadi.

Kanopi  Rumah Dari Botol Bekas

Atap Kanopi Botol
Sumber: boredpanda.com
Cara membuat kanopi atap rumah dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan banyak botol bekas. Isi botol bekas tersebut dengan air yag telah diberi warna. Gantung botol-botol tersebut secara rapat sehingga menjadi atap kanopi. 

Kuas untuk Melukis Dari Botol Bekas

Melukis dengan Botol
Sumber: boredpanda.com
Cara melukis dengan botol bekas cukup mudah. Siapkan botol bekas, gambar pola batang dan ranting pohon. Celupkan bagiang bawah botol ke cat air kemudian tempelkan pada kanvas lukis.

Pot Gantung Dari Botol Bekas

Pot Botol Gantung
sumber: boredpanda.com




Cara membuat pot gantung dari botol bekas cukup mudah. Siapkan botol bekas. Potong bagian samping botol kemudian isi dengan tanah. Gantung botol tersebut pada pagar atau dinding rumah.

Semprotan Untuk Menyiram Taman Dari Botol Bekas

Alat Penyemprot Taman
sumber: google image
Cara membuat semprotan untuk menyiram taman dari botol bekas cukup mudah. Siapkan botol bekas. Lubangilah botol tersebut dengan lubang yang banyak bisa menggunakan kawat atau paku yang dipanasi. Sambungkan bagian mulut botol dengan selang, ikat dengan kencang sehingga air keluar menyembur melalui lubang-lubang yang telah dibuat.

Wadah Perhiasan Dari Botol Bekas

Wadah Perhiasan dari Botol
sumber:boredpanda.com
Membuat wadah perhiasan bertingakat dari botol bekas cukup mudah. Siapkan 4 botol bekas dan besi ulir. Potong bagian bawah botol dan lubangi bagian tegahnya. Masukan besi ulir ke lubang botol kemudian kunci dengan baut.

Rakit, Perahu Dari Botol Bekas

Rakit Perahu dari Botol
sumber:boredpanda.com
Cara membuat rakit atau perahu dari botol cukup sederhana. Siapkan banyak botol. Rangkai botol secara berdiri membentuk rakit.

Lampion Dari Botol Bekas

Lampion Botol Bekas
Lampion Botol Bekas
sumber:google.com
Cara membuat lampion dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol bekas dan sendok plastik. Potong bagian bawah botol dan potong juga gagang sendok. Tempelkan sendok- sendok tersebut di seluruh bagian botol.


Bagaimana? Menarik bukan? Mulai sekarang kumpulkan botol plastic bekas di rumah Anda. Selain bermanfaat, kita juga ikut menjaga lingkungan dari sampah. Go green!

Masukan Email Anda untuk Berlangganan Info Terbaru: