Batu Bacan Alat Investasi Alternatif Selain Emas

Investasi Batu Bacan

Sebelum batu Bacan terkenal seperti sekarang ini, batu Bacan dahulu tidak ada nilainya pada tahun 1960-an. Pada saat itu, masyarakat di Pulau Bacan lebih menyukai bacan berwarna merah yang disebut batu Bacan Hati Gorango atau batu Bacan Hati Hiu. Mungkin seandainya dahulu orang tahu atau dapat memprediksi bahwa batu Bacan akan menjadi salah satu batu permata yang paling dicari orang mungkin dia akan mengumpulkan banyak-banyak dan disimpan agar suatu saat bisa dijual.
investasi batu bacan
sumber: bacanmania.com
Fenomena batu akik yang melanda hampir seluruh Indonesia memang suatu hal yang unik. Dahulu, orang yang memakai batu cincin akik adalah kalangan orang tua bahkan dicitrakan seperti dukun. Namun, sekarang bahkan anak muda pun memakai cincin akik batu Bacan. Pernah suatu ketika di daerah Jakarta ada seorang anak kecil usia SD merengek meminta kepada Bapaknya agar dibelikan cincin akik. Selain dari berbagai umur, pecinta cincik akik terutama cincin batu Bacan berasal dari berbagai kalangan dari kalangan bawah sampai kalangan menengah ke atas. Pecinta cincin batu Bacan juga berasal dari berbagai profesi tukang sapu jalanan, PNS, karyawan wiraswasta sampai pengusaha kaya. Entah karena menjadi gengsi orang memakai cincin batu Bacan atau memang karena keindahan batu Bacan itu sendiri. Yang pasti, sering diadakannya pameran batu di berbagai tempat masyarakat semakin mengenal berharganya nilai batu mulia seperti batu Bacan.

Prediksi Musim Batu Bacan, Berapa Lama Musim Batu Bacan 

Saya telah melakukan beberapa riset, penelitian, dan analisis berdasarkan pencarian mesin pencari (search engine) google dengan kata kunci “Bacan” ternyata statistik menunjukan ada peningkatan yang sangat pesat orang yang mencari di google dengan mengetik kata “Bacan” dari jumlah ratusan ribu pada awal tahun 2014 menjadi dua juta pada akhir tahun 2014. Prediksi saya, sampai beberapa tahun mendatang semakin banyak orang mencari dan ingin memiliki batu Bacan. Berdasarkan pengalaman bila satu wilayah tempat katakanlah di suatu kantor, satu orang memakai batu Bacan maka kemungkinan besar menular kepada orang lain. Oleh sebab itu, jika sekarang Anda belum memiliki batu Bacan maka masih ada kesempatan untuk memilikinya sebelum harganya semakin mahal.

Membeli Batu Bacan untuk Investasi

Sebagaimana logam mulia emas, batu permata seperti batu Bacan juga bisa dijadikan alat investasi. Tahukah Anda bahwa sekarang setiap pejabat yang memiliki batu Bacan harus melaporkan di LHP kepada KPK sebagai harta kekayaan.  Selain itu, batu Bacan sangat mudah dijual misalnya batu Bacan dijual di Pegadaian. Harga batu Bacan akan terus naik sebagaimana hukum ekonomi permintaan dan penawaran semakin hari semakin banyak orang yang mencari sementara penambangan batu Bacan akan semakin habis. Jika Anda belum memiliki batu Bacan sebagai alat investasi dan ingin membeli, ada baiknya Anda membaca artikel di blog ini agar Anda tidak tertipu saat membeli. Tips yang dapat saya berikan jika Anda ingin membeli batu Bacan untuk investasi antara lain:
  • Jika Anda ingin membeli batu Bacan untuk investasi, belilah batu Bacan di penjual terpercaya.
  • Jika Anda ingin membeli batu Bacan untuk investasi, belilah batu Bacan yang telah memiliki memo dan sudah diuji di lab  Gemologist.
  • Jika Anda sudah memiliki batu Bacan untuk investasi simpanlah batu Bacan tersebut di tempat yang aman.

Subscribe to receive free email updates: